Lima Paslon Klaim Kemenangan, KPU Ngada No Comment | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Lima Paslon Klaim Kemenangan, KPU Ngada No Comment


PILKADA NGADA. Suasana perhitungan surat suara di TPS 02 Kisanata Kota Bajawa, Rabu (9/12). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

POLITIK

Lima Paslon Klaim Kemenangan, KPU Ngada No Comment


Server KPU RI Eror, Hasil Rekapitulasi Suara Belum Bisa Diakses

BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Apilkasi sistem informasi rekapitulasi perhitungan suara (Sirekap) dari Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk sementara waktu belum bisa diakses. Hal ini dikarena server Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia dikabarkan eror.

“Sampai saat ini data sedang berproses dari KPPS ke KPU. Kita dari Indonesia Timur mengantri hingga larut malam karena dengan penumpukan data dari provinsi lain sehingga belum bisa akses ke sirekap,” ungkap Juru Bicara (Jubir) KPU Ngada, Aloysius Raubata, S.Sos saat dihubungi terkait perkembangan rekapitulasi suara Pilkada Ngada.

Sementara itu, berdasarkan pantuan TIMEX, lima pasangan kontestan Pilkada Ngada kini saling klaim sebagai pemenang. Hasil pehitungan cepat atau quick count beredar luas dikalangan masyarakat. Publik pun kebingungan untuk mempercayai hasil yang mana.

Menyikapi hal ini, Jubir KPU Ngada, Aloysius Raubata mengatakan bahwa KPU Ngada tidak menggunakan quick count atau hitungan cepat tetapi mengunakan real count yang merupakan proses penghitungan keseluruhan surat suara di seluruh TPS yang ada.

“Kami dari KPU Ngada tidak mengunakan quick count, tetapi mengunakan standar real count. Kami hanya bisa mengpublikasikan setelah hasil dari TPS diumumkan ke setiap kantor desa dan kelurahan, hasil pleno dari setiap PPK akan diumumkan kesetiap kecamatan, dan hasil pleno dari kecamatan akan diumumkan di KPU,” jelas Aloysius.

Aloysius mengaku, pihaknya tidak ingin masuk atau menanggapi hasil quick count yang saat ini beredar di masyarakat. Aloysius memilih untuk tak mengomentari hasil itu. “Hasil quick count yang saat ini beredar, kami tidak bisa masuk sampai di sana. Kami dari KPU Ngada no comment,” tegas Aloysius.

Aloysius berharap kepada semua paslon, warga pemilih, massa pendukung, tim kampanye untuk menunggu hasil final dari pleno KPU Ngada. “Kita berharap tetap menjaga situasi yang kondusif, aman, dan sejuk. Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat kabupaten Ngada yang sudah melaksanakan pemilihan kepala daerah dengan menaati protokoler kesehatan Covid-19,” katanya. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top