Buka Kegiatan PKK, Ini Pesan Wabup Stefanus untuk Para Ibu di Rote Ndao | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Buka Kegiatan PKK, Ini Pesan Wabup Stefanus untuk Para Ibu di Rote Ndao


JAGA JARAK. Wabup Rote Ndao, Stefanus M. Saek foto bersama para narasumber dan penyelenggara, usai membuka kegiatan di Auditorium Ti'i Langga, Sabtu (29/11). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Buka Kegiatan PKK, Ini Pesan Wabup Stefanus untuk Para Ibu di Rote Ndao


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Wakil Bupati (Wabup) Rote Ndao, Stefanus M. Saek, SE, M.Si, membuka kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Rote Ndao, di Auditorium Ti’i Langga, Ba’a, Sabtu (28/11).

Kegiatan yang sekaligus mensosialisasikan beberapa isu penting tentang kesehatan tersebut digelar selama dua hari, Sabtu (28/11) dan Senin (30/11).

Isu penting tentang kesehatan itu meliputi pencegahan stunting, kanker serviks/kanker payudara, dan HIV/AIDS. Bahkan, Manajemen Terpadu Balita Sakit Berbasis Masyarakat (MTBS-M) juga ikut disosialisasikan dalam kegiatan itu.

“Hari ini (Sabtu, 28/11, Red) kita akan mengikuti kegiatan paling penting. Karena beberapa hal terkait kesehatan akan disampaikan,” kata Wabup Stefanus Saek dalam sambutanya.

Terhadap MTBS-M, Wabup Stefanus mengatakan, adalah suatu bentuk intervensi yang dirancang pemerintah untuk menekan angka kematian, kesakitan, dan kecacatan terhadap balita. Sebagai dampak dari penyakit diare, pneumonia, malaria, dan masalah gizi serta penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi, HIV/AIDS, dan malaria.

Sehingga dalam menerapkan MTBS-M, Wabub Stefanus menekankan pentingnya peran serta keluarga. “Diperlukan adanya sebuah ‘link’ yang terbangun antara petugas kesehatan dan masyarakat,” kata Wabup Stefanus.

Tujuannya, lanjut Stefanus, adalah mendukung dan meningkatkan praktik-praktik keluarga dan masyarakat dalam melakukan perawatan balita di rumah. Yang kemudian menjaminkan kelangsungan hidup anak serta tumbuh kembang secara baik.

Sedangkan terhadap pencegahan stunting, Wabup Stefanus, membeberkan prestasi yang telah diraih oleh pemerintah atas dukungan seluruh masyarakat Rote Ndao.

Ia menyebutkan, angka stunting yang berhasil ditekan dari angka 30,15 persen pada 2019 menjadi 25,85 persen pada periode Agustus 2020.

“Kami (Pemerintah) tentu terus meminta dukungan masyarakat. Bersama, kita bisa mencapai target yang ditetapkan dengan terus bekerja keras dan bekerja cerdas,” harap Wabup Stefanus.

Wabup Stefanus juga mengapresiasi partisipasi ibu-ibu dalam jumlah banyak pada kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan tingkat partisipasi yang dilihatnya, menunjukan komitmen ibu-ibu dalam menjaga kesehatan di keluarga.

Wabup Stefanus berharap, setiap ilmu yang diperoleh selama mengikuti kegiatan sosialisasi, dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. “Karena ibu di setiap rumah tangga, sangatlah konsisten,” katanya.

Untuk diketahui, kegiatan sosialisasi ini menghadirkan sejumlah narasumber, salah satunya tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS. Materi ini disampaikan Vebri Y. Teti, S.Km dan Jenny Yansri Adu, S.Kep,Ns, dari Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Rote Ndao.

Dalam paparannya, mereka menampilkan data penyebaran kasus yang dirangkum hingga saat ini. Yang secara keseluruhan, berjumlah 68 kasus terinfeksi, dimana 24 diantaranya sudah meninggal dunia dengan mengidap penyakit tersebut. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top