DWP Manggarai Rayakan HUT Bersama Anak Panti Asuhan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

DWP Manggarai Rayakan HUT Bersama Anak Panti Asuhan


BERI SUAPAN. Sekda Manggarai, Fansi Jahang (kiri) menyuap kue HUT DWP Manggarai kepada salah seorang anak panti asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca pada puncak HUT organisasi dharma wanita itu, kemarin (15/12). (FANSI RUNGGAT/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

DWP Manggarai Rayakan HUT Bersama Anak Panti Asuhan


RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Manggarai merayakan puncak hari jadi ke-21 bersama anak Panti Asuhan Yayasan Sesamamu Wae Peca, Desa Lalong, Kecamatan Wae Ri’i, Selasa (15/12).

Perayan HUT DWP tahun 2020 itu diawali dengan misa syukur di Kapela Yayasan Sesamamu Wae Peca. Misa itu dipimpin Pater Yakobus Modo, Ketua Yayasan Sesamamu Wae Peca, dan Romo Bone Rampung, salah satu dosen Universitas Katolik Indonesia St. Paulus Ruteng.

Misa dihadiri Ketua DWP Manggarai, Yustina Jahang, Sekertaris DWP, Etik Empang, seluruh pengurus DWP Manggarai dan penghuni panti asuhan. Usai misa dilanjutkan dengan resepsi sederhana dan pemotongan kue ulang tahun tingkat DWP Manggarai, di aula Yayasan Sesamamu Wae Peca.

Saat itu hadir Sekda Manggarai, Fansi Jahang, Asisten Frans Kakang, Kadis P2KB Manggarai, Sil Hadir, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Manggarai, Lody Moa, sejumlah pejabat lainnya dan ASN Setda Manggarai. Acaranya dipandu Sekertaris DWP, Etik Empang.

Ketua DWP Manggari, Yustina Jahang, saat membaca sambutan Ketua Umum DWP, Erni Tjahyo Kumolo, mengatakan, HUT ke-21 DWP kali ini mengusung tema “Peran DWP dalam Pemberdayaan Perempuan di Era Digital untuk Mendukung Terwujudnya Ketahanan Keluarga Indonesia.”

Menurut Yustina, tema itu menjadi catatan kritis dan implentatif DWP dalam mengeksekusi program-program kerja ke depan. Terutama dalam menyiapkan SDM DWP yang berkompeten dan berdaya saing global, sebagaimana dalam misi organisasi.

Selain itu, lanjut Yustina, tema itu sebagai upaya merefleksi hampir satu tahun kepengurusan, setelah pengukuhan pada Februari 2020 lalu. Sesudah itu diikuti adanya pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, hingga membuat kegiatan organisasi ikut terganggu.

Namun disisi lain, ungkap Yustina, ada hikmah luar biasa bagi semua, karena kemajuan teknologi menjadi penyelamat bagi semua untuk tetap beraktifitas dan berorganisasi serta beradaptasi dengan keadaan kehidupan normal baru atau adaptasi kebiasaan baru. Dimana hampir semua kegiatan dilaksanakan dengan mekanisme online.

BACA JUGA: Dukung Pemerintah Cegah Korona, DWP Manggarai Produksi Masker, Ini Harapan Deno Kamelus

Menurut Yustina, organisasi DWP memosisikan diri sebagai mitra strategis pemerintah. Hal itu sangat jelas dari rencana strategis DWP dan implementasi program-program kerjanya di tiga bidang utama kegiatan DWP, yakni bidang pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya yang mengacu kepada rencana aksi nasional yang ditetapkan pemerintah.

Menghadapi pandemi Covid-19, demikian Yustina, DWP berusaha melaksanakan program kerjanya yang berorientasi pada ketahanan keluarga anggota DWP. Dampak Covid-19 dapat membuat perempuan kian rentan untuk mengalami keterpurukan dan ketimpangan gender semakin tajam, terlebih pada sosial ekonomi.

“Upaya perlindungan perempuan dan penguatan ekonomi pemberdayaan perempuan sangatlah penting dilakukan, diantaranya dengan memaksimalkan potensi perempuan untuk menggerakan roda perekonomian khususnya di era digital saat ini,” kata Yustina.

Dikatakanya, perempuan memiliki potensi dan berperan sangat besar dalam pembangunan nasional, khususnya di bidang ekonomi. Hal itu dapat tercapai jika potensi tersebut dapat dimanfaatkan secara maksimal. Sehingga menjadi tugas dan DWP untuk dapat memberdayakan perempuan, mendorong pelaku usaha perempuan agar dapat terus berinovasi.

Sekda Manggarai sekaligus Penasihat DWP Manggarai, Fansi Jahang, dalam kesempatan itu mengatakan, HUT ke-21 DWP merupakan usia yang sudah cukup dewasa. Sehingga patut disyukuri karena DWP masih eksis.

DWP di Manggarai, kata Fansi, masih begitu semangat untuk selenggarakan program kerjanya. Serta anggota dan kepengurusan DWP masih begitu banyak yang aktif.

“Saya melihat kegiatan DWP ini berjalan terus dan tidak terpengaruh dengan hasil Pilkada. Organisasi  berjalan dengan baik. Begitu aktif melaksanakan kegiatan. Kita semua bersyukur, DWP ini masih eksis dan tetap semangat melaksanakan tugasnya, meski tahun ini dilanda pandemi Covid-19,” kata Sekda Fansi.

Menurut dia, usia DWP yang ke-21 tentu dijadikan bahan refleksi dari ketua dan seluruh pengurusnya. Serta dari seluruh perangkat daerah. Refleksinya, apa saja yang telah diberikan dan dibuat. Tugas semuanya adalah evaluasi internal. Diakui bahwa selama ini DWP telah mendukung penuh RPJMD Pemerintah.

“DWP telah mendukung program pemerintah. Kami berharap DWP tetap eksis dan terus jalankan tugas serta kewajiban sesuai amanah anggaran dasar organisasi. Pemda Manggarai tentu sangat mendukung program dan kegiatan yang dilaksanakan DWP. Tahun 2021, Pemda alokasi anggaran untuk kegiatan DWP sebesar Rp 150 juta,” ungkap Sekda Fansi. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

Populer

To Top