Terbang Perdana, Citilink Buka Rute Kupang-Ngada 5 Kali Seminggu | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Terbang Perdana, Citilink Buka Rute Kupang-Ngada 5 Kali Seminggu


Crew pesawat Citilink dan rombongan foto bersama Bupati Ngada, Paulus Soliwoa di Bandara Turelelo So'a sesaat setelah pesawat ini mendarat perdana di bandara itu, Kamis (17/12). (FOTO: Saver Bhula/TIMEX)

BISNIS

Terbang Perdana, Citilink Buka Rute Kupang-Ngada 5 Kali Seminggu


Bupati Ngada Sambut Kehadiran Pesawat Citilink di Bandara Turelelo So’a

BAJAWA, TIMEXKUPANG.com-Maskapai penerbangan Citilink membuka rute baru di Nusa Tenggara Timur (NTT), tepatnya Kabupaten Ngada. Pesawat Citilink melakukan penerbangan dari bandara El Tari Kupang dan berhasil mendarat di Bandara Turelelo So’a, Kamis (17/12) siang.

Crew pesawat yang baru tiba di Bandara Turelelo So’a sekira pukul 11.00 Wita itu disambut langsung Bupati Ngada bersama jajaran Forkopimda, dan Kepala Bandara Turelelo.

Kepala Kantor Unit Pengelola Bandar Udara (UPBU) Turelelo So’a, Denny Ariyanto, ST, M.MTr, kepada TIMEX di ruang kerjanya menjelaskan, hari ini merupakan penerbangan pertama pesawat Citilink dari Bandara El Tari Kupang menuju Bandara Turelelo So’a, Kabupaten Ngada.

“Jadwal penerbangan pesawat Citilink ini ke Ngada adalah lima kali seminggu, yakni setiap hari Senin, Selasa, Kamis, Sabtu, dan Minggu. Sedangkan hari Rabu dan Jumat tidak ada penerbangan. Boarding-nya dari Kupang pukul 13.45 Wita dan tiba di Bandara Turelelo So’a Ngada sekitar pukul 14.25 Wita,” ungkap Denny.

Menurut Denny, pesawat ini jenis ATR dengan kapasitas muat mencapai 72 penumpang.

Dengan dibukanya akses penerbangan ini untuk maskapai Citilink, Denny berharap adanya dukungan dari masyarakat Ngada karena dapat meningkatkan perekonomian di daerah, melancarkan kebutuhan masyarakat, memberikan kontribusi positif bagi berbagai sektor lainnya yang mendukung pariwisata Ngada.

Sebagaimana terpantau media ini, kedatangan pesawat Citilink di Bandara Turelelo So’a disambut secara adat. Hal ini dilakukan dengan tujuan meminta persetujuan semua nenek moyang agar kedatangan pesawat Citilink diterima di Bandara Turelelo So’a sekaligus meresmikan pesawat Citilink beroperasi di bandara Turelelo So’a.

Tokoh adat setempat, Agustinus Gili Wale dihadirkan untuk melakukan ritual adat penyambutan penerbangan perdana pesawat ini.

Agustinus menjelaskan bahwa ritual adat ini sering dilakukan oleh masyarakat untuk meminta persetujuan semua nenek moyang. Ritual adat yang dilakukan tadi awalnya potong ayam jantan dan berakhir dengan acara belah kelapa. Dari proses ritual yang dilakukan tadi menunjukan bahwa nenek moyang setuju kedatangan pesawat Citilink di Bandara Turelelo So’a.

Pantuan TIMEX, setelah dilakukan ritual adat sebagai tanda resmi beroperasi pesawat Citilink kembali menuju bandara El Tari Kupang. (*)

Penulis: Saver Bhula

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya BISNIS

To Top