Resmi Jabat Sekda Sikka, Ini 3 Fokus Jangka Pendek Afrin Parera | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Resmi Jabat Sekda Sikka, Ini 3 Fokus Jangka Pendek Afrin Parera


SEREMONI PELANTIKAN. Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo (kanan) saat melantik dan mengambil sumpah Adrianus Firminus Parera sebagai Sekda Sikka definitif bertempat di aula SCC Maumere, Rabu (23/12). (FOTO: KAREL PANDU/TIMEX)

PEMERINTAHAN

Resmi Jabat Sekda Sikka, Ini 3 Fokus Jangka Pendek Afrin Parera


MAUMERE, TIMEXKUPANG.com-Setelah menunggu sekian lama, akhirnya jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) definitif Kabupaten Sikka diemban Adrianus Firminus Parera. Adrianus dilantik Bupati Sikka, Fransiskus Roberto Diogo menggantikan penjabat sebelumnya, Wihelmus Serilus. Acara pelantikan itu berlangsung di Sikka Convention Center (SCC), Rabu (23/12).

Sebagaimana disaksikan media ini, Rabu (23/12) petang, usai pelantikan Wihelmus Serilus langsung menyerahkan kunci mobil kepada Sekda yang baru, Adrianus Parera bertempat di halaman SCC Maumere.

Adrianus Parera usai pelantikan kepada awak media menyatakan akan mengembalikan peran Sekda yang selama ini terkesan hanya sebatas simbolik semata. “Hanya sebatas administratif bahkan sebagai receptionis semata,” ungkap birokrat yang akrab disapa Afrin.

Setelah pelantikan ini, kata Afrin, kerja jangka pendek yang akan ia fokuskan adalah 3R, yakni revitalisasi, reorganisasi, dan reorientasi.

“Dalam waktu dekat saya akan menghidupkan kembali peran Sekda yang selama ini hanya sebatas simbolik, administrasi atau bahkan hanya sebatas receptionis semata. Saya akan berperan sebagai advisor atau pemberi masukan kepada bupati,” tandas Afrin.

Afrin menambahkan, sebagai Sekda, ia akan berusaha menjalankan perannya sebagai pemberi masukan, pemberi saran, juga advokasi atau edukasi kepada bupati sebelum mengambil keputusan.

Terkait reorganisasi, Afrin menjelaskan bahwa struktur di Sekretariat Daerah harusnya memberikan gambaran perangkat daerah. Kalau bupati meneruskan suatu kebijakan, tidak bisa langsung ke dinas. Karena itu orang yang ada dalam sekretariat daerah itu, berpikirnya harus lebih hebat dari kepala dinas.

“Semua kebijakan bupati tidak langsung ke dinas, sebenarnya orang yang ada di sekretariat daerah itu cara berpikirnya harus di atas rata rata, harus lebih dari kepala dinas,” urai Afrin.

Sementara terkait reoreantasi, Afrin melihat bahwa perlu dilakukan perubahan tugas-tugas tambahan. Afrin mencontohkan, Bagian Ekonomi yang mengurus tugas tambahan yakni urusan PDAM. Hal ini menurutnya harus dirubah.

“Untuk reorientasi perlu dilakukan perubahan tugas-tugas. Contohnya dibagian Ekonomi masih mengurus PDAM, ini yang semestinya harus di rubah,” pungkas Afrin.

Terpantau, dalam pelantikan Sekda Sikka di SCC Maumere itu hadir Ketua DPRD, Donatus David, Wakil Ketua DPRD, Yosep Karmianto Eri, Forkopimda Sikka, Penjabat Sekda Sikka, Wihelmus Sirilus, Pansel Calon Sekda, dan pimpinan perangkat daerah. (Kr5)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya PEMERINTAHAN

To Top