Lantik Pejabat di Kebun Model TJPS, Bupati Paulina: Tanam, Tanam, Tanam Tanaman Produktif | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lantik Pejabat di Kebun Model TJPS, Bupati Paulina: Tanam, Tanam, Tanam Tanaman Produktif


PELANTIKAN. Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu saat melantik sejumlah pejabat eselon III-IV di kebun Model TJPS, Desa Ba'adale, Kecamatan Lobalain, Kamis (3/12). Para pejabat yang dilantik tampak mengenakan topi khas petani. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Lantik Pejabat di Kebun Model TJPS, Bupati Paulina: Tanam, Tanam, Tanam Tanaman Produktif


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Bupati Rote Ndao, Paulina Haning-Bullu, SE, melantik sejumlah pejabat eselon III dan eselon IV, Kamis (3/12). Uniknya, pelantikan tersebut dilakukan di kebun model Tanam Jagung Panen Sapi (TJPS) di Desa Ba’adale, Kecamatan Lobalain, Kabupaten Rote Ndao.

Pemilihan lokasi pelantikan di kebun TJPS bukan tanpa alasan. Bupati memilih lokasi pelantikan itu dengan maksud sebagai upaya pemerintah terus menggelorakan semangat untuk menanam tanamam produktif.

Bupati Paulina Haning-Bullu mengatakan bahwa, dalam rangka memperingati hari bumi dan lingkungan hidup, pemerintah terus mendorong masyarakat untuk menamam tananam produktif. Salah satunya melalui pejabat yang baru dilantik, sekaligus mendukung program TJPS yang dicanangkan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL).

Bupati Paulina menyebutkan, dukungan Pemkab Rote Ndao terhadap program TJPS tersebut dibuktikan dengan menyediakan lahan garapan seluas 700an hektare. Lahan itu akan digunakan sebagai areal pelaksanaan program TJPS, dan siap diolah pada musim tanam tahun 2020-2021.

“Pemerintah sangat mendukung program TJPS. Oleh karena itu, pelantikan hari ini dilaksanakan di tempat ini (Kebun Model TJPS, Red),” kata Bupati Paulina dalam sambutanya.

Menurutnya, selain mendukung program TJPS, seromoni ini juga bertujuan meningkatkan kecintaan aparatur pemerintah untuk terus merawat bumi. Tentunya diwujudkan dengan aktifitas menaman, satu tanaman oleh masing-masing pejabat yang dilantik.

Bupati Paulina juga menyebutkan bahwa proses pelantikan ini sebagai upaya penyegaran dan promosi yang bertujuan mempercepat pencapaian RPJMD tahun 2019-2024.

“Prinsipnya hanya untuk penyegaran agar menghadirkan suasana yang lebih baru bagi pejabat sehingga bisa lebih maksimal dalam bekerja,” kata Bupati Paulina.

Bupati Paulina juga berpesan kepada para pejabat yang dilantik untuk tidak terjebak dalam rutunitas. Tetapi lebih dari itu, pejabat tersebut dituntut berinovasi dalam mengemban tanggung jawab. Sehingga dalam menjalankan tugas, dapat bekerja secara profesional. Begitu juga terhadap setiap pelayanan yang diberikan kepada masyarakat dalam membangun Rote Ndao.

“Pelantikan ini juga bermaksud memotivasi untuk menghasilkan prestasi dari tindakan yang inovatif,” ungkap Bupati Paulina.

Dipenghujung prosesi pelantikan, tiba-tiba turun hujan. Meski demikian, tak membuyarkan seremoni pelantikan itu. Hujan yang belum deras tetap dijalankan hingga prosesi foto bersama.

Semua pejabat yang dilantik dengan mengenakan atribut petani ini tetap bersabar hingga semua rentetan acara dilaksanakan. Bahkan Bupati Paulina menyebut hal itu sebagai hujan berkat. Sehingga dirinya tetap bertahan diantara pejabat yang dilantik, dengan terus memberi motivasi.

“Ini hujan berkat. Terimalah berkat ini dengan suka cita. Dan jangan lupa, tanam, tanam, sekali lagi tanam tanaman produktif,” pesan Bupati Paulina.

Untuk diketahui, pejabat yang diambil sumpah dan dilantik berjumlah 94 orang. Rinciannya 18 orang pejabat eselon IIIA, 24 orang pejabat eselon IIIB, dan 48 orang menduduki jabatan eselon IVA.

Berikut, dua orang pengawas eselon IVB dan dua orang pimpinan UPTD Puskesmas, yakni Puskesmas Ba’a dan Puskesmas Batutua.

Sementara dari 18 pejabat eselon IIIA, dua diantaranya dilantik sebagai camat, yakni Camat Rote Barat Daya dan Rote Barat Laut.

Adrianus Bessie, dilantik sebagai Camat Rote Barat Daya, menggantikan Yusuf Messakh yang dimutasi sebagai Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan. Sedangkan Melkisedek Sole, dilantik sebagai Camat Rote Barat Laut menggantikan Elias Talomenafe, yang menempati posisi baru sebagai Sekretaris Dinas Perhubungan.

Selain itu, juga terjadi pergeseran. Dimana Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan dan Kesra, yang sebelumnya dijabat Yesi Dae Pany kini menjabat Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Posisi yang ditinggalkan Yesi dijabat oleh Alben Siokain. Alben sendiiri sebelumnya menjabat sebagai Sekretaris Distransnaker.

Pelantikan tersebut juga dihadiri unsur Forkopimda. Diantaranya Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao Letkol (Inf) Educ Parmadi Eko PB, Kapolres Rote Ndao, yang diwakili oleh IPDA Esbon Toelle, Hakim Moh Rizal mewakili Ketua PN Rote Ndao. Turut hadir, Ketua TBUPP sekaligus Ketua TP-PKK dan Dekranasda Leonard Haning, para Asisten Setda, sejumlah pimpinan OPD, rohaniwan, serta undangan lainnya. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top