Menkeu Beber Besaran Gaji yang Bakal Diterima Guru PPPK | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Menkeu Beber Besaran Gaji yang Bakal Diterima Guru PPPK


Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati. (FOTO: Ricardo/JPNN.com)

NASIONAL

Menkeu Beber Besaran Gaji yang Bakal Diterima Guru PPPK


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan, para guru honorer yang lolos seleksi menjadi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) bakal menerima gaji sebesar Rp 4,06 juta.

Gaji tersebut dihitung bagi guru yang sudah menikah dan memiliki dua anak. Peningkatan gaji ini menurut Sri Mulyani sebagai upaya pemerintah untuk memperbaiki kesejahteraan guru di Indonesia.

Menurut Menkeu, ketika berstatus honorer, gajinya di bawah standar, saat diangkat PPPK ada peningkatan kesejahteraan. “Kami menyambut gembira upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang akan melakukan perekrutan 1 juta guru PPPK. Tentunya ini sudah dilakukan dengan perhitungan yang matang,” kata Sri Mulyani dalam pengumuman seleksi guru PPPK 2021 secara daring, Senin (23/11).

Sri Mulyani menyebutkan, saat ini ada 1,6 juta guru honorer yang mengabdi di sekolah negeri maupun swasta. Kalau seandainya rekrutmen hari ini bisa terjadi tentu bisa mengurangi atau dalam hal ini akan mengalihkan status dari honorer menjadi PPPK. Dia mengakui, kesejahteraan guru honorer sangat berbeda dengan yang statusnya aparatur sipil negara (ASN).

BACA JUGA: Simak Penjelasan BKN tentang Skema Pengadaan Guru PPPK

Kesejahteraan guru honorer masih rendah. Itu sebabnya pemerintah berupaya melakukan perbaikan kesejahteraan guru dengan tetap menjaga kualitas dari para guru tersebut.

“Kami berharap dengan rekrutmen guru PPPK, kesejahteraan guru bisa meningkat,” ujarnya.

Dia pun meminta para guru honorer untuk menyiapkan diri agar banyak yang lulus seleksi PPPK. Negara pun sudah mengalokasikan anggaran untuk gaji PPPK pusat dan daerah lewat APBN/APBD.

Dengan menjadi guru PPPK, katanya, mereka (guru honorer) akan mendapatkan gaji, tunjangan kinerja, dan tunjangan lainnya. “Guru PPPK mendapatkan gaji sebesar Rp 4,06 juta. Itu bila gurunya sudah menikah dan memiliki dua anak,” tandas Sri Mulyani. (esy/jpnn)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top