Cuti Kampanye Selesai, Paulus Soliwoa Kembali Jadi Bupati Ngada | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Cuti Kampanye Selesai, Paulus Soliwoa Kembali Jadi Bupati Ngada


Acara serah terima pelaksaan tugas dari Pejabat sementara (Pjs) Bupati Ngada, Linus Lusi kepada Bupati Ngada, Paulus Soliwoa bertempat di aula Rujab Bupati Ngada, Jalan R. A. Kartini Bajawa, Sabtu (5/12). (FOTO: Istimewa)

PEMERINTAHAN

Cuti Kampanye Selesai, Paulus Soliwoa Kembali Jadi Bupati Ngada


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Setelah dua bulan melepaskan tugas sebagai Bupati Ngada karena cuti untuk kampanye Pilkada, kini Paulus Soliwoa kembali mengemban tugas menjadi Bupati Ngada. Sebagaimana diketahui, Paulus Soliwoa kembali maju sebagai peserta Pilkada Ngada berpasangan dengan Gregorius Upi Dheo, dengan memilih nama paslon PAS-GUD.

Selama Paulus Soliwoa menjalani cuti kampanye, Linus Lusi ditunjuk sebagai Pejabat sementara (Pjs) Bupati Ngada terhitung sejak 26 September sampai dengan hari ini, Sabtu (5/12).

Seiring dengan berakhirnya tugas itu, Linus Lusi menyerahkan kembali tanggung jawab menahkodai Kabupaten Ngada ke Bupati Paulus melalui kegiatan serah terima pelaksanaan tugas Pjs Bupati Ngada berlangsung di aula Rujab Bupati Ngada, Jalan R. A. Kartini Bajawa, Sabtu (5/12).

Dalam sambutanya, Wakil Gubernur NTT, Josef A. Nae Soi yang diwakili Kepala Dinas ESDM NTT, Yusuf Alfred Adoe, SE menyatakan, menjadi pemimpin pemerintahan dituntut harus mampu memberikan nilai tambah dan bermanfaat bagi rakyat yang dipimpinnya. “Menjadi pemimpin bukan untuk diri sendiri atau kelompoknya,” kata Yusuf.

Dikatakan, sesuai regulasi yang berlaku, masa jabatan Bupati Ngada tahun 2016-2021 akan berakhir pada April 2021, sehingga dalam rangka menjamin kesinambungan kepentingan pemerintah daerah, diadakanlah pemilihan bupati dan wakil bupati Ngada untuk masa jabatan 2021-2026.

“Karena saat ini sedang berlangsung tahapan Pilkada, dan sehubungan dengan salah satu calon kepala daerah adalah petahana, maka sesuai koridor yang ada pada saat memasuki masa kampanye, Bupati harus melaksanakan cuti di luar tanggungan negara,” jelasnya.

Demi menjamin tidak terjadinya kevakuman dalam kepemimpinan pemerintahan di Ngada, pemerintah telah menetapkan dan menugaskan Linus Lusi, S.Pd M.Pd selaku Pjs Bupati Ngada.

Hari ini, kata Yusuf, masa kampanye Pilkada telah usai dan sesuai ketentuan dan peraturan, Bupati Ngada, Paulus Soliwoa kembali melaksanakan tugas sebagaimana mestinya.

“Selama kurang lebih 71 hari Kabupaten Ngada dipimpin Pejabat sementara Bupati. Selama menjadi nakhoda dalam proses pemerintahan daerah ini, pejabat sementara mengemban tugas memimpin pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan dan kebijakan yang ditetapkan bersama DPRD, memelihara keamanan, dan ketertiban masyarakat, memfasilitasi penyelenggaraan pemilihan bupati dan wakil bupati Ngada,” paparnya.

Sementara itu, Linus Lusi, dalam sambutan akhirnya mengatakan, meskipun tugasnya sebagai Pjs Bupati Ngada telah berakhir, namun jejak kaki dan otaknya masih berada di Ngada. Dia menyampaikan ini karena sebagai Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, pihaknya masih memiliki tanggung jawab terhadap pembangunan pendidikan SMA dan SMK di Ngada.

“Meskipun melaksanakan tugas hanya selama 71 hari, namun rasanya seperti 2 tahun sebab ada begitu banyak kegiatan dilakukan bagi kepentingan pelayanan dan pembangunan masyarakat,” kata Linus.

Pada kesempatan itu, Linus Lusi juga menyampaikan beberapa hal berkaitan dengan tugasnya sebagai Pjs Bupati Ngada. Dalam pentas Pilkada, dia mengatakan demokrasi di Ngada sungguh berbudaya.

Ketua DPRD Ngada, Berni Dhey Ngebu menyampaikan terima kasih kepada Pjs Bupati Ngada yang dalam 71 hari telah bermitra bersama DPRD Ngada terutama dalam pelaksanaan sidang Perubahan APBD 2020 dan APBD 2021. Dirinya menyampaikan permohonan maaf atas kebersamaan selama ini, terutama dalam pelaksanaan tugas-tugas pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan.

Sementara itu, Bupati Ngada, Paulus Soliwoa memberikan apresiasi kepada Pjs Bupati Ngada yang walaupun dengan waktu yang singkat dapat melaksanakan semua tugas dengan penuh tanggung jawab. Ini dilakukan sebagai bukti dan komitmen atas kepercayaan yang telah diberikan.

Sebagai Bupati Ngada, dirinya menyampaikan penghargaan atas tugas dan tanggung jawab sebagai Pjs Bupati, khususnya sering turun langsung mengunjungi masyarakat dan melihat kondisi mereka.

“Terima kasih atas semua pengorbanan dan pengabdian yang dilakukan,” kata Paulus sembari berharap berbagai pengalaman yang telah dilakukan dapat menjadi modal untuk melaksanakan tugas yang dipercayakan.

Paulus Soliwoa Berharap kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi agar tetap aman dan kondusif. Perbedaan pilihan politik adalah wajar dan harus dihargai.

Acara serah terima pelaksanaan tugas Bupati Ngada tersebut dihadiri Sekda Ngada, Theodosius Yosefus Nono, Kapolres Ngada AKBP Rio Cahyowidi SIK.MIK, Dandim 1625/Ngada Letkol Czi Lukman Nur Hakim, Ketua DPRD Ngada, Berny Dhei Ngebu, anggota DPRD Ngada Yoseph Bei dan Hery Mane, Ketua PKK Ngada, Ny. Kurniaty Soliwoa, Ketua Pengadilan Negeri Bajawa, Herbert Harefa SH, MH, Pimpinan BUMD, BUMN, Pimpinan OPD serta undangan lainnya sekitar 50 orang. (*)

PENULIS: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

Populer

To Top