Dinas Nakertrans Latih 140 IRT di Rote Ndao Ketrampilan Tata Boga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas Nakertrans Latih 140 IRT di Rote Ndao Ketrampilan Tata Boga


Peserta pelatihan dari Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, melakukan pose bersama perwakilan Disnaker dan narasumber, usai pelatihan, Kamis (19/11). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinas Nakertrans Latih 140 IRT di Rote Ndao Ketrampilan Tata Boga


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Rote Ndao menggelar pelatihan ketrampilan Tata Boga bagi warga di lima desa dan dua kelurahan, yang resmi berakhir di Desa Inoe, Kecamatan Rote Selatan, Kamis (19/11).

Pelatihan ini dimulai dari Kelurahan Mokdale, kemudian Metina lalu Desa Tuanatuk, dan Helebeik di Kecamatan Lobalain. Selanjutnya di Kecamatan Rote Tengah dilakukan Desa Lidamanu, Desa Keoen, Kecamatan Pantai Baru dan berakhir di Desa Inaoe.

Kepala Dinas Nakertrans Kabupaten Rote Ndao, melalui Sekretaris Dinas, Alben Siokain, S.STP. M.Si, saat dikonfirmasi Timor Express, Senin (23/11) mengatakan, kegiatan pelatihan ini disesuaikan dengan potensi dari masing-masing desa dan kelurahan. Tujuannya untuk membangkitkan produktifitas setelah dilanda pandemi Covid-19.

“Padat karya infrastruktur dan Tenaga Kerja Mandiri (TKM) merupakan salah satu program unggulan kementerian ketenagakerjaan, sehingga kegiatan ini merupakan upaya membuka wirausaha baru di tengah pandemi Covid-19,” kata Alben Siokain.

Alben mengatakan, selain melatih peserta terhadap aktifitas yang berdampak pada hasil produksi, peserta juga dilatih untuk mempromosikan hasil produksinya. “Karena cara promosi yang dilakukan selama ini belum memanfaatkan teknologi, seperti media-media sosial,” jelasnya.

Alben menjelaskan, selama kegiatan, peserta dilatih tentang strategi pemasaran secara digital. Tujuannya untuk menjangkau pasar yang lebih luas sehingga memudahkan dinas teknis dalam melakukan pemantauan.

“Selain membantu kami lakukan pemantauan, kami juga secara langsung bisa memasarkan produksi yang dihasilkan,” ungkap Alben.

Menurutnya, pengembangan industri rumah tangga di Rote Ndao saat ini sudah cukup baik. Tinggal dimotivasi melalui kegiatan-kegiatan pelatihan sekaligus mendukung dengan peralatan yang dibutuhkan.

“Hanya berupa stimulan yang disesuaikan dengan potensi masing-masing desa dan kelurahan,” jelas.

Alben menambahkan, setiap peserta atau anggota kelompok yang mengikuti pelatihan ini mendapat bantuan peralatan dari Nakertrans. Diantaranya, alat mesin pres kap yang diberikan kepada kelompok di Desa Tuanatuk. Alat ini diberikan untuk mendukung usaha minuman kekinian.

Terhadap jumlah peserta, Alben mengatakan setiap kelompok/desa, disasar 20 orang. Kebanyakan adalah ibu rumah tangga sehingga terakumulasi 140 ibu rumah tangga dari 5 desa dan 2 Kelurahan.

“Semuanya ibu rumah tangga. Karena mereka ujung tombak pelaku perekonomian di lingkungan paling kecil,” ujarnya.

Kepala Desa Keoen, Kecamatan Pantai Baru, Sigrigel R. J. Poko, mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Dinas Nakertrans karena desanya juga mendapat perhatian pelatihan ini.

Sigrigel menyebutkan, pelatihan bagi pelaku usaha di desanya adalah kepada mereka yang menjalankan usaha jualan kue dan gorengan. Sehingga pelatihan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kompetensi pelaku usaha tersebut.

“Atas nama masyarakat Desa Keoen, kami sangat mengapresiasi. Mudah-mudahan ada usaha baru lagi yang akan dirintis,” kata Sigrigel.

Hal tersebut juga diakui oleh peserta pelatihan. Sebagaimana diungkapkan Ince Saudale, salah satu peserta pelatihan dari Desa Inaoe.

Ince menyampaikan terima kasih kepada Dinas Nakertrans, karena melalui kegiatan yang diikutinya sangat bermanfaat sekaligus menambah pengetahuan dalam menggeluti usahanya.

“Sangat bermanfaat. Selain mendapat ilmu, kami juga dibantu melalui peralatan yang dibantukan,” kata Ince usai mengikuti kegiatan pelatihan, yang diselenggarakan, Kamis (19/11) di Desa Inaoe Kecamatan Rote Selatan. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top