Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021


Menkes, Terawan Agus Putranto (Kedua kiri). (FOTO: Robertus Risky/Jawa Pos)

NASIONAL

Menkes Terawan Siap Dukung Pembelajaran Tatap Muka 2021


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Berdasarkan penyesuaian Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri, pada semester kedua tahun ajaran 2020/2021, sekolah akan kembali melakukan pembelajaran tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan.

Mengenai hal ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menyampaikan pihaknya akan turut mendukung pelaksanaan serta edukasi protokol kesehatan di dalam lingkungan sekolah.

“Kemenkes sepenuhnya akan mendukung kebijakan ini, kami berkomitmen meningkatkan peran puskesmas, melakukan pengawasan dan pembinaan dalam penerapan protokol kesehatan,” jelasnya dalam telekonferensi pers, Jumat (20/11).

Ia meminta kepada semua warga pendidikan menerapkan protokol kesehatan seperti penggunaan masker, menjaga jarak serta mencuci tangan dengan disiplin tinggi. Seiring dengan peningkatan pengendalian Covid-19.

BACA JUGA: Kembalikan Ekosistem Pembelajaran, Buka Kembali Sekolah Januari 2021

“Agar kia sehat dan selamat dalam melewati pandemi Covid-19 ini. Di samping terus meningkatkan keseiapan fasilitas kesehatan dan pencegahan serta pengendalian Covid-19,” jelasnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menambahkan, dalam SKB Empat Menteri ini sekolah perlu mempersiapkan ceklis atau daftar periksa yang diminta, seperti ketersediaan sarana dan prasarana sanitasi dan kebersihan.

Kemudian mampu mengakses fasilitas pelayanan kesehatan, kesiapan menerapkan wajib masker, memiliki thermogun. Lalu, memiliki pemetaan warga satuan pendidikan yang berpotensi menimbulkan penularan serta mendapatkan persetujuan orang tua atau wali.

“Tergantung kepada kesiapan masing-masing daerah sesuai evaluasi kepala daerahnya mengenai mana (sekolah) yang siap, mana yang tidak dan tentunya kesiapan sekolah masing-masing dalam menentukan dalam memenuhi semua checklist untuk melakukan tatap muka dan juga melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat,” ucap dia. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

Populer

KABAR FLOBAMORATA

Tambah 8 Kasus Baru, Total Positif Covid-19 di NTT Capai 970 Orang

22 November 2020 - 11:06pm

KABAR FLOBAMORATA

Pemkot Larang Semua Perayaan Pesta

23 November 2020 - 11:50am

NASIONAL

Pulau Komodo Tetap ‘Dijual’, Ini Penjelasan Luhut

27 November 2020 - 11:09pm

PERISTIWA/CRIME

Tersangka Pemberi Suap Menteri KKP Calon Besan Ketua MPR

26 November 2020 - 3:35pm

ENTERTAINMENT

Tiga Penyanyi Asal NTT Terbaik di AMI Awards 2020

28 November 2020 - 7:02am

KABAR FLOBAMORATA

Satu Lagi Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang

23 November 2020 - 11:59pm

KABAR FLOBAMORATA

Waspada… Covid-19 Mulai Serang Nakes

23 November 2020 - 12:20pm
To Top