Pleno PPK di Belu Tuntas, Paket Sehati Menang Tipis Atas Petahana | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pleno PPK di Belu Tuntas, Paket Sehati Menang Tipis Atas Petahana


Suasana pleno rekapitulasi PPK di Kecamatan Kota Atambua. Di kecamatan ini, paket Sehati unggul dengan meraih 7.369 suara, sedangkan paket Sahabat mendapat 7.006 suara. (FOTO: JOHNI SIKI/TIMEX)

POLITIK

Pleno PPK di Belu Tuntas, Paket Sehati Menang Tipis Atas Petahana


ATAMBUA, TIMEXKUPANG.com-Pleno rekapitulasi penghitungan suara Pilkada Belu 2020 tingkat kecamatan telah berakhir. Pleno yang berlangsung tiga hari berjalan aman dan lancar kendati ada sejumlah kecamatan yang hasil plenonya berakhir dengan catatan keberatan dari para paslon. Bahkan ada pula penolakan untuk tidak menandatangani berita acara hasil pleno.

Sementara itu, berdasarkan data hasil pleno dari total 426 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 12 kecamatan, pasangan calon (paslon) Bupati-Wakil Bupati Belu nomor urut 2, Agustinus Taolin-Aloysius Hale Serens (Paket Sehati) berhasil mengungguli paslon nomor urut 1 yang adalah petahana, Wilybrodus Lay-J. T. Ose Luan (Paket Sahabat).

Sesuai data yang di himpun Timor Express, dari total 100.999 suara sah hasil pleno 12 panitia pemilihan kecamatan (PPK), paslon Sahabat mengantongi dukungan 50.376 suara, sedangkan paket Sehati meraup dukungan tertinggi dengan 50.623 suara. Raihan ini boleh dikata cukup membuat jantung paslon Sehati berdegup pasalnya selisih suara sangat tipis, yakni hanya 247 suara.

Jika dirinci, paket Sehati unggul di tujuh kecamatan, yakni Raihat, Tasbar, Tasifeti Timur, Lasiolat, Atambua Barat, Atambua Selatan, dan Kota Atambua. Sedangkan paket Sahabat unggul di 5 kecamatan, yakni Nanaet Lamaknen, Lakamaknen Selatan, Kakuluk Messak, dan Raimanuk.

Juru Bicara (Jubir) KPU Belu, Herlince E. Asa saat dikonfirmasi Senin (14/12) mengatakan, hasil pleno rekapitulasi tingkat kecamatan berlangsung aman dan lancar. Semua kotak suara sudah digeser ke kabupaten. Hasil rekapitulasi suara sudah di umumkan di kecamatan, tinggal menunggu saja pleno tingkat kabupaten.

BACA JUGA: Sesuai Data Ini, Persaingan Ketat Terjadi di Belu dan Malaka

“Pleno tingkat kecamatan selama tiga hari hingga hari ini sudah selesai. Kecamatan Tasifeto Timur yang alot sampai hampir pagi,” jelasnya.

Menurut Herlince, saat pleno berjalan, saksi paslon nomor urut 1 meminta untuk membuka kotak suara dengan alasan untuk mendokumentasi salinan daftar pemilih. Tetapi untuk administrasi tidak bisa diberikan untuk saksi apalagi membuka kotak suara, kecuali ada alasan mendasar. Dan ini terjadi hampir disemua kecamatan.

“Untuk saksi dan Bawaslu kita serahkan berita acara dan salinan C1 hasil. Itu kita serahkan di TPS begitu juga hasil pleno di kecamatan,” jelasnya.

Herlince menyebutkan, saksi dari paket Sahabat dihampir semua kecamatan menolak untuk menandatangani berita acara dan mencatat form kejadian khusus yakni keberatan. “Nantinya catatan saksi akan dibacakan saat pleno tingkat kabupaten,” ungkap Herlince. (mg33)

Hasil Pleno Rekapitulasi PPK di Kabupaten Belu:

1. Kecamatan Kota Atambua
Paket Sahabat: 7.006 suara
Paket Sehati: 7.369 suara

2. Kecamatan Atambua Selatan
Paket Sahabat: 5.978
Paket Sehati: 6.070

3. Kecamatan Atambua Barat
Paket Sahabat: 5.065
Paket Sehati: 5.583

4. Kecamatan Tasifeto Timur
Paket Sahabat: 5.837
Paket Sehati: 5.960

5. Kecamatan Lasiolat
Paket Sahabat: 1.715
Paket Sehati: 1.839

6. Kecamatan Raihat
Paket Sahabat: 3.191
Paket Sehati: 3.257

7. Kecamatan Tasifeto Barat
Paket Sahabat: 5.856
Paket Sehati: 6.192

8. Kecamatan Kakuluk Mesak
Paket Sahabat: 5.262
Paket Sehati: 4.920

9. Kecamatan Lamaknen
Paket Sahabat: 3.185
Paket Sehati: 2.975

10. Kecamatan Lamaknen Selatan
Paket Sahabat: 2.066
Paket Sehati: 1.765

11. Kecamatan Raimanuk
Paket Sahabat: 4.124
Paket Sehati: 3.795

12. Kecamatan Nanaet Duabesi
Paket Sahabat: 1.091
Paket Sehati: 898

SUMBER: Olahan TIMEX Merujuk Hasil Pleno 12 PPK

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top