Pasca Coblosan Pilkada, Ini Pesan Kapolda Irjen Lotharia Latif | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pasca Coblosan Pilkada, Ini Pesan Kapolda Irjen Lotharia Latif


Kapolda NTT, Irjen Pol. Lotharia Latif. (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

POLITIK

Pasca Coblosan Pilkada, Ini Pesan Kapolda Irjen Lotharia Latif


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Tahapan pencoblosan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak di 270 daerah di Indonesia, termasuk 9 kabupaten di NTT telah berlangsung Rabu (9/12).

Berdasarkan evaluasi pengamanan dari Polda NTT, sejauh ini tahapannya berlangsung aman dan lancar.

Kapolda NTT, Irjen. Pol. Drs. Lotharia Latif, SH.,M.Hum, memberikan apresiasi karena dapat berjalan dengan aman dan tertib serta sesuai dengan penerapan protokol kesehatan Covid-19.

Kini, tahapan selanjutnya adalah proses perhitungan suara. Kapolda Irjen Latif mengaku telah mendapatkan gambaran perolehan hasil yang cukup ketat di beberapa tempat. Karena itu, Irjen Latif meminta seluruh pasangan calon (Paslon) untuk menunggu hasil perhitungan KPU setempat.

“Saya mengimbau kiranya dipahami bahwa yang berhak menyatakan hasil keputusan adalah KPU (Komisi Pemilihan Umum, Red). Saya harapkan jangan terlebih dahulu mengumumkan pasangan ini menang. Hal ini nantinya malah menjadi kontraproduktif, sebaiknya disampaikan data sementara, dan jangan disebutkan pasangan ini unggul di sini. Karena ini nantinya akan menimbulkan persoalan ketika hasil KPU berbeda,” jelas Irjen Latif, kepada media ini di Mapolda NTT, Kamis (10/12).

BACA JUGA: Polri Minta Paslon Pilkada Tak Gelar Konvoi Kemenangan

Kapolda Irjen Latif mengharapkan seluruh masyarakat untuk menjaga dan menciptakan situasi tetap kondusif. Jika hasil perolehan suara sudah diketahui oleh masing-masing paslon, supaya menahan diri agar tidak melakukan eforia, konvoi, dan lain sebagainya yang nantinya akan melahirkan konflik atau benturan di lapangan.

Hal ini, kata jenderal polisi bintang dua tersebut menjadi penting untuk menciptakan situasi yang kondusif di tengah pandemi Covid-19. Artinya pihak yang menang ditunjukkan dengan cara bersyukur dan tidak eforia dengan arak-arakan. Pasalnya, bagi paslon kepala daerah yang menang ke depannya akan diperhadapkan dengan berbagai tantangan serta menjalankan program untuk pembangunan kemajuan daerah yang dipimpin tersebut.

“Sampai tahapan nanti bila ada ketidakpuasan atau sesuatu yang dianggap tidak menguntungkan bagi pasangan calon, maka tempulah melalui jalur hukum,” tegasnya.

Sampai saat ini, kata Irjen Latif, Polri dan TNI masih berada di lokasi. Dalam waktu dekat, lanjutnya, ia akan melakukan kunjungan ke daerah yang melaksanakan pilkada guna memantau langsung situasi di lapangan. “Sampai sejauh ini situasi di lapangan masih aman,” tandasnya.

Terkait soal derasnya sebaran data melalui pengguna media sosial (medsos), orang nomor satu di Polda NTT mengaku terus melakukan patroli cyber. Ada beberapa yang telah dimonitor dan terus mengumpulkan bukti-bukti digital. Karena ini juga memberikan konsekuensi di era digital.

“Kita imbau agar jangan menggunakan medsos sebagai sarana untuk ujaran kebencian atau memprovokasi. Pastinya kita akan melakukan tindakan hukum, oleh sebab itu bijaklah dalam bermedia sosial,” tegasnya. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top