Pilkades Ronda: 92 TPS Masuk Kategori Rawan Tinggi, 10 TPS Aman | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Pilkades Ronda: 92 TPS Masuk Kategori Rawan Tinggi, 10 TPS Aman


CEK TPS. Panitia Pilkades tingkat Kecamatan Ndao Nuse, yang dipimpin langsung Camat Yusuf O. Fiah mengecek kesiapan di TPS 01, Desa Mbali Lende Iki, Jumat (18/12). TPS ini menggunakan gedung SDN Holomanu. (FOTO: Max Saleky/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Pilkades Ronda: 92 TPS Masuk Kategori Rawan Tinggi, 10 TPS Aman


Listrik Padam Ganggu Persiapan Panitia

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

BA’A, TIMEXKUPANG.com-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rote Ndao bakal menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak Sabtu (19/12) besok.

Berdasarkan data, sebanyak 10 dari 136 Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pilkades serentak di Rote Ndao masuk dalam kategori aman. Jumlah ini (TPS aman) hanya terdapat di dua dari 9 kecamatan penyelenggara Pilkades serentak 2020.

Kategori ini berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan oleh intelejen Kepolisian Resor (Polres) Rote Ndao. Kategori ini dipetakan sesuai potensi konflik dengan tingkat kerawanan masing-masing TPS.

Adapun beberapa kategori yang berhasil dipetakan Polres Rote Ndao, adalah mulai dari TPS aman, rawan satu, dan rawan dua. Dimana, dari total 136 TPS, hanya 10 TPS diantaranya dengan tingkat kerawanan sangat rendah (aman).

Jumlah TPS aman tersebut, hanya terdapat di dua dari 9 wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Lobalain dan Rote Tengah. Dan paling banyak TPS aman berada di Kecamatan Lobalain.

“Dua wilayah Kecamatan terkategori aman. Tapi paling banyak di Lobalain, baru Rote Tengah,” kata Kapolres Rote Ndao, AKBP Felli Hermanto, S.IK, M.Si, melalui Kasubag Humas, AIPTU Anam Nurcahyo, S.IP saat dikonfirmasi Timor Express, Jumat (18/12).

Menurut Anam, jumlah paling sedikit di Kecamatan Rote Tengah, karena hanya 2 desa yang menyelenggarakan Pilkades. Namun, Anam, tidak secara gamblang menyebutkan TPS yang dimaksudkan.

“Itu hasil pemetaan yang dilakukan intelejen. Dari nformasi tersebut, selanjutnya disiapkan langkah antisipasi, mencegah terjadinya konflik,” kata Anam.

Untuk TPS dengan tingkat kerawanan sangat tinggi, berjumlah 92 TPS. Jumlah lainya, yaitu 34 TPS masuk kategori cukup rawan.

Demi memastikan kesiapan TPS pada pelaksanaan pencoblosan, Jumat (18/12), Camat Ndao Nuse, Yusuf O. Fiah, SH, didampingi Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Pilkades Ndao, IPDA Esbon Toelle, dan Bhabinsa, Sertu Herman Muskananfola, melakukan pemantauan ke semua TPS di wilayah itu.

BACA JUGA: Dinas PMD Ronda Distribusi Logistik Pilkades, TNI-Polri Kawal Ketat

Prev1 of 2
Use your ← → (arrow) keys to browse

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top