Wabup Sumba Timur dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Wabup Sumba Timur dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19


Jubir Satgas Covid-19 Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana (kiri) didampingi Kabid Penanggulangan Penyakit, Dinkes Sumba Timur, Jonker Telnoni memberi keterangan pers di aula Dinkes Sumba Timur, Sabtu (12/12) siang. (FOTO: SEPRITUS/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Wabup Sumba Timur dan Istri Terkonfirmasi Positif Covid-19


Pastikan Klaster Pilkada atau Bukan, Gugus Tugas Sedang Telusuri

WAINGAPU, TIMEXKUPANG.com-Wakil Bupati (Wabup) Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19 setelah dilakukan Tes Molekuler Cepat (TCM) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Umbu Rara Meha Kota Waingapu, Jumat (11/12) malam.

Hal ini disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sumba Timur, dr. Chrisnawan Try Haryantana saat menggelar jumpa pers di aula Dinas Kesehatan Sumba Timur, Sabtu,(12/12) siang.

Wabup Umbu Lili yang kemudian disebut sebagai pasien positif 035 menurut dr. Chrisnawan, sudah merasakan tubuhnya tidak fit sehari setelah pencoblosan pada Pilkada serentak 9 Desember 2020 lalu.

“Beliau sempat mengalami panas tinggi dan batuk keras sehingga langsung di-swab dan setelah diketahui hasilnya positif langsung di isolasi di RSUD Umbu Rara Meha,” ungkap dr. Chrisnawan.

Pasien positif 035 yang adalah Wabup Sumba Timur ini diisolasi bersama sang istri yang juga dinyatakan positif Covid-19. “Istri pasien 035 juga diisolasi bersama untuk saling memberi penguatan. Hasil swab istri dari pasien 035 ini telah keluar pagi tadi yang hasilnya juga positif yang kemudian disebut sebagai pasien positif 036,” jelas dr. Chrisnawan.

Sebagaimana diketahui, pasien positif 035 selain merupakan Wabup Sumba Timur juga merupakan salah satu calon bupati dalam kontestasi Pilkada Serentak 2020 sehingga memiliki mobilitas yang tinggi. Karena itu, kata dr. Chrisnawan, tim Gugus Tugas Covid-19 Sumba Timur berasumsi bahwa pasien positif 035 telah melakukan kontak dengan banyak orang.

Selain dua pasien suami istri ini, ada lagi satu pasien terkonfirmasi Covid-19 yang disebut sebagai pasien 037. Pasien positif 037 ini diketahui sebagai salah satu bagian dari tim sukses pasien positif 035. Sedangkan pasien positif korona 036 diketahui sebagai pelaku perjalanan dari Jakarta.

“Hingga saat ini kondisi ketiga pasien positif 035, 036, dan 037 itu relatif stabil dalam perawatan di RSUD Umbu Rara Meha,” sebut dr. Chrisnawan.

Dokter Chrisnawan menjelaskan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Sumba Timur menduga ini merupakan klaster Pilkada, tapi ada kemungkinan lain karena pasien positif 036 merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta yang baru tiba di Waingapu pada 5 Desember 2020, dan juga pasien positif 037 diketahui tidak terlalu intens ketemu pasien positif 035.

“Untuk mengetahui apakah ini merupakan klaster Pilkada atau bukan, kami masih terus mencermati,” pungkas dr. Chrisnawan.

Sementara itu, Kepala Bidang Penanggulangan Penyakit, Dinas Kesehatan Sumba Timur, Jonker Telnoni menambahkan, pihaknya akan segera melakukan penelusuran terhadap kontak yang mungkin terjadi dan terus mengumpulkan data-data dari kontak erat yang terjadi.

“Kami memprioritaskan yang kontaknya paling intensif dengan pasien positif 035 untuk di swab meskipun idealnya kalau kita mampu semua harus di-swab. Tapi kita ambil dulu jalan tengah terbaik dengan mempertimbangkan tenaga medis dan logistik,” kata Jonker. (mg31)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top