APD Berserakan di Permukiman Warga, Kades Ba’adale Rote Beber Hal Ini | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

APD Berserakan di Permukiman Warga, Kades Ba’adale Rote Beber Hal Ini


Anggota Polsek Lobalain menunjuk APD yang diduga ditinggal petugas usai memakamkan jenazah, salah satu pasien terduga Covid-19, di TPU Desa Ba'adale, Kecamatan Lobalain, Senin (14/12). (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

APD Berserakan di Permukiman Warga, Kades Ba’adale Rote Beber Hal Ini


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Alat Pelindung Diri (APD) yang digunakan petugas medis ditemukan berserakan di sekitar permukiman warga, Senin (14/12). Diduga APD ini ditinggal petugas usai memakamkan jenazah pasien yang terpapar Covid-19 di Desa Ba’adale, Kecamatan Lobalain. Sejumlah APD, yang digunakan petugas saat pemakaman salah satu warga yang diduga terpapar Covid-19, pada Minggu (13/12) malam, ditemukan dibuang begitu saja.

Beberapa APD yang ditinggal itu adalah, baju hazmat sekali pakai, penutup kepala dan sarung tangan. Sejumlah alat ini dengan posisi tidak berada di satu tempat.

Seharusnya, APD tersebut harus dimusnakan setelah digunakan, tetapi malah dibuang begitu saja. Sehingga keesokan harinya, langsung menarik perhatian warga di sekitar TPU Desa Ba’adale itu.

Lokasi TPU yang hanya berjarak lebih kurang 100 meter dengan permukiman itu cukup membuat warga setempat resah. TPU tersebut berlokasi di RT 008/RW 04, Dusun Nundale, Desa Ba’adale, Kecamatan Lobalain.

“Kami baru tau tadi pagi (Senin, 14/12, Red). Dan saya langsung laporkan kepada camat,” kata Kepala Desa Ba’adale, Wilson J. Edon, yang dikonfirmasi Timor Express, Senin (14/12) siang.

Menurutnya, karena letak ditemukannya APD itu sangat dekat dengan permukiman, sehingga tentu mengkhawatirkan penduduk sekitar. Apalagi, APD tersebut digunakan setelah memakamkan jenazah pasien yang diduga meninggal akibat Covid-19.

BACA JUGA: Keluarga Pasien Meninggal di Ronda Sesalkan Sikap Tim Satgas Covid-19

“Tidak jauh. Kalau dari TPU sekitar 50 meter, dan dengan rumah warga sekitar 60 meter,” kata Kades Wilson.

Wilson menuturkan, APD tersebut diketahui dari temuan warga di pagi hari, Senin (14/12) sekira pukul 07.00 Wita. Adalah Sarlin Tulle, salah satu warga RT 008/RW 04, Dusun Ndudale, Desa Ba’adale yang pertama kali melihat APD itu ketika hendak memulai aktifitasnya.

Dari Sarlin, kemudian diinformasikan kepada Ayub Tulle yang merupakan tetangganya. Selanjutnya informasi itu langsung diterima oleh pihak Kepolisian Sektor Lobalain. “APD ini ditemukan oleh warga, dan saya juga diberi tahu,” kata Wilson Edon.

Setelah berkoordinasi, akhirnya tim Satgas kemudian menuju ke lokasi. Sebuah truk beserta beberapa petugas langsung dikerahkan.

Sebelum diangkut, APD yang ditinggal di dekat lokasi TPU itu, terdiri dari 3 buah baju/gaun medis sekali pakai, 7 buah sarung tangan karet, dan beberapa penutup kepala berbahan plastik. Bahkan ada juga yang berserakan hingga di badan jalan.

“Ya, petugas sudah mengevakuasi, karena kami terus berkoordinasi dengan petugas. Sekitar jam 12 siang tadi,” kata Kades Wilson. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top