Kukuhkan Pengurus KORMI NTT, Haryono Isman: Perjuangkan Indonesia Bugar 2020-2025 | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Kukuhkan Pengurus KORMI NTT, Haryono Isman: Perjuangkan Indonesia Bugar 2020-2025


TERIMA PATAKA. Ketua Umum KORMI NTT, Christian Mboeik menerima Pataka KORMI dari Wakil Ketua KORMI Nasional, Adi Sujanto (kanan) dalam acara pelatikan di Hotel Sasando, Selasa (29/12). (FOTO: ISTIMEWA)

SPORT

Kukuhkan Pengurus KORMI NTT, Haryono Isman: Perjuangkan Indonesia Bugar 2020-2025


Labuan Bajo Kandidat Tuan Rumah Rakernas KORMI 2021

KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) Nasional resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus KORMI Provinsi NTT periode 2020-2025 yang diketuai Christian Mboeik.

Seremoni pelatikan Pengurus KORMI NTT 2020-2025 berlangsung di Hotel Sasando, Selasa (29/12) oleh Wakil Ketua KORMI Nasional, Adi Sujatno, dan diikuti secara langsung Ketua KORMI Nasional, Haryono Isman secara virtual.

Hadir dalam pelantikan tersebut, Sekda NTT, Benediktus Poli Maing mewakili Gubernur NTT, Sekretaris KONI NTT, Umbu Saga Anakaka, Kadis Pariwisata serta Kajari Lembata, Ridwan Angsar.

Kehadiran KORMI baik di tingkat nasional maupun di provinsi NTT, diharapkan dapat ikut memperjuangkan Indonesia Bugar 2020-2025 dengan bersinergi dengan Program Pemprov NTT, termasuk ikut mendorong pengembangan sektor pariwisata yang menjadi prime mover di NTT.

Ketua KORMI Nasional, Hayono Isman dalam sambutannya secara virtual mengatakan, Indonesia Bugar 2020-2025 merupakan salah satu keputusan yang diambil dalam Munaslub KONI pada September 2020 lalu. Ini merupakan bentuk semangat olahraga masyarakat untuk menyongsong Peringatan 100 tahun Indonesia, menjadi bangsa yang bugar dan mampu bersaing dengan bangsa lain. “Indonesia Bugar dimulai tahun 2020 ini saat pelantikan KORMI NTT,” kata Haryono Isman.

Ke depan, kata Haryono, KORMI Nasional mengharapkan KORMI NTT dapat bekerja keras sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah dari Tuhan yang maha pengasih.

“NTT kaya potensi alam dan SDM. Banyak tokoh nasional lahir dari NTT dan keindahan alam hanya ada di NTT, satwa langka Komodo dan banyak lagi. Tugas KORMI NTT bagaimana menyukuri itu dengan menggaungkan kesehatan dan kebugaran masyarakat NTT,” ungkapnya.

Indonesia Bugar, lanjut Haryono, adalah wujud komitmen olahraga masyarakat yang berhimpun di KORMI untuk membangun SDM unggul untuk Indonesia Maju.

“SDM unggul tidak cukup diperoleh melalui ilmu pengetahuan, tapi juga dudukung fisik dan mental yang prima, yang bisa didapat melalui olahraga,” terang mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) ini.

Ke depan, kata Hayono, KORMI Nasional berkeyakinan pemerintah akan meningkatkan dukungan anggaran kepada olahraga masyarakat, karena olahraga masyarakat memiliki kekuatan besar untuk preventif dan promotif kesehatan.

“Saya Percaya, provinsi NTT juga akan memberikan dukungan anggaran yang pas bagi KORMI NTT sebagai mitra pemerintah untuk membangun SDM unggul dan maju,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Haryono juga mengungkapkan, terkait Rakernas KORMI 2021, sudah ada permintan dari Provinsi Papua Barat agar Rekernas KORMI diselenggarakan di Raja Ampat.

“Dan saya juga gembira, karena ada pengurus Pengurus KORMI yang meminta Rakernas diadakan di Labuan Bajo. Ini akan jadi pertimbangan serius KORMI Nasional dan di sini akan terlihat peran masyarakat dalam mendukung pariwisata. Tidak salah jika pemerintah menggandeng olahraga masyarakat untuk menghidupkan pariwisata yang dimulai dari wisatawan domestik,” jelasnya.

