Pantau Lokasi PLBN Napan, Tim BNPP: Tahun 2021 Mulai Dikerjakan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pantau Lokasi PLBN Napan, Tim BNPP: Tahun 2021 Mulai Dikerjakan


TINJAU LOKASI. Tim gabungan dari Pemerintah Pusat, yakni Asdep Tasbara BNPP, Murtono, Kabit PLBN, Budi Setiyono, Perwakilan Balai Cipta Karya Kementerian PUPR NTT, Ary bersama rombongan didampingi Dandim 1618/TTU. Letkol Arm Rony Junaidi, Kapolres TTU, AKBP Nelson Dias Quitas, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 3-105/Tarik, Letkol Arm Laode, Asisten Tata Pemerintahan Setda TTU, Josep Kuabib meninjau lokasi pembangunan PLBN Napan, Kamis (3/10) pagi. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Pantau Lokasi PLBN Napan, Tim BNPP: Tahun 2021 Mulai Dikerjakan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Napan yang terletak di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara, Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) siap dikerjakan pada 2021 mendatang.

Hal ini ditandai dengan kegiatan monitor yang dilakukan tim gabungan dari pemerintah pusat langsung ke desa Napan yang berbatasan darat dengan Distrik Oecusse, Negara Timor Leste itu, Sabtu (5/12). Tim gabungan pemerintah pusat terdiri dari Asisten Deputi Tasbara BNPP, Murtono, Kabit PLBN, Budi Setiyono, Perwakilan Balai Cipta Karya Kementerian PUPR Provinsi NTT, Ary bersama rombongan.

Asisten Deputi Tasbara Nadan Nasional Pengelolaan Perbatasan (BNPP), Murtono dalam kesempatan itu mengatakan, kedatangan dirinya bersama tim dari pusat untuk melakukan pengecekan terhadap kesiapan pembangunan PLBN di TTU.

Martono menjelaskan, pembangunan proyek ini bersifat multi years yang akan dikerjakan selama tiga tahun berturut-turut terhitung sejak tahun 2021 hingga 2023 mendatang. Pembangunan pos lintas batas yang dibiayai melalui dana APBN itu merupakan wujud nyata dari program Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mempercepat pembangunan di daerah perbatasan.

Dikatakan, sesuai kalender kerja Kementerian PUPR, proyek pembangunan PLBN Napan akan segera dikerjakan awal tahun 2021 ini dan berakhir pada tahun 2023 mendatang. Sehingga, untuk kesiapan lahan harus sudah selesai dilakukan masyarakat setempat dengan pemerintah daerah sehingga saat pelaksanaan nanti tidak ada hambatan.

“Sebelum pelaksanaan pembangunan, kita ingin cek kesiapan di lapangan terutama pembebasan lahan dari masyarakat kepada negara sehingga saat pembangunan di akhir tahun ini tidak ada hambatan,” tutur Murtono.

Menurut Martono, sesuai hasil pantauan langsung tim di lokasi, pembangunan PLBN Napan sangat pantas dan layak untuk dibangun karena memenuhi standar secara nasional. Status tanah sudah menjadi milik negara, dan jumlah pelintas batas pun memenuhi standar.

“Perbatasan di daerah Napan ini sangat layak untuk kita bangun PLBN karena memenuhi standar secara nasional. Kita berharap, dengan adanya PLBN Napan, masyarakat di daerah perbatasan tidak lagi melintas secara ilegal,” katanya.

BACA JUGA: 44 Pemilik Lahan Minta Pemerintah segera Bangun PLBN Napan

Martono menyebutkan, pembangunan PLBN Napan itu bertujuan menyejahterakan masyarakat di daerah perbatasan antara kedua negara. Selain itu juga, dampak dari pembangunan PLBN Napan itu agar regulasi lintas batas negara pun semakin membaik.

Asisten Tata Pemerintahan Setda TTU, Josep Kuabib menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian begitu besar kepada Kabupaten TTU melalui pembangunan PLBN di daerah perbatasan.

Dikatakan, dengan dibangunnya PLBN Napan, maka TTU memiliki dua bangunan megah di daerah perbatasan yakni PLBN Wini yang terletak di Desa Humusu Wini, Kecamatan Insana Utara, dan PLBN Napan yang terletak di Desa Napan, Kecamatan Bikomi Utara.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada pemerintah pusat yang memberikan perhatian yang begitu besar kepada kami,” ungkap Josep Kuabib.

Josep berharap, adanya dukungan penuh dari berbagai elemen baik itu TNI-Polri dan juga masyarakat yang berada di daerah perbatasan untuk mendukung pembangunan PLBN Napan. Apabila pembangunan PLBN Napan berhasil maka Kabupaten TTU terdapat dua bangunan PLBN yang sangat megah, yakni PLBN Wini dan PLBN Napan.

“Saya juga mengajak berbagai elemen untuk mendukung suksesnya pembangunan PLBN Napan yang terletak di Kabupaten TTU,” ajaknya.

Terpantau media ini, dalam kunjungan tersebut, turut hadir Dandim 1618/TTU, Letkol Arm Rony Junaidi, Kapolres TTU, AKBP Nelson Dias Quitas, Dansatgas Pamtas RI-RDTL Yonarmed 3-105/Tarik, Letkol Arm Laode, Asisten Tata Pemerintahan Setda TTU, Josep Kuabib, Kaban BPBD TTU, Erni Ukat, dan Kaban Kesbangpol TTU, Thelymitro Kapiten.

Selain mengunjungi lokasi pembangunan PLBN Napan, tim gabungan juga meninjau lokasi pembangunan sarana air bersih di Desa Manamas, Kecamatan Naibenu, dan Pos Lintas Batas Haumeni Ana, di Desa Haumeni Ana, Kecamatan Bikomi Nilulat. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top