Pilkada Ngada: Paslon AP-RB Unggul Sementara | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkada Ngada: Paslon AP-RB Unggul Sementara


PILKADA NGADA. Cabup Ngada, Andreas Paru dari paslon AP-RB saat diwawancarai awak media di kediamannya, Kelurahan Tana Lodu, Kecamatan Bajawa, Kamis (10/12). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

POLITIK

Pilkada Ngada: Paslon AP-RB Unggul Sementara


Data Hasil Perhitungan Sementara di Sirekap KPU

BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Coblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 telah dilaksanakan secara serentak pada Rabu (9/12). Khusus di Pilkada Ngada, sebagaimana terpantau media ini, umumnya berjalan aman, damai, sejuk dan sehat. Penerapan protokoler kesehatan Covid-19 juga berjalan baik.

Sementara itu, berdasarkan data hitungan cepat atau quick cound yang di-update dari situs https://pilkada2020.kpu.go.id/#/pkwkp, hingga Kamis (10/12) pukul 10:45 WIB, data masuk hasil Pilkada Ngada di 12 kecamatan baru 163 TPS dari total 357 TPS. Artinya progres suara masuk sejauh ini baru 45,66 persen.

Berdasarkan data ini, perolehan suara sementara dari lima paslon cukup bersaing ketat. Dan saat ini yang memimpin perolehan suara sementara dari data masuk untuk 163 TPS adalah paslon Andreas Paru SH, MH-Raymundus Bena, SS.M.Hum (Paket AP RB) dengan raihan 9.908 suara.

Urutan kedua raihan suara terbanyak sementara ditempat paslon Helmut Waso – Ir. Yohanes Tay, MM (Paket Hebat) dengan raihan 7.390 suara. Posisi ketiga ditempati paslon Kristoforus Loko, S.Fil – Emanuel Dopo (Paket Credo) dengan 7.137 suara.

Selanjutnya paslon Drs. Paulus Soliwoa-Gregorius Upi, SH (Paket PAS-GUD) diurutan keempat dengan raihan 6.557 suara. Sedangkan paslon Wilfridus Muga, S.E., M.Pd – Drs. Herman Say (Paket Firman) sementara menempati posisi kelima dengan perolehan 6.276 suara.

BACA JUGA: Datang Kapolres dan Dandim Ngada, Cabup AP Minta Simpatisan Sabar Menunggu Hasil

Cabup Ngada, Andreas Paru yang ditemui sejumlah awak media dikediamannya, Kamis (10/12) mengatakan, paket AP-RB unggul di delapan kecamatan dari total 12 kecamatan di Ngada. Untuk 4 kecamatan yang lain, kata Andreas, tidak unggul, meski demikian perolehan suara tidak berbeda jauh dengan paslon lainnya.

Menurut Andreas, berdasarkan perhitungan cepat paket AP-RB, saat ini mereka sudah memperoleh 23.246 suara atau 28,91 persen. Hal ini berdasarkan quick cound atau hitungan cepat yang dilakukan relawan team dengan saksi-saksi di 357 TPS yang tersebar di Ngada.

Andreas membeberkan, berdasarkan data masuk hasil rekapan tim paket AP-RB, jumlah suara masuk mencapai 80.474 suara (72,23 persen). Angka pertisipasi pemilih 72,17 persen. Suara tidak sah sebanyak 70 suara, yang masuk golput sebanyak 30.942 (27,77 persen). Sementara total DPT Pilkada Ngada berjumlah 111.416 pemilih.

“Hari ini masih ada perkembangan suara yang akan masuk. Kami harapkan dapat informasi yang pasti dari pihak penyelengara karena data dari tim kami pasti selisih tidak terlalu jauh,” ungkap Andreas Paru.

Sebagaimana diketahui, 12 kecamatan di Ngada yang sedang dinantikan hasil perhitungan suaranya adalah Kecamatan Aimere, Golewa, Bajawa, Soa, Riung, Jerebuu, Riung Barat, Bajawa Utara, Wolomeze, Golewa Selatan, Golewa Barat, dan Kecamatan Inerie. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top