Babinsa di Rote Bantu Warga Gunakan Tabungan dan Hasil Jualan Kue dari Istri | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Babinsa di Rote Bantu Warga Gunakan Tabungan dan Hasil Jualan Kue dari Istri


PEDULI. Serka Semy Lazarus Bulak, mengantarkan paket sembako untuk warga kurang mampu menggunakan sepeda motornya. Gambar diabadikan Sabtu (16/11). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Babinsa di Rote Bantu Warga Gunakan Tabungan dan Hasil Jualan Kue dari Istri


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Sersan Kepala (Serka) Semy Lazarus Bulak, SH kembali menunjukkan kepedulian sosialnya dengan membantu sesama yang berkekurangan di Rote Ndao. Setelah membantu warga binaan di Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Minggu (25/10) lalu, kali ini Serka Semy kembali melakukan aksi sosialnya membantu warga binaannya dengan cara ‘door to door‘ ke rumah warga selama tiga hari berturut-turut, yakni 16 – 18 November 2020.

Dengan mengendarai sepeda motornya yang telah dimodifikasi layaknya penjual sayur, Bintara Pembina Desa (Babinsa) Inaoe ini kemudian mengunjungi setiap warga yang dinilai kurang mampu. Jumlahnya sebanyak 50 orang, yang kebanyakan adalah lansia dan yang mengalami keterbatasan fisik.

Para lansia dan penerima bantuan tersebut tidak berdomisili di satu dusun. Tetapi tersebar di lima dusun yang merupakan wilayah Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan. Kelima dusun itu yakni, Nunumina, Huslain, Okohenu, Nggolobeuk, dan Dusun Danoanaklain. Serka Semy menyerahkan sebanyak 50 paket bantuan yang didalamnya berisi sembilan bahan kebutuhan pokok (sembako).

“Saya berusaha membagi berkat yang telah kami (keluarga) terima dari Tuhan. Nilainya juga tidak terlalu banyak,” kata Serka Semy Lazarus Bulak, yang dikonfirmasi Timor Express, di Ba’a, saat hendak berangkat ke desa binaanya, Selasa (24/11).

Bantuan yang diberikan semata-mata merupakan ungkapan syukur keluarganya. Yang diwujud-nyatakan dalam bingkisan kasih berupa paket-paket sembako.

Serka Semy mengaku, untuk menyediakan bantuan tersebut, ia mengambi sebagian tabungan pribadinya. Begitu juga istrinya, Oktoviana Huru Lodo, ST, yang tergerak hati untuk menyisihkan pendapatan dari hasil jualan kue yang dilakoni saban hari.

“Kami (suami-istri) patungan. Kalau saya hanya dari tabungan, istri, dari hasil jualan kue yang sama-sama kami kumpul,” ungkap Serka Semy.

Niat untuk membantu warga, diakuinya sudah timbul sejak lama. Hal tersebut kemudian disepakati untuk dilakukan secara bersama-sama.

Kepedulian untuk membantu sesama ini dimulai ketika Semy dianugerahi kenaikan pangkat dari Sersan Satu (Sertu) ke Sersan Kepala (Serka), yang dilakukan bersamaan dengan bertambahnya usia ke-43 tahun dari istrinya, pada 25 Oktober 2020 lalu. “Mudah-mudahan kami terus menjadi saluran berkat kepada sesama kami,” ujarnya.

Saat menyalurkan bantuan, Serka Semy juga menyisipkan dengan membagi masker kepada setiap warga yang ditemuinya. Sekaligus mengimbau untuk tetap menaati protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Aksi sosial yang dilakukan Serka Semy, kemudian mendapat beragam tanggapan dari beberapa pihak. Semuanya sangat mendukung, bahkan mengapresiasi.

Dimulai dari pimpinan/komandan dari Serka Semy, yakni Komandan Kodim/1627 Rote Ndao, Letkol Inf Educ Permadi Eko P. B.

Dandim Educ mengatakan, adalah kewajiban dari setiap prajurit TNI untuk menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekelilingnya.

Hal tersebut menurut Dandim Educ, tertuang dalam delapan wajib TNI. Sehingga yang dilakukan oleh Serka Semy adalah bagian dari perwujudan poin ke-8.

Bahkan, Dandim Educ mengaku, sudah banyak prajurit yang melakukan hal serupa. Walau pun kecil, namun sangat membantu masyarakat.

“Sudah banyak prajurit TNI, termasuk Serka Semy yang lakukan 8 wajib TNI,” kata Dandim Educ melalui pesan WhatsApp kepada Timor Express.

Seorang tokoh agama, Martha Kedoh, yang merupakan seorang vikaris ini mengaku Serka Semy adalah seorang prajurit berhati mulia.

Kemudian dari tindakan yang telah dilakukan prajurit tersebut, Martha mengatakan bisa diteladani. Karena yang dilakukan Serka Semy adalah membantu sesama yang betul-betul membutuhkan uluran tangan.

“Baik hati dan sangat mulia tindakanya. Karena yang dilakukan adalah membantu sesama. Ini adalah perbuatan baik yang layak ditiru,” kata Martha Kedoh.

Kepala Desa Inaoe, Kecamatan Rote Selatan, Ferdinan Siokain, S.Pd, juga mengaku terbantu dengan kehadiran Babinsa, Serka Semy di wilayahnya. Bantuan yang secara langsung dirasakan adalah adanya partisipasi dari warga terhadap kegiatan sosial kemasyarakatan dan juga proses pembangunan yang sementara berjalan.

“Secara langsung ada kesadaran yang terbangun di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari kegiatan sosial juga dukungan terhadap kegiatan pembangunan desa,” kata Ferdinan Siokain.

Salah seorang lansia yang mengalami keterbatasan fisik, Fredik Pello, 71, yang mendapat bantuan Serka Semy ini mengaku terbantu dengan pemberian sembako itu. “Saya tidak dapat membalas, tetapi Tuhan yang akan membalas budi baiknya,” kata Fredik Pello yang hanya terbaring lemas di atas tempat tidurnya. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top