Sejumlah Rumah di TTU Rusak Diterpa Angin Puting Beliung | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Sejumlah Rumah di TTU Rusak Diterpa Angin Puting Beliung


RUSAK BERAT. Kondisi rumah warga akibat diterpa angin puting beliung di Kabupaten TTU. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Sejumlah Rumah di TTU Rusak Diterpa Angin Puting Beliung


BPBD Siapkan Bantuan Tanggap Darurat

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sejumlah rumah warga di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) mengalami kerusakan yang cukup berat akibat diterjang angin puting beliung dalam seminggu terakhir ini.

Bencana alam yang mengakibatkan banyak rumah warga mengalami kerusakan tersebut terjadi di Desa Barnes, Desa Oeolo, dan Desa Oetulu, Kecamatan Musi. Sedangkan untuk kerusakan rumah warga akibat kebakaran terjadi di Desa Kiupukan, Kecamatan Insana.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten TTU, Yosefina Lake kepada Timor Express, Senin (30/12) menyebutkan, dari data yang masuk, sedikitnya ada tujuh rumah warga disapu angin kencang dalam sepekan terakhir. Misanya di Desa Batnes ada 5 rumah warga yang rusak, sementara di Desa Oeolo dan Desa Oetulu masing-masing sebanyak 1 unit rumah warga yang rusak.

Sedangkan untuk bencana kebakaran yang terjadi di Desa Kiupukan, Kecamatan Insana menghanguskan sebanyak tiga unit rumah milik warga setempat.

Selain itu, lanjut Yosefina, seminggu yang lalu juga terjadi bencana angin puting beliung yang melanda wilayah Biboki. Jumlah rumah warga yang rusak akibat angin puting beliung di wilayah tersebut sebanyak empat unit.

BACA JUGA: Puting Beliung Terjang Desa Humusu Sainiup, 5 Rumah Warga Rusak Parah

“Ada beberapa desa yang laporannya belum masuk sampai ke kita seperti di Desa Faenake ada 1 rumah, di Manamas juga ada satu rumah sehingga untuk saat ini kami belum bisa mengetahui berapa jumlah rumah yang rusak akibat dari angin puting beliung,” ungkapnya.

Yosefina menambahkan, berdasarkan laporan pemerintah desa setempat, khusus yang warganya mengalami bencana akibat angin puting beliung maupun kebakaran, pihak BPBD TTU segera menyalurkan bantuan tanggap darurat.

Yosefina menjelaskan, bantuan yang akan diberikan berupa beras, seng dan bebatuan, peralatan dapur, karena terdapat rumah tangga yang tidak memiliki peralatan dapur karena tertindih pohon.

“Jadi kami memberikan bantuan untuk mereka yang lebih dahulu memberikan laporan, sehingga bantuan yang kami berikan ini harus ada dasarnya,” jelasnya.

Yosefina mengatakan, tingkat kerusakan rumah yang diakibatkan dari bencana angin puting beliung tersebut masuk dalam kategori kerusakan ringan, sedang, dan kerusakan berat.

“Yang parah betul itu ada tiga rumah di Desa Batnes, tapi korban itu orang yang sama dengan kejadian tahun yang lalu. Makanya kita kami masih koordinasi dengan Pak Bupati terkait dengan korban ini,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top