Jelang Harbak PU ke-75, Dinas PU Anjangsana ke Panti Asuhan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jelang Harbak PU ke-75, Dinas PU Anjangsana ke Panti Asuhan


HARBAK PU. Jajaran Dinas PUPR Provinsi NTT melakukan anjangsana ke tiga Panti Asuhan di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Kunjungan dalam rangka Hari Bhakti PU ke-75 tanggal 3 Desember 2020. Nampak Kadis PU NTT, Ir. Maxi Nenabu, MT ketika menyerahkan bantuan untuk anak-anak di PA Al-Falah Manikin, Tarus. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

Jelang Harbak PU ke-75, Dinas PU Anjangsana ke Panti Asuhan


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Menjelang pelaksanaan Hari Bhakti Pekerjaan Umum (Harbak PU) ke-75 tanggal 3 Desember 2020, jajaran Dinas PU NTT melakukan kunjungan ke tiga panti asuhan (PA) yang ada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Masing-masing PA Kayape di Petuk, Kota Kupang, PA Bhakti Luhur Paulus Jansen di Baumata, Kabupaten Kupang, dan PA Al-Falah di Manikin Tarus, Kabupaten Kupang.

Selain ke panti asuhan, kegiatan lain dalam rangka Hari Bhakti PU adalah melakukan kerja bhakti di lingkungan dan penanaman anakan pohon kelor di lingkungan Kantor Dinas PU NTT di Kelurahan Naikolan. Aneka kegiatan itu hanya melibatkan para Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Dinas PU NTT.

Kepala Dinas PU NTT, Ir. Maxi Nenabu, MT kepada Timor Express, Selasa (1/12) mengatakan, peringatan Harbak PU ke-75 di lingkungan Dinas PU dilakukan secara sederhana dengan tetap menjalankan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

“Untuk tahun ini, kita tidak merayakan secara meriah, tapi kita bikin sederhana saja karena pandemi Covid-19. Apalagi, setiap hari angka yang positif korona makin meningkat,” kata Maxi Nenabu.

Dikatakannya, walaupun tidak dirayakan secara meriah, bukan berarti pihaknya tidak merayakan Harbak PU tersebut. “Kita tetap merayakannya tapi dengan sangat sederhana. Kita memilih untuk anjangsana ke panti asuhan yang ada di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Untuk di lingkungan internal, kita melakukan penanaman pohon. Pada hari H tanggal 3 juga ada kegiatan di lingkungan dengan mengikuti apel secara zoom dengan Pak Menteri PUPR (Basuki Hadimoelyono, Red),” ungkap Maxi.

Kadis PU NTT, Ir. Maxi Nenabu, MT (depan, berdiri kedua kiri) bersama jajaran menyapa anak-anak PA Kayape Petuk, Kota Kupang. (FOTO: ISTIMEWA)

Dalam setiap merayakan Harbak PU, demikian Maxi, jajaran PU kembali diingatkan tentang motto PU itu sendiri yakni, “Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat”. “Motto PU tetap menjadi semangat kami dalam menjalankan tugas sehari-hari,” jelasnya.

Adapun tema perayaan Harbak PU ke-75 Tahun 2020 adalah, “Bhakti PU tetap Membangun Infrastruktur di Tengah Pandemi.” Thema tersebut dinilai sangat tepat di tengah Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat sedang giat-giatnya memperbaiki infrastruktur jalan provinsi yang rusak di seluruh NTT.

Menurut Maxi, pihaknya sebagai garda terdepan dalam pembangunan infrastruktur telah bertekad untuk menyelesaikan ruas jalan provinsi yang rusak dalam waktu tiga tahun. Untuk tahun 2020 ini, pihaknya telah menyelesaikan jalan provinsi sepanjang 372 kilometer dari total 906 kolometer jalan provinsi yang rusak. “Panjang jalan provinsi ada 2.560 kilometer. Yang rusak sepanjang 906 kilometer, dan tahun ini kita selesaikan 372 kilometer. Yang sisa akan kita selesaikan tahun 2021,” katanya.

Latar belakang peringatan Harbak PU berawal saat 75 tahun yang lalu, tepatnya 3 Desember 1945, dimana sebanyak 21 pegawai PU bertugas menjaga gedung Departemen PU di Bandung yang sekarang bernama Gedung Sate. Mereka berjuang menghadapi serangan pasukan Sekutu.

Tujuh pegawai PU ketika itu gugur dalam peristiwa tersebut. Mereka adalah Didi Hardianto Kamarga, Muchtaruddin, Soehodo, Rio Soesilo, Soebengat, Ranu, dan Soerjono. Kemudian, nama mereka dikenang sebagai Pahlawan Sapta Taruna. Kekompakan dan semangat juang yang luar biasa dari Pahlawan Sapta Taruna tersebut, menjadi inspirasi setiap pegawai PU dalam menjalankan tugasnya. (*/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top