57 Persen Perguruan Tinggi Indonesia Masih Terakreditasi C | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

57 Persen Perguruan Tinggi Indonesia Masih Terakreditasi C


Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud, Nizam. (FOTO: Tangkapan layar zoom/JPC)

PENDIDIKAN

57 Persen Perguruan Tinggi Indonesia Masih Terakreditasi C


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Saat ini perguruan tinggi di Indonesia berjumlah sekitar 4.700, baik negeri maupun swasta. Akan tetapi dari angka tersebut, sebanyak 57 persen atau sekitar 2.679 perguruan tinggi masih terakreditasi C hingga tidak terakreditasi.

Meskipun begitu, menurut Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam, angka tersebut menjadi jauh lebih baik dibandingkan pada 2015 lalu. Adapun pada saat itu kampus terakreditasi C mencapai 68 persen.

“Kalau 2015, 68 persen itu C dan yang tidak terakreditasi, saat ini 57 persen,” ucapnya dalam telekonferensi pers Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM), Senin (7/12).

Kemudian, untuk kampus yang memiliki akreditasi B berjumlah 38 persen serta untuk akreditasi A sebesar 5 persen. Angka tersebut jauh lebih baik ketimbang tahun 2015, dengan 29 persen kampus di Indonesia terakreditasi B serta 3 persen terakreditasi A.

Agar dapat meningkatkan perguruan tinggi, peningkatan mutu kualitas perlu dilakukan demi mengakselerasi dunia pendidikan di Tanah Air. “Jadi kita harus berlari lebih kencang lagi, harus terus meningkatkan mutu. Peningkatan mutu tidak hanya uang, tapi juga sumber daya manusianya,” jelasnya.

Sebab, menurutnya peningkatan mutu ini harus dilakukan apabila ingin mencapai angka partisipasi kasar (APK) perguruan tinggi untuk bisa lebih baik lagi. Apalagi saat ini APK perguruan tinggi Indonesia mengalami tren peningkatan sejak 2015.

“Ada kenaikan dari 25 persen di 2015 ke 36 persen di 2018. Kenaikannya mencapai 11 persen, jadi akselerasi yang kencang harus kita lakukan untuk peningkatan mutunya,” pungkas dia. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PENDIDIKAN

To Top