Dukung Usaha Tani, Anggota DPRD TTS Sumbang Pompa Air untuk Poktan Desa Tublopo | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Dukung Usaha Tani, Anggota DPRD TTS Sumbang Pompa Air untuk Poktan Desa Tublopo


RESMIKAN. Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun dan Forkopimda saat melakukan peresmian pompa air di Desa Tublopo, Kecematan Amanuban Barat, Selasa (22/12). (FOTO: INTHO HERISON TIHU/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Dukung Usaha Tani, Anggota DPRD TTS Sumbang Pompa Air untuk Poktan Desa Tublopo


SOE, TIMEXKUPANG.com-Potensi pertanian di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) sangat menjanjikan untuk para petani meningkatkan ekonomi keluarga. Meski demikian, banyak persoalan yang ditemui petani. Mulai dari persiapan lahan hingga pasokan air untuk mengairi tanaman.

Melihat kondisi ini, anggota DPRD TTS dari Partai Demokrat, Yudi Arifus Selan berusaha menjawab pergumulan para petani dengan menghadirkan air bersih. Air yang mampu mengairi lahan seluas 20 hektar itu, diwujudkan sebagai kado Natal untuk petani di daerah pemilihannya (Dapil).

Air yang disedot menggunakan pompa air itu diresmikan penggunaannya oleh Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun bertempat di Taman Bunga dan Taman Payung Kelompok Pemuda Pemuda Demokrat Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Barat, Selasa (22/12). Hadir saat itu unsur Fokopimda TTS dan para pimpinan perangkat daerah

Yudi Selan pada kesempatan tersebut kepada TIMEXKUPANG.com menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu menyediakan alat dan lahan.

Dikatakan, kesuksesnya menjawab kebutuhan petani itu tidak terlepas dari dukungan serta suport dari pemuda dan para petani di Desa Tublopo. “Ini kita keluarga memberikan bantuan sebagai kado Natal untuk masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai wujud sukacita, ia dan para pemuda Demokrat menggelar syukuran bersama kelompok Tani (Poktan) Kasih dan Nim Are, Desa Tublopo, Kecamatan Amanuban Barat karena sudah memperoleh air.

Yudi memasang pompa air dan jaringan pipa air untuk memenuhi kebutuhan air irigasi di lahan milik kedua poktan tersebut.

Pompa air dipasang di kali Net Besi guna memompa air ke ketinggian kurang lebih 10 meter dan ditampung di bak penampungan. Dari bak penampungan, air kemudian dialirkan ke lahan pertanian masyarakat.

Yudi menyebutkan, kehadiran Forkopimda dan anggota DPRD TTS merupakan wujud dukungan kepada para petani agar lebih bersemangat dalam mengelola lahan pertanian pasca pemasangan pompa air.

“Ini kado Natal untuk Kelompok Tani Kasih dan Nim Are dari saya dan keluarga. Saya berharap pompa air yang sudah terpasang bisa dipelihara dan dimanfaatkan untuk memenuhi air irigasi yang nantinya akan berdampak pada peningkatan ekonomi para petani,” ungkapnya.

Yudi juga mengaku upaya tersebut merupakan tindaklanjut dari instruksi Ketua DPP Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, dimana para kader diinstruksikan untuk mendampingi poktan dan kelompok UKM.

“Kami di Partai Demokrat memang ada instruksi untuk mendampingi kelompok tani dan kelompok UKM agar bisa mandiri dan kuat,” ujarnya.

Bupati TTS, Egusem Pieter Tahun meminta kepada kedua kelompok tani agar memanfaatkan dengan baik pompa air yang sudah dipasang Yudi Selan. Keberadaan pompa air diharapkan nantinya akan meningkatkan hasil panen para petani.

“Manfaatkan dengan baik pompa air ini sehingga hasil panen bisa terus meningkat. Jaga dan pelihara dengan baik pompa dan jaringan pipa yang sudah terpasang,” pesan Bupati yang akrab disapa Epy Tahun ini. (mg29)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top