Kapolda NTT dan Kadiv Hubinter Polri Pantau Pos Pengamanan Nataru | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kapolda NTT dan Kadiv Hubinter Polri Pantau Pos Pengamanan Nataru


PANTAU. Tampak Kapolda NTT Irjen. Drs. Lotharia Latif bersama Katim Supervisi Ops Lilin Kadivhubinter Polri Irjen Pol. Jhoni Asadoma, sementara berdialog dengan para penumpang di Pelabuhan Tenau Kupang, Kamis (24/12). (FOTO: IMRAN LIARIAN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Kapolda NTT dan Kadiv Hubinter Polri Pantau Pos Pengamanan Nataru


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Demi memastikan kesiapan pengamanan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru (Nataru) 2021, Kapolda NTT, Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, SH., M.Hum, bersama Katim Supervisi Ops Lilin yang juga Kadivhubinter Polri, Irjen Pol. Drs. Jhoni Asadoma, M.Hum, mengecek langsung kesiapan pengamanan Nataru disejumlah titik di Kota Kupang, kemarin (24/12).

Hadir juga tim supervisi Ops Lilin Kombes Pol. Rivai Sinambela dan Kabidhumas Polda NTT Kombes Pol. Johannes Bangun, S.Sos., SIK., serta Kapolres Kupang Kota, AKBP Satrya P. P. T. Binti, SIK.

Pejabat kepolisian ini memantau situasi Kamtibmas pada pelaksanaan perayaan Nataru di beberapa titik di Kota Kupang, yakni gereja, Pelabuhan Tenau, Bandara El Tari, tempat wisata dan pusat perbelanjaan.

Kapolda NTT, Irjen Pol Lotharia Latif mengatakan kepada media ini disela-sela memantau aktivitas pengamanan di Pelabuhan Tenau Kupang, mengaku bahwa sejauh ini situasi di pelabuhan masih berjalan baik.

Kendati demikian ada beberapa yang ditekankan tentang penerapan protokol kesehatan Covid-19. Kemudian kesiapan dari sarana prasarana kapal pengangkut penumpang.

“Saya tekankan kepada Kapolres untuk bersinergi dengan teman-teman TNI untuk terus melakukan pengawasan, baik pengawasan terhadap orang, pengawas transportasi dan lain sebagainya. Mengingat kondisi cuaca saat ini intensitas hujan tinggi dan perlu diantisipasi,” ujarnya.

Prinsipnya, pengamanan di pelabuhan juga sudah tertata secara baik, inilah yang harus terus dijaga dengan baik sampai tahun baru 2021. “Harapan kita kondisi seperti ini terus dijaga sampai Tahu Baru 2021,” harapnya.

Untuk diketahui, pengamanan perayaan Nataru tahun ini, Polda NTT menyiapkan kekuatan personel 3.904 orang. Terdiri dari personil Polri sebanyak 1.428 orang, Instansi terkait 2.476 orang (wilayah NTT). Khusus wilayah Kota Kupang jumlah gereja 154.

Untuk wilayah Kota Kupang diperkuat 338 personel terdiri dari Polda 218 dan Polres Kupang Kota 120 orang personel.

Pos Pengamanan Gereja di wilayah Kota Kupang berjumlah 7 titik dengan kekuatan 79 orang personel Pam yang terdiri dari 70 personel Polri ditambah 3 orang personel TNI serta 3 pegawai Dinas Perhubungan dan 3 anggota Satpol PP.

“Potensi kerawanan di NTT ini adalah berkumpulnya massa di masa pandemik Covid-19. Kami sudah melakukan koordinasi untuk palaksanaan misa Natal dilakukan tiga sampai dengan 4 kali sehari dan waktu pelaksanaan dikurangi yang bisanya 2 jam menjadi 1 jam,” jelas Kapolda NTT.

Dalam aktivitas pemantauan di Pelabuhan Tenau Kupang, Kapolda dan Kadiv Hubinter Polri juga memantau pos pengamanan dan berdialog dengan anggota TNI dan Polri yang bertugas di pos itu. Kepada petugas di pos pengamanan, Kapolda menyerahkan bingkisan natal.

Kapolda Irjen Latif sempat menyambangi para penumpang untuk sekadar menanyakan tentang pelayanan yang ada di Pelabuhan. Dalam kesempatan itu, Kapolda NTT juga mengimbau kepada para penumpang yang hendak menaiki Kapal Express Cantika 77 tujuan Kalabahi, Kabupaten Alor untuk tetap menaati protokol kesehatan Covid-19.

Hendrikus Anung, 24, salah satu penumpang Kapal Express Cantika 77 tujuan Kalabahi mengaku ingin pulang liburan Natal bersama keluarga. Dia mengaku sistem pelayanan di Pelabuhan Tenau Kupang sangat baik dan menerapkan protokol kesehatan Covid-19. (mg22)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top