Semua Paslon Terima Hasil Pleno, David-Eusebius Bakal Mulus Pimpin TTU | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Semua Paslon Terima Hasil Pleno, David-Eusebius Bakal Mulus Pimpin TTU


Komisioner KPU TTU foto bersama PPK dan saksi paslon usai pleno tingkat kabupaten untuk rekapitulasi hasil Pilkada TTU di Balai Biinmafo, Kefamenanu, Rabu (16/12) malam. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

POLITIK

Semua Paslon Terima Hasil Pleno, David-Eusebius Bakal Mulus Pimpin TTU


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar rapat pleno terbuka hasil perhitungan suara pemilihan kepala daerah (Pilkada) tahun 2020 yang digelar di Balai Biinmafo, Kefamenanu, Rabu (16/12) petang.

Rapat pleno terbuka yang dipimpin langsung Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka tersebut berjalan aman dan lancar dengan dihadiri langsung oleh Bawaslu dan saksi dari tiga pasangan calon (paslon) kepala daerah. Menariknya, hasil rapat pleno diterima oleh Bawaslu dan para saksi masing-masing paslon.

Dengan demikian, paslon David Juandi-Eusebius Binsasi (Paket Desa Sejahtera) yang sukses meraih suara mayoritas rakyat TTU dalam pencoblosan pada 9 Desember 2020 lalu bakal mulus memimpin TTU pasca kepemimpinan Raymundus Sau Fernandes-Aloysius Kobes.

Ketua KPU TTU, Paulinus Lape Feka kepada Timor Express usai pleno mengatakan, sesuai jadwal, pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara dilaksanakan dari tanggal 13 – 17 Desember 2020. Namun dalam perjalanan, KPU TTU memutuskan memilih tanggal 16 Desember 2020 untuk melakukan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil Pilkada TTU.

Paulinus menyebutkan, dari hasil pleno tingkat kabupaten tersebut, perolehan suara ketiga paslon saat pleno tingkat kecematan tidak banyak berubah. Paslon Bupati-Wakil Bupati TTU Nomor Urut 3, David Juandi-Eusebius Binsasi (Paket Desa Sejahtera) tetap menjadi pemenang sejak awal hasil perhitungan di tempat pemungutan suara (TPS) dengan total 48.926 suara.

BACA JUGA: Pleno 24 PPK di TTU Rampung, Ini Hasilnya

Sementara suara terbanyak kedua diraih paslon Nomor Urut 1, Kristiana Muki-Yosep Tanu (Paket Kita Sehati) dengan 43.685 suara, dan paslon Nomor Urut 2, Hendrikus Frengky Saunoah-Amandus Nahas (Paket Fresh) menempati urutan ketiga dengan raihan 38.405 suara.

Dengan hasil ini, kata Paulinus, pihaknya akan segera melakukan rapat pleno penetapan calon terpilih. Namun semua tergantung hasil pengumuman buku registrasi perkara di Mahkamah Konstitusi (MK), apakah ada paslon yang mengajukan gugatan sengketa hasil Pilkada atau tidak.

“Setelah pengumuman itu, kita lihat bahwa di KPU bukan merupakan wilayah digugat atau tidak ada gugatan, maka paling lambat lima hari KPU Kabupaten harus melakukan penetapan calon terpilih,” ungkapnya.

Paulinus menjelaskan, waktu yang diberikan kepada para pihak yang merasa dirugikan untuk melakukan gugatan ke MK adalah tiga x 24 jam setelah pleno penetapan rekapitulasi hasil penghitungan suara.

“Jadi mulai dari SK penetapan hari ini (Rabu, 16/12, Red), yang menjadi obyek sengketa adalah SK penetapan rekapitulasi perolehan suara. Kalau tidak ada gugatan maka langsung dilakukan penetapan calon terpilih. Tapi kalau ada gugatan kita undur lagi sampai ada putusan MK. Setelah putusan MK keluar, paling lambat lima hari maka harus ditindaklanjuti,” jelasnya (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya POLITIK

To Top