Terkait Pilkada Hari Ini, Simak Pesan Bupati dan Ketua DPRD Manggarai | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Terkait Pilkada Hari Ini, Simak Pesan Bupati dan Ketua DPRD Manggarai


SAMBUTAN. Bupati Manggarai, Deno Kamelus saat memberi sambutan dalam acara penutupan Sidang I tahun dinas 2020 di ruang sidang DPRD Manggarai, kemarin (8/12). (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

POLITIK

Terkait Pilkada Hari Ini, Simak Pesan Bupati dan Ketua DPRD Manggarai


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Bupati Manggarai, Deno Kamelus mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Manggarai untuk menggunakan hak pilihnya secara bertanggungjawab, dan hindari golput pada Pilkada serentak hari ini, Rabu (9/12). Sebab peristiwa ini merupakan momen istimewa menentukan arah pembangunan Manggarai lima tahun ke depan.

“Mari bersama kita menentukan masa depan daerah ini dengan keteguhan hati untuk tetap menjaga kedamaian. Jangan biarakan pesta demokrasi ini dinodai oleh kecurangan dan kekerasan,” ujar Bupati Deno dalam penutupan sidang I DPRD tahun dinas 2020, di gedung DPRD Manggarai, Selasa (8/12) siang.

Bupati Deno juga mengajak seluruh masyarakat Manggarai tetap menjaga daerah ini agar tetap dicintai, menjadikan daerah ini tetap aman, damai, dan semakin layak untuk dihuni. Bupati Deno mengajak semua stakeholder untuk mengambil peran dengan menjauhi upaya yang menyebabkan upaya terjadinya konflik antar masyarakat, konflik dengan penyelenggara.

Supaya saat hari pencoblosan dan hari-hari setelah coblos sampai pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih nantinya, berlangsung aman, damai, dan sehat, demi kenyamanan bersama. Hendaknya membangun pengertian agar menjauhi diri dari kekerasan dan kekacauan. Sejalan dengan itu, meminta penyelenggara Pilkada untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan adil.

Demikian pula halnya bagi TNI dan Polri, Bupati Deno meminta agar menjaga keamanan secara maksimal. Bagi segenap jajaran ASN sebagai representasi dari negara, diimbau untuk tetap memegang teguh sikap netralitas dalam perhelatan Pilkada serentak 2020. Jadilah panutan bagi masyarakat sembari memberikan pencerahan kepada masyarakat agar berpartisipasi aktif secara santun dalam menentukan pilihanya.

“Pilihan kita boleh beda, tapi hubungan persaudaraan diantara kita harus tetap dijaga. Jangan karena beda pilihan kita saling musuh. Mari kita lakukan secara damai dan bermartabat,” pesan Bupati Deno.

Sementara Ketua DPRD Manggarai, Matias Masir, mengatakan pada 9 Desember 2020, semua mengharapkan Pilkada yang damai, bermartabat, dan berkualitas. Serta tetap mengikuti protokol kesehatan. Lembaga DPRD berharap kepada para penyelenggara Pilkada beserta anggota Polri untuk dapat menjaga ketentraman dan keterlibatan bagi masyarakat.

“Sebagai bagian dari catatan akhir tahun, mari kita belajar menahan diri untuk tidak menampilkan sikap yang merusak martabat lembaga masing-masing, baik legislatif maupun eksekutif. Sebab sebagai irang yang terpilih dari yang terpanggil, mari kita berupaya menjaga citra diri,” kata Matias.

Terkait seluruh rangkaian agenda rapat dalam masa Sidang I itu, kata Matias, DPRD dan pihak eksekutif sungguh-sungguh dituntut untuk memberikan pengabdian yang maksimal bagi kepentingan masyarakat Manggarai. Bersama eksekutif, dewan memiliki komitmen untuk menempatkan kepentingan seluruh rakyat diatas kepentingan lainya.

“Sehingga gambaranya amat jelas, dari mana kita memulai, bagaimana kita melaksanakanya, hal-hal apa yang perlu kita lakukan, prediksi-prediksi apa yang akan tercapai, dan seperti apa hasil-hasil yang akan kita capai,” bilang Matias.

Terpantau, penutupan Sidang I DPRD Manggarai itu dihadiri Wakil Bupati Viktor Madur, para Wakil Ketua DPRD, Sekda Manggarai Fansi Jahang, para angggota DPRD Manggarai, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, pimpinan perangkat daerah, unsur Forkopimda, dari Pengadilan Negeri Ruteng, dan Pimpinan serta Wakil Pimpinan Bank NTT Cabang Ruteng. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top