Polres Ronda Siap Amankan Pilkades, Bakal Terapkan TFG | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Polres Ronda Siap Amankan Pilkades, Bakal Terapkan TFG


Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto, S.IK, M.Si. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Polres Ronda Siap Amankan Pilkades, Bakal Terapkan TFG


Dalmas dan Satuan Brimob Polda NTT Siap Bantu

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao (Ronda), siap mengamankan jalannya proses Pemilihan Kepala Desa (Pilkades), yang akan digelar Sabtu (19/12). Dalam mengamankan perhelatan Pilkades itu, Polres Rote Ndao bakal menerapkan Tactical Floor Game (TFG).

TFG sendiri adalah strategi dari kepolisian untuk menyamakan persepsi dengan seluruh anggota yang bertugas di lapangan terhadap cara bertindak. Sekaligus sebagai kesiapan anggota dalam menghadapi situasi yang tidak terkendali.

Apalagi, dalam situasi pandemi Covid-19, yang bertepatan dengan perhelatan pesta demokrasi berskala desa. Sehingga penerapan TFG, sekaligus untuk memastikan setiap bagian yang terlibat secara komprehensif melakukan penangan Covid-19, di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Apabila ada perubahan situasi kontijensi yang secara cepat di lapangan, kami sudah siap dalam melakukan penanganan dengan tindakan yang terukur,” kata Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto, SIK, M.Si, melalui Kasubag Humas, AIPTU Anam Nurcahyo, S.IP, saat dikonfirmasi Timor Express, Kamis (17/12).

Apa yang disampaikan itu, kata Anam, merupakan penegasan langsung Kapolres Ronda ketika bertindak sebagai inspektur upacara kesiap-siagaan personil dalam rangka pengamanan Pilkades Ronda, di lapangan Mako Polres, Sabtu (12/12) lalu.

Saat itu, kata Anam, Kapolres Felli juga menyampaikan beberapa pesan penting kepada anggotanya dalam melakukan pengamanan. Bahkan yang paling utama adalah mengantisipasi adanya gangguan Kamtibmas.

“Siapkan mental dan juga fisik, dan jangan lupa patuhi protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 saat bertugas,” kutip Anam.

Selanjutnya, lanjut Anam, setiap anggota yang ditugaskan, harus mengetahui secara jelas lokasi TPS, kemudian mempelajari situasi serta potensi kerawanan.

BACA JUGA: Dinas PMD Ronda Distribusi Logistik Pilkades, TNI-Polri Kawal Ketat

Bahkan, dalam melakukan tindakan pun, Kapolres Felli, masih kata Anam, tidak menghendaki yang berlebihan atau ada kesan bertindak arogan. Sebab, menurutnya semua tindakan yang dilakukan didadasari dengan ketentuan yang berlaku. “Pedomani perundang-undangan, dan jangan bertindak arogan,” kata Anam mengutip pesan Kapolres.

Hal tersebut diungkapkan Kapolres, karena dalam setiap hajatan demokrasi memiliki karakteristik tersendiri, yang selanjutnya menimbulkan potensi kerawanan yang khas dan sangat rentan terjadi konflik sosial.

Untuk itu, terhadap setiap tindakan yang dilakukan, Kapolres Felli menekankan, harus benar-benar terukur. Sehingga mampu mencegah dan menekan segala bentuk tindakan yang bersifat anarkis dalam proses Pilkades.

Anam menyebutkan, untuk pengamanan Pilkades ini, Polres Ronda menyiagakan sebanyak 724 personil. Jumlah ini terdiri dari 276 anggota Polres Rote Ndao, 31 anggota Dalmas dan 31 anggota Satuan Brigade Mobil (Brimob) yang di-BKO-kan oleh Polda NTT.

Dari pihak TNI, kata Anam, juga ada aparat TNI Kodim 1627/Rote Ndao. Mereka menyiagakan 110 personil. Kemudian 276 anggota Linmas juga turut dilibatkan dalam pengamanan Pilkades tersebut.

“Saya yakin dan percaya, seluruh personil, mampu melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab dan berdedikasi tinggi. Sehingga Pilkades Rote Ndao bebas dari gangguan Kamtibmas,” kutip Anam lagi.

Turut hadir, dalam kegiatan tersebut, Komandan Distrik Militer (Dandim) 1627/Rote Ndao, Letkol (Inf) Educ Parmadi Eko PB, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Pulau Rote, Letkol laut (P) Anis Latif, S.E., M.Tr.Hanla., M.M, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Rote Ndao, Yames M. K. Therik, SH. (mg32)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top