14 Anggota Brimob Positif Covid-19, Sekda Manggarai: Dirawat di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

14 Anggota Brimob Positif Covid-19, Sekda Manggarai: Dirawat di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal


Sekda Manggarai, Fansi Jahang. (FOTO: ISTIMEWA)

KABAR FLOBAMORATA

14 Anggota Brimob Positif Covid-19, Sekda Manggarai: Dirawat di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal


Total Pasien Korona di Manggarai 88 Orang, 1 Meninggal

RUTENG, TIMEXKUPANG.com-Jumlah kasus baru terkonfirmasi positif virus korona (Covid-19) di Kabupaten Manggarai terus bertambah. Data terbaru per 22 Desember 2020, secara kumulatif jumlah pasien positif Covid-19 di wilayah itu sudah mencapai 88 orang.

“Ada penambahan 15 orang terkonfirmasi positif korona di Manggarai. Dari jumlah ini, sebanyak 14 orang diantaranya itu anggota Brimob. Satu orang itu pegawai pajak,” ujar Sekda Manggarai, Fansi Jahang, kepada media ini di Ruteng, Selasa (23/12).

Menurut dia, ke-14 anggota Brimob itu merupakan pelaku perjalanan dari Jakarta. Sementara satu orang pegawai pajak, pelaku perjalanan dari Mataram. Dengan bertambahnya 15 kasus baru, maka saat ini ada sebanyak 17 orang berstatus pasien Covid-19 di Manggarai. “Mereka sedang menjalani perawatan intensif petugas kesehatan,” jelasnya.

Fansi Jahang menyebutkan, 17 pasien positif Covid-19 itu dirawat di dua lokasi, yakni di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal, dan di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng. Khusus untuk 14 anggota Brimob dan 1 orang pegawai pajak, semuanya diisolasi di Wisma Atlet Stadion Golo Dukal.

“Di sana mereka ditangani intensif sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kalau dua orang yang diisolasi dan dirawat di RSUD dr. Ben Mboi Ruteng itu, memang sejak awal telah masuk rumah sakit. Sementara 15 orang, langsung masuk perawatan terpadu karena hasil laboratoriumnya baru diterima Satgas Penanganan Covid-19 Manggarai,” urai Fansi.

BACA JUGA: Manggarai Bertambah 14 Kasus Covid-19, Terbanyak Anggota TNI Klaster Denpasar

BACA JUGA: Satu Pasien Covid-19 Meninggal di Manggarai

Menurut dia, perawatan pada dua tempat berbeda itu tidak mengurangi nilai pelayanan untuk para pasien Covid-19 Manggarai. Pemkab Manggarai tentu benar-benar melayani pasien terkonfirmasi dengan sungguh dan menjamin segala hal yang dibutuhkan. Sementara pasien korona lain yang selama ini rawat di Wisma Atlet Golo Dukal, semuanya telah dinyatakan sembuh.

“Akhir pekan lalu, swab tiga orang yang selama ini menjalani perawatan intensif di Wisma Atlet itu, hasilnya negatif dan telah dipulangkan. Secara kumulatif, jumlah pasien korona di Manggarai 88 orang. Dimana 70 dinyatakan sembuh, 17 masih dalam perawatan, dan satu meninggal dunia,” beber Sekda Fansi.

Sekda Fansi menambahkan, Pemkab Manggarai melalui Tim Satuan Tugas Covid-19 telah bergerak cepat, dan terus menurus melakukan giat pengendalian dan pencegahan. Antara lain, melakukan health education, penelusuran kontak kasus, screening, pemeriksaan rapid test, serta pengambilan sampel Swab dari warga masyarakat yang pernah melakukan kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

Sekda mengharapkan peran aktif seluruh komponen masyarakat, agar terus meningkatkan kesadaran dan tanggung jawabnya, untuk mematuhi protokol kesehatan dengan wajib memakai masker, wajib cuci tangan pakai sabun di air mengalir, wajib menjaga jarak dan hindari kerumunan. Bagi pelaku perjalanan, lanjut Fansi, wajib melakukan isolasi secara mandiri selama 14 Hari, wajib rapid test, dan swab test.

“Kepedulian, kesadaran, kewaspadaan, kepatuhan, dan disiplin menerapkan protokol kesehatan, serta mengikuti pola hidup bersih dan sehat demi masyarakat Kabupaten Manggarai yang bebas dari Covid-19 adalah tanggung jawab kita bersama,” pungkasnya. (Krf3)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top