Persiapkan Program Vaksin Covid-19, Pemkot Kupang Tunggu Petunjuk Pusat | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Persiapkan Program Vaksin Covid-19, Pemkot Kupang Tunggu Petunjuk Pusat


Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Persiapkan Program Vaksin Covid-19, Pemkot Kupang Tunggu Petunjuk Pusat


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Dinas Kesehatan Kota Kupang menunggu instruksi atau petunjuk pemerintah pusat terkait pelayanan vaksin Covid-19 di Kota Kupang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kupang, drg. Retnowati mengatakan, sampai saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk pemerintah pusat. Pasalnya sebelum pendistribusian vaksin, harus didahului dengan pelatihan, penyiapan vaksin, dan teknis pendistribusian vaksin serta pengelompokan siapa-siapa saja yang diprioritaskan.

“Tidak serta-merta diberikan, harus pelatihan, dan pendampingan terlebih dahulu. Selanjutnya siapa saja yang mendapat vaksin gelombang pertama, semuanya masih menunggu petunjuk pemerintah pusat,” katanya saat diwawancarai, Jumat (1/1).

Retnowati menjelaskan, sampai saat ini belum ada petunjuk resmi mengenai pemberian vaksin Covid-19 ke masyarakat. “Mungkin paling lambat Februari nanti. Tetapi sesuai apa yang disampaikan Presiden RI bahwa yang akan mendapatkan vaksin pertama adalah tenaga kesehatan,” ungkapnya.

“Prinsipnya sesuai dengan petunjuk pusat, daerah hanya menindaklanjutinya saja,” sambungnya.

Dokter Retno menambahkan bahwa Pemkot juga telah menyiapkan Gedung Puskesmas Penkase Oeleta sebagai tempat melakukan isolasi mandiri pasien terkonfirmasi Covid-19 bergejala ringan.

“Gedung Puskesmas Penkase Oeleta sudah siap, baik itu kesiapan tempat tidur dan fasilitas lainnya,” jelasnya.

Retnowati menuturkan, melihat fenomena kasus Covid-19 yang terus meningkat di Kota Kupang, pihaknya kembali mengingatkan agar masyarakat tertib bermasker, dan disiplin dalam mengikuti protokol kesehatan.

“Semua upaya yang dilakukan Pemerintah Kota Kupang demi kepentingan dan kesehatan masyarakat Kota Kupang. Bagi pasien tanpa gejala juga harus disiplin dan tidak melanggar protokol, kalau tidak disiplin tentu akan membahayakan banyak orang,” tegasnya.

BACA JUGA: Menkes Targetkan Distribusi Vaksin ke 34 Provinsi Dimulai Januari 2021

Retnowati meminta agar masyarakat kooperatif, karena banyak kasus yang terjadi, keluarga pasien terkonfirmasi positif Covid-19 tidak menerima hasil swab dari laboratorium.

“Diminta agar masyarakat benar-benar mematuhi protokol kesehatan, menjaga jarak, menggunakan masker, menghindari kerumunan dan mencuci tangan. Prinsipnya adalah menjaga kesehatan diri dan melindungi keluarga serta orang-orang sekitar,” pintanya.

Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy J. Dengah. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Kupang, Maudy J. Dengah mengharapkan Dinas Kesehatan Kota Kupang mulai melakukan persiapan termasuk di dalamnya tenaga kesehatan untuk melakukan vaksin.

“Karena sesuai dengan yang diperintahkan Presiden RI, tenaga kesehatan menjadi prioritas untuk mendapatkan vaksin, mereka adalah garda terdepan yang selama ini menangani Covid-19 sehingga mereka harus menjadi prioritas,” kata politikus Partai Demokrat ini.

Menurutnya, hal ini harus disiapkan secara baik, karena sejak awal tahun kemarin Covid-19 sudah masuk Kota Kupang dan berdampak hampir di semua sektor kehidupan masyarakat.

“Kabar tentang kesiapan vaksin ini tentu menjadi kabar baik bagi seluruh masyarakat. Tugas pemerintah adalah memastikan agar semua masyarakat mendapatkan dan tidak terlewatkan satu orang pun,” pesannya.

Dia juga meminta masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, tertib bermasker, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan dengan menjaga jarak.

Maudy juga meminta Dinas Kesehatan Kota Kupang benar-benar menyiapkan gedung Puskesmas Penkase Oeleta sebagai tempat karantina pasien korona.

Menurutnya, persiapan Puskesmas Penkase Oeleta juga merupakan upaya pemerintah ketika ada lonjakan kasus dan tidak bisa dirawat di rumah sakit karena over kapasitas.

“Komisi mengapresiasi dan mendukung upaya Pemerintah Kota, Covid-19 harus ditangani secata baik, dengan menggerakkan semua komponen yang ada. Dan yang paling berperan disini adalah masyarakat sendiri, yang secara sadar mengikuti protokol kesehatan agar tidak mudah terpapar,” kata politikus dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Kota Raja ini. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top