Letakan Batu Pertama Pembangunan RSP di Kupang, Ini Harapan Menkes | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Letakan Batu Pertama Pembangunan RSP di Kupang, Ini Harapan Menkes


LETAKAN BATU PERTAMA. Menkes RI, Terawan Agus Putranto meletakan batu pertama pembangunan RSP Vertikal Kemenkes RI di Kelurahan Manulai II, Kamis (3/12). (FOTO: YOPI TAPENU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Letakan Batu Pertama Pembangunan RSP di Kupang, Ini Harapan Menkes


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan (Kemenkes) memberi perhatian terhadap pembangunan bidang kesehatan di NTT dengan realisasi pendirian Rumah Sakit Pusat (RSP) Vertikal Kemenkes RI yang berlokasi di Kelurahan Manulai II, Kota Kupang.

Pembangunan RSP tersebut resmi dimulai hari ini (3/12) dengan peletakan batu pertama yang dilakukan langsung Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto.

Dengan adanya rumah sakit tersebut diharapkan dapat mengurai persoalan kesehatan yang dialami oleh masyarakat NTT. “Saya harapkan RSP Vertikal Kementerian Kesehatan RI di Kupang ini menjadi garam dan terang bagi masyarakat NTT,” ungkap Menteri Terawan dalam sambutannya usai peletakan batu pertama siang tadi.

Indonesia secara umum, kata Terawan, masih kekurangan fasilitas kesehatan. Meski demikian, pemerintah pusat dari waktu ke waktu terus berupaya meningkatkan fasilitas kesehatan, baik itu dari sisi gedung, alat kesehatan, dan juga hal-hal lain yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Menurut Terawan, pemerintah pusat memiliki misi besar untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat. Dan misi itu akan dapat berjalan sesuai harapan jika rencana itu didukung penuh pemerintah di seluruh tingkatan serta organisasi kemasyarakatan lainnya.

“Peran tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh perempuan, dan seluruh unsur elemen masyarakat sangat diharapkan untuk bersama-sama mendukung peningkatan kualitas kesehatan di Indonesia,” harap Menkes Terawan.

Jika peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan pemerintah didukung dan dimanfaatkan dengan baik, kata Menkes, maka ke depan akan terjadi berbagai peningkatan kualitas hidup masyarakat. Tidak hanya dari sisi kesehatan masyarakat, melainkan akan terjadi juga peningkatan kualitas masyarakat pada sektor lainnya seperti pendidikan dan ekonomi.

“Saya harapkan Bapak Gubernur (Viktor Bungtilu Laiskodat, Red) dan Bapak Wakil Gubernur (Josef Nae Soi, Red) untuk kita terus bersinergi, mendukung pembangunan kualitas kesehatan di negeri yang kita cintai ini, agar ke depan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia pada umumnya, khususnya di NTT terjadi peningkatan ke arah yang lebih baik,” harap Menkes Terawan.

Menkes Terawan menjelaskan, RSP Vertikal Kemenkes RI di Kupang ke depan juga akan terus dilakukan revitalisasi. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan pelayanan dengan perkembangan yang terjadi. Karena setiap saat terjadi perubahan, yang menuntut pemerintah untuk terus mengikuti perubahan yang terjadi dalam hal pelayanan publik.

BACA JUGA: Bank Dunia Bangun RSUP Bernilai Rp 500 M di Kota Kupang

“Penerapan teknologi dalam pelayanan kesehatan juga dituntut untuk terus direvitalisasi. Jadi kita akan lakukan penyesuaian-penyesuian sesuai perkembangan teknologi yang terjadi,” katanya.

Menkes Terawan juga meminta Pemprov NTT melakukan peningkatan jalan menuju RSP Vertikal Kemenkes RI di Kelurahan Manulai II itu, karena ketika rumah sakit tersebut mulai dioperasikan maka arus lalulintas akan cukup padat.

Pertumbuhan penduduk di lokasi sekitar rumah sakit tentu akan bertambah. Fenomena itu dapat dimanfaatkan dengan baik, guna peningkatan ekonomi masyarakat sekitar. “Sesuai pengalaman kami, setiap ada pembangunan rumah sakit, awalnya lokasi kosong tapi hanya sebentar saja lokasi di sekitar rumah sakit sudah padat dengan penduduk. Nah ini bisa dimanfaatkan dengan baik untuk peningkatan ekonomi masyarakat,” ucap Menkes Terawan.

Wakil Gubernur (Wagub) NTT, Josef Nai Soe pada kesempatan itu menyampaikan terima kasihnya kepada pemerintah pusat, khususnya kepada Kemenkes RI yang telah memberikan perhatian serius terhadap peningkatan kualitas kesehatan di NTT.

Provinsi NTT secara umum, kata Josef, masih membutuhkan fasilitas-fasilitas kesehatan yang representatif. Hal itu dipandang perlu untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat.

“Di NTT memang masih membutuhkan rumah sakit-rumah sakit yang representatif, untuk memberikan pelayanan kesehatan yang maksimal kepada masyarakat,” jelas Josef.

Dalam rangka peningkatan kualitas kesehatan masyarakat NTT, demikian Josef, Pemprov NTT dan pemerintah kabupaten/kota dari waktu ke waktu terus berupaya maksimal menyediakan fasilitas kesehatan.

Josef menyebutkan, Pemprov NTT akan terus membangun koordinasi dengan pemerintah pusat untuk bersama-sama bergandengan tangan meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di Bumi Flobamora.

“Kami akan terus berkoordinasi, baik itu bersama pemerintah kota/kabupaten juga pemerintah pusat, untuk bersama-sama bergandengan tangan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Josef. (yop)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top