Ingat! Sehabis Bepergian Jangan Simpan Masker di Sembarang Tempat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Ingat! Sehabis Bepergian Jangan Simpan Masker di Sembarang Tempat


ILUSTRASI. Seorang ibu dengan memakai masker melintas di depan mural bermasker di Surabaya, Jatim. (FOTO: MIFTAHULHAYAT/JawaPos.com)

GAYA HIDUP

Ingat! Sehabis Bepergian Jangan Simpan Masker di Sembarang Tempat


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Pandemi Covid-19 masih terus membayangi kehidupan masyarakat dunia pada tahun mendatang. Pasalnya, mendekati pengujung 2020, penyebaran virus tersebut belum menunjukkan tanda-tanda mereda.

Meskipun saat ini banyak negara yang berusaha menghasilkan vaksin untuk mencegah virus, namun vaksin benar-benar diaplikasikan, sebaiknya masyarakat mencegah penularan dengan menerapkan protokol kesehatan 3M. Yaitu wajib memakai masker, wajib mencuci tangan dengan sabun serta wajib menjaga jarak dan hindari keramaian.

Terkait dengan masker, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Hasto Wardoyo mengungkapkan, alat kesehatan seperti masker memiliki potensi penyebaran paling besar terhadap orang sekitar. Sebab, dipakai untuk aktivitas sehari-hari.

Untuk menghindari penularan, dia meminta agar masker habis pakai tidak ditaruh di sembarang tempat. Karena hal itu akan rentan untuk menimbulkan klaster keluarga jika tidak berhati-hati.

“Kita ketemu sama orang-orang, ada yang bersin kena masker kita, itu kan otomatis yang paling berisiko (menularkan). Jadi, ketika kita pulang dari luar rumah, itu masker jangan sampai masker ditaruh di sembarang tempat,’’ tutur dia beberapa waktu lalu.

Ia melanjutkan, jika masker tersebut disposable atau sekali pakai, bisa segera dibuang dengan cara mengguntingnya terlebih dahulu. Kemudian, buang ditempat sampah yang tertutup. ’’Maskernya langsung aja dipotong, masukkan tempat sampah yang tidak terekspos, tidak terpapar oleh orang lain,’’ imbuh dia. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya GAYA HIDUP

To Top