Jelang Coblosan, KPU Ngada Ganti Sejumlah KPPS karena Reaktif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Jelang Coblosan, KPU Ngada Ganti Sejumlah KPPS karena Reaktif Covid-19


Jubir KPU Ngada, Aloysius Raubata. (FOTO: Istimewa)

POLITIK

Jelang Coblosan, KPU Ngada Ganti Sejumlah KPPS karena Reaktif Covid-19


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Jelang pelaksanaan pencoblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020 pada Rabu (9/12) besok, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada mengganti sejumlah petugas Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS). Pasalnya para KPPS yang diganti ini dinytakan reaktif setelah dilakukan rapid test.

“Dari sekian anggota KPPS di Kabupaten Ngada, setelah dilakukan rapid test, ada 9 orang yang hasilnya reaktif. Mereka yang reaktif itu kita ganti dengan petugas cadangan yang tentunya sesuai kriteria,” ungkap Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke, SE dalam sambutannya saat doa bersama jelang Pilkada yang digelar Polres Ngada di aula lantai dua Polres Ngada, Senin (7/12).

Sementara itu, Juru Bicara (Jubir) KPU Ngada, Aloysius Raubata, S.Sos kepada TIMEX, Selasa (8/12) sore menjelaskan, saat kegiatan rapit test pertama, ada 9 orang KPPS yang dinyatakan reaktif. Namun, setelah melakukan rapid test ulang, berkurang lagi dua orang karena hasilnya non reaktif. Sedangkan 7 anggota KPPS lainnya hasilnya tetap reakif sehingga, KPU langsung mengganti tujuh orang tersebut sesuai mekanisme yang ada.

Ketua Pelaksana Gugus Tugas Covid-19 Ngada, Theodosius Yosefus Nono, mengapresiasi langkah cepat KPU yang langsung mengganti anggota KPPS yang reaktif rapid test.

Yosefus menyambut baik langkah-langkah yang dilakukan KPU Ngada karena sebagai lembaga penyelenggara Pilkada telah melaksanakan tahapan-tahapan termasuk mengadakan rapid test bagi KPPS. “Ini adalah upaya mewujudkan petugas penyelenggara pemilu yang sehat di tengah pademi Covid-19 saat ini,” ungkapnya.

Yosefus Nono, mengimbau sekaligus mengajak masyarakat untuk tidak takut datang ke TPS dalam menyukseskan Pilkada Ngada yang sehat.

“Kami dari Pemerintah Daerah memberi apresiasi atas kesigapan pihak KPU yang sudah mengadakan penggantian petugas KPPS yang dinyatakan reaktif. Sehingga tahapan Pilkada dapat berjalan sesuai jadwal yang telah ditentukan yang pada akhirnya Pilkada Kabupaten Ngada tahun 2020 dapat berjalan dengan lancar, aman, demokratis, dan sukses,” pungkas Yosefus Nono. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top