Pantai Oelangga, Surga Tersembunyi di Selatan NKRI | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pantai Oelangga, Surga Tersembunyi di Selatan NKRI


ORNAMEN ALAM. Bebatuan di bibir Pantai Oelangga terlihat sangat menakjubkan dan memanjakan mata dengan ornamenya khasnya. (FOTO: Mulat Daruranto for TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pantai Oelangga, Surga Tersembunyi di Selatan NKRI


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Rote Ndao, pulau terselatan di NKRI memang kaya akan potensi wisata, terutama pantai. Ada Pantai Nemberala, yang sudah lebih dulu tersohor dengan ombak dan alamnya yang begitu indah. Lalu menyusul Pantai ‘perawan’ Lokonamon, dan Telindale yang belakangan ini mulai diminati wisatawan lokal. Dan masih banyak lagi pantai-pantai yang tak kalah menarik. Unik, indah, dan pastinya sangat memanjakan mata siapa saja yang mengunjungi obyek wisata itu.

Sebut saja Pantai Oelangga. Pantai ini terletak di antara Desa Bebalain dan Loleoen, Kecamatan Lobalain. Pantai ini memiliki keindahan yang begitu mempesona, dan potensial untuk menunjang beberapa paket wisata sekaligus. Misalnya untuk wisata tracking. Sepanjang garis pantainya sungguh indah dipandang mata. Diving apalagi. Keragaman biota laut di pantai itu juga masih terjaga secara alami.

Di tempat itu, terdapat tambak garam tradisional, yang terlalu sangat memungkinkan untuk dikembangkan. Dan yang tak terbatas jumlahnya adalah spot foto.

Ada bukit-bukit kecil, dengan bebatuan berornamen khas. Bahkan, dengan jalan yang berliku dan sedikit menurun, pasti sangat diminati fotografer untuk mengabadikan foto prewedding dengan backround laut lepas.

Buih-buih ombak yang pecah sebelum mencapai bibir pantai terlihat berulang-ulang dalam gulungan ombak. Sehingga keindahan di atas air yang berwarna hijau kebiruan itu serasa tak ada habisnya.

Ada juga bukit batu yang menjulang, menantang lagit, ditumbuhi rumput liar di sekelilingnya. Sehingga bagi yang pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini, pasti terkagum-kagum dengan ornamen batu yang sangat astistik itu.

Pasir putihnya juga sangat indah, walau tak seberapa panjangnya. Tetapi keindahan tersebut semakin lengkap karena diapit batu karang untuk membentenginya dengan sangat kokoh.

“Memang susah menjangkau, sampai ke bibir pantainya. Tapi tidak menyesal, dengan menikmati keindahan yang tak terbilang indahnya,” kata Jenny. Yansri. Adu, S.Kep.Ns, warga kelurahan Busalangga, Kecamatan Rote Barat Laut, kepada Timor Express, usai mengunjungi Pantai Oelangga, Minggu (22/11).

Pantai tersebut disebut sebagai pantai tercantik dari jajaran pesisir di ujung selatan pulau Rote. Sayangnya, karena medannya sangat menyulitkan, sehingga tak semua pengunjung bisa menjangkau titik tercantinya, yang berjarak kurang lebih 3 kilometer dari tempat memarkirkan kendaraan.

Harus diakui, meskipun infrastruktur jalan menuju lokasi pantai tersebut masih sangat terbatas, namun Pantai Oelangga tetap saja dikunjungi. Lumayan banyak jumlahnya, yang kebanyakan berasal dari kecamatan Lobalain, Rote Tengah, Rote Barat Daya, Rote Barat Laut, dan juga Pantai Baru. “Belum ada jalan yang terbangun. Hanya jalan tanah setapak,” kata Jenny.

Tak jarang, pengunjung hanya menikmati keindahan dari kejauhan. Karena selain medanya yang sulit, mereka juga merasa was-was terhadap kendaraan yang terparkir jauh.

Sedangkan untuk menjangkau Pantai Oelangga, dibutuhkan waktu tempuh sekira 30 menit dari pusat Kota Ba’a dengan kendaraan roda dua. Karena hanya berjarak 20an kilometer.

“Benar-benar sorga yang sangat tersembunyi. Saya berharap bisa tersentuh sedikit pembangunan,” kata Mulat Daruranto dalam postingan di akun facebooknya, Senin (9/11).

Mulat mengaku, pernah gagal mencapai titik tercantiknya. Karena kondisi jalan yang terbilang sangat berat ditambah cuaca yang sangat panas sehingga ia belum sampai ke titik yang menjadi tujuan akhirnya. Meski demikian, Mulat mengaku apapun yang terjadi, ia akan berjuang untuk sampai ke lokasi itu.

“Saya pun gagal mencapai titik itu. Apalagi di siang bolong di bulan Oktober, terik banget,” ujar Mulat sedikit kecewa dalam postinganya. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top