Besok, KPU Ngada Mulai Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Besok, KPU Ngada Mulai Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan


Ketua KPU Ngada, Stanislaus Neke, SE. (FOTO: Istimewa)

POLITIK

Besok, KPU Ngada Mulai Gelar Rekapitulasi Suara Tingkat Kecamatan


BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ngada mulai besok (11/12) akan menggelar kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Hal ini didasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 5 Tahun 2020 tentang perubahan ketiga atas PKPU Nomor 15 Tahun 2019 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 dan PKPU Nomor 19 Tahun 2020 dan PKPU Nomor 9 Tahun 2018 tentang Rekapitulasi Hasil Penghitungan Suara dan Penetapan Hasil Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota.

Sebagaimana surat KPU Ngada bernomor: 318/Pl.02..6-SD/5309/KPU-Kab/XII/2020 yang diterima TIMEX, Kamis (10/12) menyebutkan, untuk pelaksanaan rekapitulasi di tingkat PPK, diminta untuk mempersiapkan hal-hal teknis berupa undangan ke para pihak, memastikan logistik sudah berada di Sekretariat PPK, serta melakukan Pra Pleno dengan Pengawas dan Ketua PPS.

Disebutkan bahwa jadwal rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat PPK, yang dimulai Jumat (11/12) akan berlangsung di wilayah Kecamatan Bajawa, Aimere, Wolomeze, dan Golewa Selatan. Selanjutnya pada Sabtu (12/12) proses rekapitulasi berlangsung di Kecamatan Inerie, Golewa, Soa, dan Riung Barat. Sedangkan pada Minggu (13/12) rekapitulasi berlangsung di Kecamatan Golewa Barat, Jerebuu, Riung, dan Bajawa Utara.

BACA JUGA: Pilkada Ngada: Paslon AP-RB Unggul Sementara

Ketua KPU Ngada Stanislaus Neke, SE saat dihubungi TIMEX melalui pesan WhatsApp (WA) mengatakan, setelah selesai proses rekapitulasi di tingkat PPK, dilanjutkan dengan rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat kabupaten yang dijadwalkan pada Kamis (17/12) hingga Selasa (20/12) mendatang.

“Puji Tuhan, kita dikarunikan cuaca yang cerah sehingga pencoblosan berlangsung aman. Terima terima kepada semua pihak, khususnya masyarakat Kabupaten Ngada yang telah memberikan hak pilihnya pada tanggal 9 Desember kemarin dengan tetap menegakkan disiplin protokol Covid-19,” ungkap Stanislaus.

Stanislaus berharap, seluruh masyarakat Ngada bersabar sambil menunggu pleno rekapitulasi suara, baik di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten sebagai dasar KPU Ngada melakukan pleno penetapan pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Ngada terpilih nanti.

Hal senada disampaikan Juru Bicara KPU Ngada, Aloysius Raubata. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pasangan calon (paslon), tim pemenang, dan seluruh pemilih yang sudah melaksanakan pemilihan calon Bupati-Wakil Bupati Ngada dengan aman, damai, sejuk, dan sehat terutama sangat memperhatikan protokoler kesehatan Covid-19. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top