Siaga Bencana, BNPB Tempatkan Helikopter MI-8AMT di Kupang | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Siaga Bencana, BNPB Tempatkan Helikopter MI-8AMT di Kupang


SIAGA BENCANA. Helikopter BNPB jenis MI-8AMT saat landing di Bandara Internasional El Tari Kupang, Jumat (25/12) sekira pukul 16.00 Wita. (FOTO: Instagram Pusdalops NTT)

KABAR FLOBAMORATA

Siaga Bencana, BNPB Tempatkan Helikopter MI-8AMT di Kupang


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjawab permintaan Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat (VBL) dengan menempatkan satu unit helikopter jenis MI-8AMT di Kupang. Helikopter itu telah tiba dan landing di Bandara Internasional El Tari Kupang pada Jumat (25/12) sekira pukul 16.00 Wita.

Kedatangan helikopter MI-8AMT tersebut merupakan tindaklanjut dari instruksi Kepala BNPB, Doni Munardo dalam rangka penguatan sumber daya penanganan siaga darurat bencana banjir, tanah longsor, angin siklon tropis, gelombang pasang, dan abrasi serta bencana lainnya di wilayah NTT.

“Sebagaimana kita ketahui bahwa wilayah Nusa Tenggara Timur merupakan provinsi kepulauan yang sangat rentan terhadap bencana alam sehingga pemerintah perlu menyiapkan langkah strategis dalam penanggulangannya agar dapat meminimalisir segala dampak yang timbul akibat bencana,” demikian keterangan tertulis BNPB dalam instagram Pusdalops NTT

Disebutkan, Gubernur NTT, Viktor Bungtilu Laiskodat telah mengeluarkan Surat Keputusan tentang Keadaan Siaga Darurat Penanganan Bencana Banjir, Tanah Longsor, Angin Siklon Tropis, Gelombang Pasang dan Abrasi di Provinsi NTT serta Surat Permohonan Bantuan Helikopter kepada Kepala BNPB di Jakarta pada Senin (21/12).

Menanggapi Surat Keputusan dan Surat Permohonan Gubernur VBL tersebut, pemerintah pusat melalui BNPB menempatkan satu unit helikopter MI-8AMT di NTT dalam upaya penanganan siaga darurat bencana.

Kehadiran helikopter MI-8AMT tersebut di Bandara El Tari Kupang, Jumat sore (25/12) disambut pejabat dari BPBD NTT, pihak PT. Adonara Investama/PT. Indo Star Aviation, pejabat PT Angkasa Pura Bandara El Tari Kupang, Avsec Bandara El Tari Kupang serta pejabat dari TNI AU Lanud El Tari Kupang.

BNPB mengharapkan, kehadiran helikopter tersebut dapat membantu Pemprov NTT dalam mendukung operasi udara siaga darurat bencana dengan jangka waktu pengoperasiannya terhitung selama masa darurat berlaku sampai dengan adanya instruksi pemberhentian operasi dari BNPB. (*/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top