Dinas PMD Ronda Distribusi Logistik Pilkades, TNI-Polri Kawal Ketat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PMD Ronda Distribusi Logistik Pilkades, TNI-Polri Kawal Ketat


AMANKAN LOGISTIK. Aparat Kepolisian Resor Rote Ndao mengawal logistik Pilkades saat tiba di Kecamatan Ndao Nuse yang diseberangkan, melalui Pelabuhan Nemberala, Rabu (16/12). (FOTO: Istimewa)

PEMERINTAHAN

Dinas PMD Ronda Distribusi Logistik Pilkades, TNI-Polri Kawal Ketat


BA’A, TIMEXKUPANG.com-Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Rote Ndao (Ronda), Rabu (16/12) secara bertahap mulai mendistribusikan logistik Pemilihan Kepala Desa (Pilkades). Distribusi tahap pertama, didahulukan ke desa yang berada di kepulauan, selanjutnya dilakukan distribusi tahap ke dua, pada Jumat (18/12) mendatang.

Distribusi tahap pertama dilakukan untuk enam desa yang tersebar di tiga kecamatan, yakni Desa Anarae, Mbali Lende Iki, Mbiu Lombo, dan Nuse di Kecamatan Ndao Nuse. Sementara dua desa lainnya, masing-masing Desa Landu di Kecamatan Rote Barat Daya, dan Desa Tenalai di Kecamatan Landu Leko.

Dalam mendistribusikan logistik tersebut, panitia dikawal ketat aparat kepolisian dengan menumpangi perahu motor. Khusus di Kecamatan Ndao Nuse, sebanyak lima kotak suara dan 20 bilik suara sudah didistribusikan melalui pelabuhan rakyat Desa Nemberala, Kecamatan Rote Barat.

“Hari ini kami mulai distribusikan untuk desa di daerah kepulauan. Dan akan dilanjutnya pada Jumat (18/12),” kata Kepala Dinas PMD Rote Ndao, Yames M. K, Therik, SH, melalui Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa dan Kelurahan, Maria Dolorosa Bria, saat di konfirmasi Timor Express, Rabu (16/12).

Menurut Maria, mulai proses penyiapan logistik hingga pendistribusian berjalan lancar, walau harus menguras cukup energi dalam proses tersebut.

“Puji Tuhan, semuanya berjalan aman dan lancar. Melelahkan juga, tetapi semua itu adalah tanggung jawab yang harus kita laksanakan,” tegas Maria.

Maria berharap, dari semua proses yang telah dilewati itu hingga pelaksanaan pemungutan suara kiranya berjalan lancar. Semua pihak yang terlibat, diminta untuk turut menyukseskan perhelatan tersebut, guna menghasilkan pemimpin berkualitas di desa.

“Semoga lancar di hari pencoblosan. Karena suksesnya Pilkades tergantung dukungan semua pihak, termasuk pemilih,” kata Maria.

BACA JUGA: Rote Ndao Siap Gelar Pilkades, Pejabat Kemendagri Sosialisasi Aturan Terbaru

Maria juga mengatakan, dalam proses distribusi logistik, Panitia Pilkades Kabupaten dikawal ketat oleh anggota TNI dan Polri. Hal tersebut dilakukan untuk menjamin keamanan atas logistik yang didalamnya terdapat surat suara, hingga waktu pencoblosan.

“Kami dikawal ketat. Mulai dari dari proses penyediaan, hingga distribusi, kami mendapat pengawalan oleh anggota TNI dan Polri,” ungkap Maria.

Tiga Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek), yang secara terpisah dikonfirmasi Timor Express, Rabu (16/12) juga menyatakan bahwa jajarannya melakukan pengawalan saat Panitia Pilkades mendistribusikan logistik.

Ketiga Kapolsek tersebut adalah, Kapolsek Rote Timur, IPDA Daniel Bessie, Kapolsek Rote Barat, Marfilson Petrus, dan Kapolsek Rote Barat Daya, IPDA Jack Bessie.

Menurut Kapolsek Daniel, distribusi logistik ke Desa Tenalai, Kecamatan Landu Leko, dilakukan Rabu (16/12) pada pukul 11.00 Wita, melalui pelabuhan Papela. Pendistribusian logistik ini dikawal dua anggota Polsek, dan dua anggota TNI.

“Ia, sudah diseberangkan ke Desa Tenalai. Ada dua anggota kami, juga anggota TNI yang mengawal,” kata IPDA Daniel Bessie.

Hal yang sama (pengawalan) juga dilakukan saat logistik Pilkades diseberangkan ke desa kepulauan di dua kecamatan lainnya. Dan pengawalan akan berlangsung hingga berakhirnya masa pemungutan suara.

“Pengawalan dari DPMD oleh anggota Polres, kami menerima dan melanjutkan pengawalan ke desa hingga selesai Pilkades,” kata Kapolsek Rote Barat Daya, IPDA Jack Bessie dan Kapolsek Rote Barat, Marfilson Petrus. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top