Malam Pergantian Tahun Berjalan Lancar, Kapolri Apresiasi Masyarakat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Malam Pergantian Tahun Berjalan Lancar, Kapolri Apresiasi Masyarakat


Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz (FOTO: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

NASIONAL

Malam Pergantian Tahun Berjalan Lancar, Kapolri Apresiasi Masyarakat


Langit Kota Kupang Dipenuhi Kembang Api

JAKARTA, TIMEXKUPANG.com-Kapolri Jenderal Pol Idham Azis menyambut positif malam pergantian tahun 2020 ke 2021 yang berjalan lancar. Berdasarkan catatannya, momen tersebut dilalui dengam aman dan lancar di seluruh daerah.

Idham menilai tidak ada perayaan besar-besaran tahun ini. Kondisi ini sudah sesuai kebijakan pemerintah termasuk TNI-Polri yang membatasi aktivitas masyarakat karena masih berlangsungnya pandemi Covid-19.

“Kami bersyukur perayaan malam tahun baru di tengah pandemi ini berjalan lancar. Upaya semua pihak untuk menghindari terjadinya perkumpulan massa dalam jumlah besar dapat dikendalikan dengan baik,” ujar Idham dalam keterangan tertulis, Jumat (1/1).

Idham memberikan apresiasi kepada masyarakat yang bijaksana melaksanakan imbauan dari pemerintah agar merayakan tahun baru di rumah saja. Langkah tersebut sangat membantu upaya pemerintah dalam menekan jumlah kasus Covid-19.

“Dengan di rumah saja minimal dapat memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuhnya.

Menurut Idham, meski situasi aman dan kondusif namun personel Polri dan TNI tidak menurunkan kewaspadaan dalam menjaga kamtibmas. “Tetap waspada dan bertugas seperti biasa untuk menjaga keamanan,” pungkasnya.

Sebelumnya, Idham mengeluarkan Maklumat berisi imbauan protokol kesehatan (prokes) untuk periode libur Natal 2020 dan Tahun Baru 2021. Maklumat tersebut bernomor Mak/4/XII/2020 tentang Kepatuhan Terhadap Protokol Kesehatan Dalam Pelaksanaan Libur Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021. Maklumat dikeluarkan pada 23 Desember 2020.

“Ya, benar (Maklumat Kapolri). Tujuannya agar mencegah terjadinya penyebaran virus corona,” Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono, Kamis (24/12).

Kupang Aman

Sementara itu, di Kota Kupang, aktifitas menyambut tahun baru juga berjalan aman dan lancar. Umat Kristiani di Kota Kupang menggelar kebaktian akhir tahun dengan khusuk. Karena pandemi, kebaktian kunci tahun tak dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya, dimana dilakukan pada malam hari.

Tahun ini sebagian gereja menggelar kebaktian/misa tutup tahun pada pagi hari, misalnya di GMIT Jemaat Bukit Kasih Baumata Barat (JBK-BB), petang seperti yang terpantau di GMIT Anugerah Jl. El Tari, dan ada sebagian yang masih mempertahankan tradisi tahun-tahun sebelumnya, yakni menggelar kebaktian padam malam hari, seperti yang terpantau di GMIT Paulus Kupang, dan GMIT Imanuel Oepura.

Selanjutnya pada malam pergantian tahun, juga tidak terjadi penumpukan massa. Maklum, aparat keamanan gabungan melakukan patroli sejak petang. Sebagian aparat keamanan gabungan berjaga di setiap persimpangan jalan di wilayah Kota Kupang.

Kebanyakan keluarga berkumpul di rumah masing-masing. Saat malam pergantian tahun, tepat pukul 00.00 Wita, di langit Kota Kupang, penuh dengan aneka warna kembang api/petasan. Sebagaimana terpantau dari puncak Kompleks Perumahan Baumata Indah Permai (BIP), mulai dari Kolhua hingga Kelurahan Oesapa dan sekitarnya tampak ribuan kembang api memancarkan warna kerlap kerlip di udara dengan dentuman suara yang cukup menggelegar. (jpc/jpg/aln)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya NASIONAL

To Top