Lima Pejabat Pemkab Rote Ndao Jalani Tes HIV, Ini Hasilnya | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lima Pejabat Pemkab Rote Ndao Jalani Tes HIV, Ini Hasilnya


PATUT DITIRU. Kabag Keuangan dan Aset Setda Rote Ndao, Daniel W. Nalle (kanan) saat menjalani tes HIV, yang dilakukan oleh tim KPAD Rote Ndao, Selasa (1/12). Hasil tes itu Daniel negatif HIV. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Lima Pejabat Pemkab Rote Ndao Jalani Tes HIV, Ini Hasilnya


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Memperingati hari AIDS sedunia, 1 Desember, Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Rote Ndao, menggelar tes massal HIV, Selasa (1/12). Tes ini menyasar para aparatur sipil negara (ASN) lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao. Menariknya, tes ini juga dijalani oleh lima orang pejabat Pemkab setempat.

Diketahui, sebanyak 117 orang menjalani tes massal tersebut. Kebanyakan merupakan ASN, termasuk Tenaga Kontrak Daerah (TKD).

Tes ini dilakukan setelah tim KPAD Rote Ndao, membagi bunga dan masker, yang dipusatkan di simpang tiga Jalan Utomo-Ba’a, Kecamatan Lobalain.

“Untuk memperingati hari AIDS, kami mengajak masyarakat untuk berani melalukan tes HIV. Yang dimulai dari ASN,” kata Vebri Y. Teti, S. Km, salah satu anggota tim KPAD Rote Ndao di sela-sela pemeriksaan HIV di Bagian Hukum dan Perundang-undangan, Sektreriat Daerah (Setda) Rote Ndao, Selasa (1/12).

Vebri mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan tidak bersifat wajib. Sehingga setiap orang, baik ASN dan TKD tidak dipaksanakan untuk menjalani tes tersebut. “Tidak wajib, tetapi yang bersedia, kami lakukan pemeriksaan. Yang punya alasan lain, kami juga tidak paksakan,” jelas Vebri.

Menurutnya dalam melakukan tes HIV, tentu memperhatikan hak-hak orang lain. Sehingga tidak menimbulkan kesan seperti dipaksakan. Karena setiap orang juga bisa memiliki hak untuk menolak dalam menjalani tes tersebut.

Meski demikian, Vebri berharap, dalam momentum hari AIDS ini, semakin mengingatkan kesadaran untuk bersama-sama memberangus ancaman penyakit berbahaya ini. Sehingga partisipasi untuk melakukan tes HIV selalu disosialisasikan.

“Kami berharap, masyarakat bisa langsung melakukan tes HIV di sarana-sarana kesehatan, untuk memastikan status sendiri,” tambah Vebri.

BACA JUGA: Pesan di Balik Setangkai Mawar Merah, Jauhi Penyakitnya, Bukan Orangnya

Dalam melakukan tes tersebut, tim KPAD terdiri dari tim Volountary Counselling dan Testing (VCT), Care Support and Treatment (CST). Tim ini berasal dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ba’a, yakni, drg. Joice Nggili, Lily D.S. Kama, S.Kep,Ns, Maria. Atajenji A.Md.Kep, Yurli. Dami, A.Md.Keb., dan Kristin R. Omay, A.Md.KG.

Sedangkan tim analis sendiri, terdiri dari enam orang. Kebanyakan berasal dari Puskemas, yakni, Shanty O. Fuy, A.Md.AK (Puskesmas Ba’a), Damaris Soru, A.Md.AK (Puskesmas Feapopi), Deni E. Nomleni, A.Md.AK (Puskesmas Korbafo), Nikson E. Anaskol, A.Md.AK (Puskesmas Oele), dan Noval Nenogasu, A.Md.AK (Puskesmas Batutua). Sementara Buce W. Seleky, S.Tr.AK merupakan analis dari RSU Ba’a.

Dari sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Rote Ndao, terdapat lima orang pejabat yang mengambil bagian dalam tes HIV. Satu diantaranya merupakan Kepala Dinas (Kadis) dan empat lainnya adalah Kepala Bagian (Kabag).

Pejabat-pejabat tersebut adalah, Kepala Dinas Sosial, Ferdinand Haning, S.Sos, Kepala Bagian Umum, Humas dan Protokoler, Handryans Bessie, S.IP, dan Kepala Bagian Hukum dan Perundang-undangan, Hangry M. J. Mooy, SH, M.Si. Berikut, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Yesi Dae Panie, S.STP, serta Kepala Bagian Keuangan dan Aset (BKA), Daniel W. Nalle, S.Pt.

“Hasilnya tidak ada yang positif HIV. Semua yang mengikuti tes hasilnya negatif. Mudah-mudahan setelah ini, semakin banyak yang terpanggil untuk tes HIV,” harap Jenny Yansri Adu, S.Kep,Ns, pelaksana program KPAD Rote Ndao, kepada Timor Express, usai kegiatan tes mas HIV itu. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top