Bawaslu TTU Ajak Berbagai Elemen Proaktif Awasi Tahapan Pilkada | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Bawaslu TTU Ajak Berbagai Elemen Proaktif Awasi Tahapan Pilkada


SOSIALISASI. Narasumber saat membawakan materi dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif di Hotel Ariesta Kefamenanu, Sabtu (28/11). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Bawaslu TTU Ajak Berbagai Elemen Proaktif Awasi Tahapan Pilkada


Gelar Sosialisasi Pengembangan Pengawasan Partisipatif

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar kegiatan pengembangan sosialisasi pengawasan partisipatif melibatkan sejumlah lembaga masyarakat bertempat di Hotel Ariesta Kefamenanu, Sabtu (28/11).

Bawaslu TTU menghadirkan sejumlah akademisi atau praktisi sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut, yakni Mikhael Feka, Martinus Kolo, dan Dr. Hamza Wulakada. Sedangkan peserta yang hadir dari unsur THS, THM, Banser NU, Gerakan Kuartir Cabang Pramuka TTU, dan alumni Sekolah Kader Pengawasan Partisipatif (SKPP).

Koordinator Divisi (Kordiv) PHL Bawaslu TTU, Nonato Sarmento kepada Timor Express, Sabtu (28/11) mengatakan, kegiatan sosialisasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari MoU pengawasan partisipatif dengan beberapa lembaga.

“Target dari kegiatan ini adalah bagaimana masyarakat bisa ambil peran untuk secara bersama-sama melakukan pengawasan partisipatif dan juga terus mensosialisasikan pelaksanaan pemilihan bupati dan wakil bupati TTU pada tanggal 9 Desember nanti,” ungkapnya.

Selain itu, jelas Nonato, setelah kegiatan sosialisasi dilaksanakan, maka masyarakat dapat berperan aktif untuk melakukan pengawasan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan masalah pelanggaran pidana pemilihan.

Nonato berharap, dengan melibatkan beberapa komponen, informasi mengenai pengawasan partisipatif mampu diteruskan oleh kelompok atau elemen yang ada untuk diteruskan baik itu kepada lembaga masing-masing maupun kepada masyarakat secara luas.

“Minimal mereka mampu memberikan informasi awal dan mereka berani untuk melaporkan ketika ada indikasi tindak pidana pemilihan. Saya yakin dengan adanya pengawasan partisipatif, maka dirinya sangat yakin proses pengawasan pada pemilihan bupati dan wakil bupati TTU akan lebih maksimal lagi,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top