Pastikan Pengawas Bebas Covid-19, Bawaslu TTU Lakukan Rapid Test | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pastikan Pengawas Bebas Covid-19, Bawaslu TTU Lakukan Rapid Test


RAPID TEST. Pengawas Pemilu tingkat kabupaten, kecamatan, desa dan kelurahan di TTU saat melakukan rapid test bertempat di RS Leona Kefamenanu, Jumat (27/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Pastikan Pengawas Bebas Covid-19, Bawaslu TTU Lakukan Rapid Test


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) melaksanakan kegiatan pemeriksaan dengan rapid test bagi 897 orang yang berperan sebagai pengawas dan petugas sekretariat, baik di tingkat kabupaten, kecamatan, maupun desa dan kelurahan.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan para pengawas dan petugas sekretariat bebas dari Covid-19. Mengingat para petugas jumlahnya ratusan maka kegiatan pemeriksaan ini dilaksanakan selama tiga hari, terhitung sejak 26 hingga 28 November 2020.

Koordinator Divisi (Kordiv) SDM Bawaslu TTU, Helen Taus kepada Timor Express, Jumat (27/11) mengatakan bahwa, jumlah pengawas ditambah petugas sekretariat yang mengikuti rapid tes sebanyak 897 orang.

“Jadi kalau misalnya rapid test pertama ada yang reaktif, berarti pengawas tersebut harus istirahat, kemudian 10 hari menjelang hari H itu dia harus rapid test lagi. Kalau rapid test kedua ini dia reaktif lagi, maka akan di-PAW atau diganti dengan orang yang ada di daftar tunggu pada saat tes,” jelas Helen.

BACA JUGA: Bawaslu TTU Bagi APD untuk Panwascam dan PKD, Siap Tahapan Vertual

Untuk melaksanakan kegiatan tersebut, jelas Helen, pihaknya bekerjasama dengan Rumah Sakit Leona Kefamenanu, dimana petugas diatur secara mobile untuk melakukan rapid test diempat titik.

“Hari ini (Kamis, 26/11, Red) titik kota menjangkau kecamatan kota dan kecamatan terdekat dengan kota. Lalu tanggal 27 November di wilayah Insana Utara. Pada tanggal 28 November ada dua titik, yakni di Miomafo Barat dan Insana induk,” terangnya.

Helen berharap, para pengawas serta petugas sekretariat di TTU tidak ada yang terpapar virus mematikan asal Provinsi Wuhan, Tiongkok tersebut.

“Kita berharap tidak ada pengawas yang terpapar Covid-19, sehingga tidak ada lagi proses pergantian pengawas. Pasalnya pengawas ini sudah dibimtek, dan selama ini sudah ada pembekalan-pembekalan kepada mereka. Jadi rugi kalau mereka harus diganti dengan yang baru,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top