Dinas PUPR Matim: Pembangunan 2 Crossway di Jalur So-Wae Care Tuntas | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dinas PUPR Matim: Pembangunan 2 Crossway di Jalur So-Wae Care Tuntas


SIAP DILINTASI. Bangunan crossway di kali Pina Rangkat, Desa Bea Ngencung, Kabupaten Matim yang sudah tuntas dibangun oleh Dinas PUPR Matim. (FOTO: FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dinas PUPR Matim: Pembangunan 2 Crossway di Jalur So-Wae Care Tuntas


BORONG, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Manggarai Timur (Matim), perlahan namun pasti menjawab kebutuhan warga dari sejumlah desa di sebelah selatan kali Wae Musur, Kecamatan Rana Mese. Hal Itu dibuktikan dengan selesainya pembangunan dua crossway di jalur Sok-Wae Care oleh Dinas PUPR Matim.

Bupati Matim, Agas Andreas mengatakan, sudah lama warga merindukan di jalur tersebut, tepatnya di kali Wae Musur Hilir, dibangun jembatan. Namun untuk bangun jembatan, perlu anggaran yang cukup besar. Solusinya, agar akses lalu lintas di jalur itu tidak ada hambatan, pemerintah membangun crossway.

“Kita sudah mulai bangun crossway di kali Wae Musur Hilir. Tinggal sekira dua titik yang belum dibangun. Kalau kita bangun jembatan, itu biayanya besar. Sehingga kita pilih dengan bangun crossway,” jelas Bupati Agas di Borong, Jumat (11/12).

Menurut Bupati Agas, pembangunan crossway di kali Wae Musur Hilir bertujuan melancarkan arus transportasi di jalur itu. Juga meminimalisir ancaman bahaya bagi para pelintas yang harus menyeberang kali itu.

“Sudah ada sekian banyak crossway yang dibangun di Matim. Bangun jembatan atau crossway, manfaatnya sama. Bangun crossway, agar akses di jalur Sok-Wae Care tidak ada hambatan dengan risiko keamanan saat menyeberang di kali. Apalagi bagian hilir Wae Musur ini, lebar dan ada sekira tiga titik aliran kali yang harus dibangun crossway,” ungkapnya.

Sementara Kepala Dinas PUPR Matim, Yos Marto, melalui Kepala Bidang Bina Marga, Ima Raydais kepada TIMEXKUPANG.com menjelaskan, untuk jalur Sok-Wae Care, sudah ada dua crossway yang dibangun. Termasuk tahun 2020, pihaknya telah selesai satu bangun crossway di kali Pina Rangkat, Desa Bea Ngencung.

“Tahun 2020, kita ada bangun satu crossway di jalur Sok-Wae Care, tepatnya di kali Pina Rangkat. Panjangnya 40 meter dan lebar 6 meter. Dibangunan dengan Dana DAU sebesar Rp 150 juta. Dikerjakan secara swakelola,” jelas Ima.

BACA JUGA: Peringati Harbak, Dinas PUPR Matim Bangun Crossway di Kali Wae Musur Hilir

BACA JUGA: Pemkab Matim Siapkan DAK Rp 8 M, Kerjakan Jalan Sok-Wae Care

Pengerjaan bangunan crossway di kali Pina Rangkat itu, lanjut Ima, sudah tuntas dan sudah bisa dimanfaatkan. Sehingga masyarakat, khususnya anak-anak sekolah yang hendak pergi dan pulang sekolah, terjamin keamanannya saat melintas di kali tersebut.

“Saat dinas PUPR Matim merayakan HUT PUPR ke-75 pada 3 Desember 2020, kami merayakan secara sederhana bersama dengan Bupati Agas di lokasi bangunan crossway Pina Rangkat. Tahun 2019 lalu, kita sudah selesai bangun satu crossway di titik pertama kali Wae Laku,” beber Ima.

Ima menyebutkan, masih ada satu titik aliran kali Wae Musur bagian hilir, yang panjang mencapai 180 meter. Pada titik tersebut, pihaknya belum membangun crossway. Tentu itu menjadi perhatian ke depan untuk dibangun.
Ima menegaskan, bangunan crossway itu dikerjakan dengan memperhatikan betul soal mutunya. Ini sudah ada bukti beberapa crossway yang telah dibangun di sejumlah wilayah Matim sangat baik mutu pekerjaannya.

Ima mencontohkan pembangunan crossway di Wae Musur bagian tengah, tepatnya di bagian Barat kampung Golo Mongkok, Desa Watu Mori, Kecamatan Rana Mese. Crossway tersebut dibangun pada tahun 2017 silam dengan panjang sekira 20-an meter dan hasilnya sampai hari ini masih kokoh dan bertahan lama.

“Tahun 2020 ini, saat pandemi Covid-19, kita ada bangun dua crossway untuk Matim. Selain di kali Pina Rangkat, juga di Wae Gera, kecamatan Kota Komba. Kita bangun crossway ini untuk memudahkan akses warga melintas dan menjawabi kebutuhan warga,” ungkapnya.

Warga Desa Bea Ngencung, Kecamatan Rana Mese, Mariana Nanu, kepada TIMEXKUPANG.com menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Matim, khususnya Dinas PUPR Matim yang telah merealisasikan harapan masyarakat. Khususnya masyarakat sebelah barat kali Wae Musur, dimana telah dibangun dua crossway di jalur Sok-Wae Care.

“Sekarang anak sekolah, sudah aman saat melintas di kali Pina Rangkat, karena telah dibangun crossway. Juga pemerintah sudah bangun satu crossway di bagian hilir kali Wae Musur. Tinggal ada berapa titik yang belum dibangun, dan ini yang menjadi harapan kami untuk dibangun di tahun mendatang. Sehingga akses di jalur itu lancar,” harap Mariana. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top