Distanbun TTU Gelar Pelatihan Bersama Babinsa, Sukseskan Program TJPS | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Distanbun TTU Gelar Pelatihan Bersama Babinsa, Sukseskan Program TJPS


PELATIHAN. Babinsa Kodim 1618/TTU bersama PPL Pertanian dan Ketua Kelompok Tani se TTU mengikuti program pelatihan TJPS di Desa Oetalus, Kecamatan Bikomi Selatan, Rabu (16/12). (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Distanbun TTU Gelar Pelatihan Bersama Babinsa, Sukseskan Program TJPS


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Dinas Pertanian dan Perkebunan (Distanbun) Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) menggelar pelatihan bersama Babinsa Kodim 1618/TTU untuk menyukseskan program tanam jagung panen sapi (TJPS) periode Oktober 2020-Maret 2021. Pelatihan itu berlangsung di Desa Oetalus, Kecamatan Bikomi Selatan, Rabu (16/12).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Seksi Serealia Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan NTT, Yeremias Ben Rini, Kepala BPTP NTT, Procula R. Matimaputty, Kepala Distanbun TTU, Goris Ratrigis, Koordinator TJPS TTU, Evan Bana, Bati Ter dan para Babinsa Kodim 1618/TTU, PPL Pertanian dan Ketua Kelompok Tania se-Kabupaten TTU.

Pelatihan ini diawali dengan penyampaian materi oleh Kabid Ketahanan Pangan Provinsi NTT dan penyampaian materi secara teknis oleh kepala BPTP Provinsi NTT. Para peserta pelatihan kemudian melakukan praktik penanaman jagung serta pemupukan. Kegiatan pelatihan program TJPS tersebut berlangsung dengan lancar, aman, dan tertib.

Kepala Distanbun TTU, Gregorius Ratrigis kepada Timor Express, Rabu (16/12) mengatakan, pihaknya terus melakukan berbagai terobosan baru dalam menyukseskan program TJPS di TTU.

Salah satu terobosan baru yakni Distanbun TTU melakukan pelatihan bersama Babinsa Kodim 1618/TTU guna melakukan pendampingan di wilayah binaan masing-masing.

BACA JUGA: Distan dan Kodim 1618/TTU Kerja Sama Sukseskan Program TJPS

BACA JUGA: Kodim 1618/TTU Kembangkan Jagung Hibrida, Dukung Program TJPS Gubernur NTT

“Kita gandeng Babinsa untuk bisa dampingi setiap kelompok tani yang ada di wilayah binaan masing-masing Babinsa guna menyukseskan program TJPS di TTU,” ungkap Ratrigis.

Dandim 1618/TTU, Letkol Arm. Roni Junaidi ketika dikonfirmasi media ini, Rabu (16/12) membenarkan pihaknya mengikuti pelatihan dalam rangka Program TJPS yang merupakan salah satu program unggulan Pemprov NTT.

Pelatihan tersebut melibatkan 20 orang Babinsa dan para penyuluh serta ketua kelompok tani dari masing-masing kecamatan.

Setelah pelatihan tersebut, kata Roni, para peserta sudah bisa memulai pendampingan untuk pengolahan lahan pada masa tanam kedua yakni periode Oktober 2020-Maret 2021. Seluruh materi yang disampaikan dalam pelatihan tersebut akan sangat membantu pelaksanaan pendampingan program TJPS di lapangan oleh para Babinsa Kodim 1618/TTU, PPL Pertanian, dan kelompok tani.

“Diharapkan nanti di periode Oktober Maret, di masa tanam yang kedua ini sudah bisa dimulai pengolahan lahan di bulan Desember. Jadi sudah dimulai kegiatan pendampingan dalam rangka program TJPS dari provinsi,” pungkasnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top