Pilkada TTU: Sempat Tegang di Desa Sono dan Nunmafo | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkada TTU: Sempat Tegang di Desa Sono dan Nunmafo


PROTES. Tim Saksi dari paket Fresh saat mengajukan protes ke KPPS terkait sikap ketidaknetralan penyelenggara di TPS 02, Desa Sono, Kecamatan Bikomi Utara, Rabu (9/12). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Pilkada TTU: Sempat Tegang di Desa Sono dan Nunmafo


KPU Siapkan Bilik Khusus Pemilih Bersuhu Tubuh di Atas Normal

KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) telah melaksanakan proses pemungutan suara di tingkat TPS dengan baik dan berjalan lancar.

Dalam proses pemungutan suara tersebut, KPU TTU tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan, bahkan menyiapkan bilik khusus bagi pemilih bersuhu tubuh di atas normal.

Sementara itu, sesuai data yang dihimpun Timor Express, dari 518 TPS di TTU, ada beberapa TPS yang sempat terjadi ketegangan seperti di TPS 2 Desa Sono, Kecamatan Bikomi Utara. Ketegangan ini dipicu keributan antara tim saksi dari pasangan calon (Paslon) Bupati-Wakil Bupati, Hendrikus Frengky Saunoah-Amandus Nahas (Paket Fresh) dengan KPPS di TPS setempat.

Konflik tersebut terjadi karena KPPS hanya memperbolehkan pendukung paslon Kristiana Muki-Yosep Tanu (Paket Kita Sehati) yang tidak bisa memilih sendiri dan bisa diwakili untuk menggunakan hak pilih sedangkan pendukung dari paket Fresh yang tidak bisa memilih sendiri dan mau diwakili tapi tidak diperbolehkan.

Meski demikian, konflik tersebut dapat diselesaikan dengan damai setelah KPPS memperbolehkan seluruh masyarakat yang tidak bisa memilih sendiri didampingi untuk menentukan pilihan politiknya.

“Tadi kami ribut dengan KPPS karena mereka tidak netral. Mereka hanya memperbolehkan pendukung paket Kita Sehati yang tidak bisa memilih sendiri dan bisa diwakili sedangkan untuk pendukung paket Fresh tidak diperbolehkan. Namun kami sudah selesaikan persoalan itu dengan baik,” ungkap Leksi Metan, Saksi paket Fresh di TPS 02 Desa Sono, Kecamatan Bikomi Utara, Rabu (9/12).

Sementara di TPS 05 Desa Nunmafo, Kecamatan Insana, ada temuan surat suara yang sudah tercoblos. Hal ini mendapat protes saksi paslon.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka ketika dikonfirmasi Timor Express, Rabu (9/12) mengatakan, pihaknya memastikan seluruh proses pemungutan suara di tingkat TPS berjalan aman dan lancar.

Pasalnya, pihak KPU telah memastikan kelengkapan logistik Pilkada tiba di setiap TPS dengan baik. Bahkan, selama proses pemungutan suara berlangsung pun tidak ada keluhan terkait kendala maupun hambatan di masing-masing TPS.

“Tidak ada keluhan dalam hubungannya dan kekurangan logistik sehingga kita pastikan proses pemungutan suara berjalan aman dan lancar tanpa hambatan apapun,” kata Paulinus.

Terkait keributan di TPS 02 Desa Sono, Paulinus mengatakan, sampai saat ini pihaknya belum menerima laporan resmi dari penyelenggara di tingkat TPS, desa maupun kecamatan.

Meski demikian, lanjut Paulinus, apabila terbukti dalam proses pemungutan suara terdapat penyelenggara yang bersikap tidak netral dan melanggar kode etik penyelenggara, akan ditindaklanjuti sesuai aturan.

“Belum ada laporan. Kalau ada dan terbukti pasti akan kita tindak sesuai aturan hukum yang berlaku,” janji Paulinus.

Sementara, untuk temuan surat suara di TPS 05 Desa Nunmafo, Kecamatan Insana yang sudah tercoblos, menurut Paulinus, temuan tersebut tidak mempengaruhi jalanya proses pemungutan suara.

Menurut Paulinus, surat suara yang sudah tercoblos tersebut termasuk kategori rusak dan telah diganti dengan surat suara yang baik dan belum tercoblos atau kotor.

“Selama pengepakan memang kita teliti namun ada kelalaian dan sudah digantikan dengan surat suara yang baik untuk digunakan,” jelasnya.

Terpantau Timor Express, proses pemungutan suara di masing-masing TPS berjalan sesuai protokol kesehatan. Bahkan, KPU menyiapkan bilik khusus bagi masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius. Namun, sesuai pantauan Timor Express, selama proses pemungutan suara di 518 TPS di TTU, tidak ditemukan masyarakat yang suhu tubuhnya di atas 37,3 derajat celcius. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top