Hari Pertama Berkantor Pasca Cuti Kampanye, Bupati SBS Lakukan Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Hari Pertama Berkantor Pasca Cuti Kampanye, Bupati SBS Lakukan Hal Ini


BERI KETERANGAN PERS. Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran, MPH bersama dua pejabat dari Polres Malaka dan Kodim Belu-Malaka usai rapat koordinasi di kantor Bupati Malaka, Senin (7/12). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Hari Pertama Berkantor Pasca Cuti Kampanye, Bupati SBS Lakukan Hal Ini


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Bupati Malaka, dr. Stefanus Bria Seran, MPH kembali menjalankan tugas pemerintahan setelah selama 71 hari nonaktif karena cuti melaksanakan kampanye Pilkada.

Sebagaimana diketahui, Stef Bria Seran (SBS) juga menjadi salah satu calon Bupati dalam Pilkada Malaka, sehingga ketika cuti kampanye, posisi yang ditinggalkan SBS itu diisi Pejabat sementara Bupati, yakni Meserasi Ataupah.

Dan terhitung 5 Desember 2020, jabatan itu kembali diambil alih SBS dalam sebuah seremoni serah terima tugas yang berlangsung di Betun, Sabtu (5/12).

Usai serah terima tugas, mulai kemarin (7/12), Bupati SBS kembali melaksanakan aktifitas memimpin pemerintahan, dan begitu masuk kantor, yang ia lakukan pertama kali adalah melaksanakan rapat koordinasi dengan unsur forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Malaka.

“Kami melaksanakan rapat koordinasi bersama Forkopimda dan unsur terkait dalam rangka suksesnya pemilihan kepala Daerah (Pilkada) 2020, yakni memilih Bupati dan Wakil Bupati Malaka untuk periode 2021-2026,” ungkap Bupati SBS usai memimpin rapat di aula kantor Bupati Malaka, Senin (7/12)

Bupati SBS mengatakan, ada tiga hal yang dibicarakan dalam rapat koordinasi tersebut. Pertama, adalah mengingatkan seluruh masyarakat Malaka untuk menaati protokol kesehatan Covid-19 saat hari pencoblosan tanggal 9 Desember 2020.

Tujuannya agar mencegah penularan Covid-19 sehingga tidak terjadi ada warga yang terpapar Covid-19 seperti yang dicemaskan banyak orang. Untuk hal ini, sebagai Ketua Pelaksana Gugus Tugas, pihaknya akan membantu penyelenggara dalam menanganai protokol kesehatan Covid-19.

Bupati Malaka, dr. Stef Bria Seran (kiri) dan Pjs Bupati, dr. Mese Ataupah foto bersama usai serah terima tugas, Sabtu (5/12). (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

Kedua, terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas), telah dilaporkan oleh pihak kepolisian sesuai Prosedur Operasional Standar (SOP) bahwa proses pengamanan dalam distribusi logistik telah diatur dengan baik, serta menjamin keamanan pada saat hari pencoblosan, serta mengawal hasil pemilihan yang dilakukan oleh rakyat Malaka hingga ke KPU. Proses pengamanan harus tetap dilakukan di KPU sampai dengan penetapan hasil Pilkada yaitu penetapan Bupati dan Wakil Bupati terpilih.

Bupati SBS juga menyampaikan bahwa dalam rapat itu diputuskan agar pihak keamanan tetap menjaga stabilitas keamanan daerah ini sampai dengan proses pelantikan. Setelah itu menjaga sampai dengan pelaksanaan pembangunan sesuai visi-misi paslon terpilih agar dilaksanakan dengan baik.

Ketiga, kata Bupati SBS, adalah mengantisipasi suasana Kamtibmas, khususnya pada hari H pencoblosan. Bagi paslon yang menang, tidak boleh ada evoria yang berlebihan, dan yang kalah tidak boleh memberikan reaksi yang dapat mengganggu ketertiban umum. “Tetap banyak berdoa dan jangan buat kegaduhan-kegaduhan,” ungkapnya.

Menurut Bupati SBS, dalam rakor itu, dilaporkan juga bahwa pihak keamanan, baik dari unsur Polri, TNI, dan juga Satuan Pol PP sudah sangat siap melaksanakan tugas pengamanan Pilkada serentak 2020 ini.

“Pihak keamanan dari kepolisian dan TNI serta Pol PP sudah sangat siap melaksanakan tugas pengamanan, Pilkada dilaksanakan secara efektif dan efisien berdasarkan asas Langsung , Umum, Bebas, Rahasia, Jujur dan Adil” ungkapnya

Menurut SBS, kesuksesan Pilkada adalah menghasilkan Bupati-Wakil Bupati pilihan rakyat yang nantinya disahkan oleh KPU kemudian diresmikan oleh pemerintah.

“Itu yang kita harapkan. Saya juga seorang calon, tapi saya akan bertindak profesional sebagai kepala daerah yang baik karena itu adalah bagian kesuksesan kepala daerah. Jangan khawatir. Saya tidak akan menggunakan kekuasaan saya dalam bertindak dan melakukan hal-hal menguntungkan diri sendiri karena sudah ada aturannya,” pungkas SBS. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top