Selain 3M, Ini Jurus Menkes-Wamenkes Tekan Lonjakan Kasus Covid-19 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Selain 3M, Ini Jurus Menkes-Wamenkes Tekan Lonjakan Kasus Covid-19


ILUSTRASI. Para pejalan kaki tampak beraktifitas menggunakan masker. Langkah 3M ini harus terus dipatuhi selama pandemi ini belum barakhir. (FOTO: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

NASIONAL

Selain 3M, Ini Jurus Menkes-Wamenkes Tekan Lonjakan Kasus Covid-19


JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Duet Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin dan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes), dr. Dante Saksono Harbuwono berusaha mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 menyambut libur akhir tahun.

Apalagi setelah liburan biasanya tren kasus akan kembali naik. Maka selain mengingatkan disiplin protokol kesehatan, mereka berdua memiliki kiat untuk mencegah lonjakan pasien.

Masyarakat selalu diingatkan untuk wajib memakai masker, mencuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak (3M). Di masa liburan panjang seperti ini, Menkes Budi berpesan agar masyarakat mengusahakan untuk tinggal di rumah dan terus pastikan memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

“Ini yang harus kita lakukan terus untuk pencegahan, jangan sampai nanti sesudah liburan yang indah ini kita bersama keluarga, kemudian ada dari keluarga kita yang terkena,” katanya dalam konferensi pers baru-baru ini.

“Kalau itu disiplin dilakukan, kita semua aman, keluaga aman, dan kita semua melaksanakan liburan juga dengan aman,” lanjutnya.

Wamenkes dr. Dante Saksono Harbuwono menambahkan, kesiapan yang dihadapi menjelang liburan ini adalah salah satu kunci yang paling penting dalam menanggulangi lonjakan kasus.

Menurutnya, lonjakan kasus tidak bisa dihindari, pasti akan ada. Akan tetapi, yang paling penting lagi dalam lonjakan kasus tersebut adalah angka kematian yang tidak boleh makin meningkat.

“Untuk mendapatkan angka kematian yang tidak makin meningkat tersebut, maka kami melakukan kunjungan yang efektif ke RSCM, sehingga semua ketersediaan obat-obatan, fasilitas kesehatan, dan tenaga medis tercukupi,” jelas dr. Dante.

Dokter Dante menyebutkan, sebenarnya komunikasi positif dan edukasi seputar pandemi dengan tidak menakut-nakuti orang, justru membuat orang bisa lebih sadar agar peduli terhadap 3M. Hal itu jauh lebih penting dan lebih baik. “Bagaimana melakukan komunikasi yang positif tadi,” tegasnya. (jpc/jpg)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top