KPU Malaka Persiapkan Pleno Tingkat Kabupaten 17 Desember 2020 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

KPU Malaka Persiapkan Pleno Tingkat Kabupaten 17 Desember 2020


Juru Bicara KPU Malaka, Yoseph Bere Nahak. (FOTO: PISTO BERE/TIMEX)

POLITIK

KPU Malaka Persiapkan Pleno Tingkat Kabupaten 17 Desember 2020


BETUN, TIMEXKUPANG.com-Proses pungut hitung dan pleno tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kabupaten Malaka telah selesai dilakukan, dan seluruh hasil pleno telah dibawa ke KPU Malaka.

Juru Bicara KPU Malaka, Yosep Bere Nahak saat ditemui Timor Express, di Betun, Senin (14/12) menjelaskan, pleno tingkat kecamatan dimulai Sabtu (12/12) untuk enam kecamatan, dan pada Minggu (13/12) dilaksanakan dienam kecamatan lainnya. “Hari ini, panitia pemilihan 12 kecamatan sudah mengantar semua logistik baik pemungutan maupun perhitungan suara juga logistik rekap tingkat PPK. Semuanya sudah diserahkan ke KPU Kabupaten Malaka,” ungkap Yosep Nahak.

Yosep mengatakan, pihak KPU Malaka mengapresiasi seluruh pihak yang telah berperan mendukung proses pleno rekapitulasi suara selama dua hari di 12 kecamatan sehingga berjalan aman dan kondusif.

“Kami mengapresiasi kepada semua kepentingan dalam Pilkada Malaka 2020 ini, kita turut menciptakan suasana kondusif sehingga pleno 12 Kecamatan ini bisa berjalan dengan aman dan lancar,” ungkap Yosep Nahak.

BACA JUGA: Unggul Tipis, SN-KT Kuasai 8 Kecamatan, SBS-WT Cuma 4 Kecamatan

Yosep menyebutkan, setelah pleno PPK ini, pihak KPU akan menindaklanjuti dengan pleno tingkat kabupaten yang direncanakan dilaksanakan pada Kamis (17/12). “Pleno tingkat kabupaten paling lambat tanggal 17 Desember. Kita sudah lakukan persiapan untuk melaksanakan pleno tingkat KPU Malaka,” ungkap Yosep.

Yosep menuturkan, saat pleno tingkat kabupaten nanti, teknisnya tetap ada pembatasan jumlah peserta dalam pleno itu untuk memenuhi tuntutan penerapan protokol kesehatan Covid-19 sebagaimana diatur dalam Peraturan KPU (PKPU).

“Soal jumlah peserta yang hadir pleno nanti akan diatur sesuai peraturan perundangan-undangan. Sesuai peraturan KPU terkait perserta rapat itu sudah diatur dari unsur mana saja, dan berapa jumlah yang boleh hadir,” kata Yosep.

Yosep Nahak dalam kesempatan tersebut juga meminta seluruh pihak di Malaka, khususnya para pasangan calon dan tim pemenangan serta simpatisan untuk tidak menyikapi hasil Pilkada dengan eforia berlebihan, tidak melakukan konvoi karena sedang dalam masa pandemi serta tidak menciptakan kerumunan.

“Kami ingin menyampaikan bahwa mari kita bersabar untuk menunggu hasil pleno tingkat kabupaten yang akan diselenggarakan satu atau dua hari ke depan. Paling lambat tanggal 17 Desember sudah dilakukan rekap tingkat KPU, dan hasilnya pasti kami umumkan,” pungkas Yosep. (mg30)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top