Pengurus KORMI NTT foto bersama Wakil Ketua KORMI Nasional, Adi Sujatno, Sekda NTT, Ben Polo Maing, Sekum KONI, Umbu Saga Anakaka usai pelantikan. (FOTO: ISTIMEWA)

Ketua KORMI NTT, Christian Mboeik dalam sambutan perdananya mengatakan, menjadi pengurus sebuah organisasi olahraga merupakan sebuah kehormatan, kebanggaan, sekaligus memiliki tanggung jawab yang besar, terutama untuk membesarkan KORMI.

“KORMI merupakan reinkarnasi dari FORMI dan diharapkan ke depan bisa sejajar dengan dengan KONI dan KOI,” terangnya.

Christian mengharapkan agar KORMI NTT jangan hanya menjadi jadi organisasi papan nama, tapi bisa menjadi organisasi yang menyehatkan dan membugarkan masyarakat.

“Buat kegiatan tidak sulit, tapi bagaimana membentuk organisasi yang baik dan nanti kita akan susun program kerja setahun ke depan dengan jelas dan tegas agar organisasi ini bisa eksis di masyarakat,” ungkapnya.

Dengan pengurus yang ada, Christian mengaku tidak ragu karena anatomi pengurus sangat lengkap. Ada mantan atlet, akademisi, pengusaha orang media. Tinggal bagaimana kita boomingkan KORMI ini lewat program dan kegiatan,” katanya.

Yang paling utama menurutnya, pada tahun pertama konsolidasi organisasi di 22 kabupaten/kota se-NTT. “Kebetulan saya di DPRD NTT, dan banyak teman-teman sudah bersedia secara lisan untuk membentuk KORMI di kabupaten/kota,” ucapnya.

Menurut Chris Mboeik, KORMI NTT hadir disaat yang tepat, karena NTT saat ini menjadikan pariwisata sebagai pengerak utama pembangunan di NTT.

“NTT sedang menggaungkan objek pariwsiata dan ini kesempatan bagi KORMI untuk ikut mempromosikan dan menjual pariwisata NTT melalui berbagai kegiatan,” katanya.

Banyak kegiatan olahraga yang bisa menjadi ikon pariwisata. Di AS misalnya, ada Boston Maraton dan lainnya. “Momentum ini kita bisa kerjasama dengan organisasi yang ada untuk ikut membantu menyukseskan program Pemprov untuk membawa NTT keluar dari keterpurukan, menuju NTT bangkit dan sejahtera sesuai visi misi Pemprov NTT,” jelasnya.

Sementara itu, Gubernur NTT dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda Benediktus Polo Maing, mengatakan, olahraga rekreasi sangat digemari, selain untuk kebugaran juga untuk menghilangkan stres.

“KORMI hadir disaat yang tepat dan pelantikan ini tepat waktu. Karena saat ini olahraga rekreasi sangat digandrungi masyarakat,” sebutnya.

Pariwisata menjadi prime mover pembangunan di NTT dan berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk mengembangkan sektor pariwisata, seperti memoles destinasi wisata dari lima aspek, dan membangun tujuh destinasi wisata baru di NTT.

“KORMI NTT punya kesempatan untuk berperan dalam menyehatkan masyarakat dan ikut mendukung pariwisata, karena olahraga rekreasi punya kaitan erat dengan pariwisata. Mendorong pengembangan fasilitas olahraga rekrasi masyarakat dan aspek atraksi dalam majukan pariwisata di NTT,” terangnya.
“Pemerintah yakin, KORMI NTT bisa memainkan peran ini,” pungkasnya.

Usai pelantikan, acara dilanjutkan dengan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) KORMI NTT dipimpin langung Christian Mboeik bersama Sekretaris KORMI NTT, Alosius Min serta Wakil Ketua KORMI Nasional, Adi Sujatno. Dalam Rakerda ini, dibahas berbagai hal, termasuk merumuskan program kerja KORMI NTT. (rum/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya SPORT

To Top