Dalam 2 Hari, 4 Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dalam 2 Hari, 4 Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dalam 2 Hari, 4 Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang


Total Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang Capai 21 Orang

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dalam dua hari, Kota Kupang mencatat empat kematian pasien terkonfirmasi positif Covid-19 saat dalam perawatan di rumah sakit. Pasien Covid-19 yang meninggal itu langsung dimakamkan dengan protokol pemakaman pasien Covid-19.

Selasa (8/12), Kadis Kesehatan Kota Kupang mengumumkan dua pasien korona yang dirawat di RS Leona dan RS Kartini meninggal dunia. Hari ini, Rabu (9/12), Gugus Tugas Percepatan Penanganan Pencegahan Covid-19 Kota Kupang kembali mengumumkan dua pasien positif Covid-19 yang selama ini dirawat di RS Beromeus dan RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati menyebutkan, hari ini ada dua pasien yang meninggal, yaitu seorang perempuan berusia 57 tahun yang di rawat di RS Boromeus Kupang. Pasien tersebut telah dimakamkan secara tata laksana penguburan jenazah Covid-19. “Pasien yang meninggal ini merupakan pelaku perjalanan ke SoE, dan ada komorbitnya,” ungkap drg. Retnowati kepada media ini, Rabu (9/12) petang.

Satu pasien terkonfirmasi positif Covid-19 lainnya yang meninggal adalah seorang laki-laki berusia 71 tahun. Pasien ini meninggal sore tadi, dan sejak November 2020 dirawat di RSUD Prof. Dr. W. Z. Johannes Kupang. “Yang bersangkutan merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta, dan ada juga komorbitnya atau penyakit yang menyertai,” kata drg. Retnowati.

Dengan tambahan pasien meninggal ini, lanjut drg. Retno, hingga hari ini di Kota Kupang sudah ada 21 pasien yang meninggal. Sementara itu, pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang masih dirawat di rumah sakit maupun melakukan isolasi mandiri di Kota Kupang sebanyak 451 orang. Yang dinyatakan sembuh hari ini (9/12) sebanyak 11 orang.

Sementara kasus baru Covid-19 di Kota Kupang hari ini bertambah 19 kasus, dimana semuanua merupakan penularan transmisi lokal.

BACA JUGA: Tambah Lagi 2 Kasus, Total 19 Pasien Covid-19 Meninggal di Kota Kupang

Menyikapi pertambahan kasus baru ini, drg. Retnowati menegaskan agar masyarakat Kota Kupang dapat menyikapi situasi dan kondisi Kota Kupang yang kasusnya terus naik setiap hari.

“Yang perlu diperhatikan masyarakat Kota Kupang adalah menghindari bahaya penularan dan paparan virus Covid-19 dengan cara mematuhi protokol kesehatan dan harus kooperatif,” ujarnya.

Kooperatif yang dimaksudkan drg. Retnowati adalah, apabila ada anggota keluarga yang dinyatakan positif Covid-19, maka semua anggota keluarga dan kontak erat harus bersedia di tracing, testing, dan treatment.

“Paling penting adalah masyarakat kooperatif untuk menerima semua hasil. Jangan hanya berpikir tentang diri sendiri tetapi harus memikirkan semua anggota keluarga dan juga masyarakat di lingkungan sekitar,” katanya.

Update Covid-19 NTT

Sementara itu, berdasarkan data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTT, hari ini (9/12) di NTT bertambah sebanyak 33 kasus terkonfirmasi Covid-19. Jumlah itu menyebar di tiga kabupaten/kota, yakni Kota Kupang dengan 19 kasus transmisi lokal, Kabupaten Manggarai Barat bertambah 13 kasus juga penularan transmisi lokal, dan Kabupaten Belu dengan 1 kasus baru transmisi lokal.

Sementara itu, kabar baiknya, hari ini ada 12 pasien yang sembuh, yakni 11 di Kota Kupang, dan satu pasien sembuh di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Dari tambahan kasus hari ini, total pasien terpapar Covid-19 di NTT kini berjumlah 1.508 kasus. Dari jumlah itu, yang masih dalam perawatan di rumah sakit atau karantina/isolasi mandiri sebanyak 703 pasien, sudah sembuh sebanyak 774 orang, dengan 31 pasien meninggal. Pasien meninggal ini tersebar di tujuh kabupaten/kota, yakni Kota Kupang, TTS, Rote Ndao, Sumba Timur, Manggarai, Manggarai Barat, dan Kabupaten Sikka. Kasus meninggal terbanyak ada di Kota Kupang dengan 21 orang. (mg25/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top