RSUD S. K. Lerik Punya CT-Scan 128 Slice, Ini Penjelasan dr. Marsiana | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

RSUD S. K. Lerik Punya CT-Scan 128 Slice, Ini Penjelasan dr. Marsiana


SARANA PENUNJANG. Inilah alat CT Scan 128 Slice yang terdapat di RSUD S. K. Lerik Kota Kupang. Alat ini merupakan salah sarana yang sangat dibutuhkan untuk menunjang pelayanan kesehatan bagi masyarakat Kota Kupang. (FOTO: FENTI ANIN/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

RSUD S. K. Lerik Punya CT-Scan 128 Slice, Ini Penjelasan dr. Marsiana


KUPANG, TIMEXKUPANG.com-Rumah Sakit Umum Daerah S. K. Lerik Kota Kupang telah memiliki alat CT Scan dengan kualitas yang lebih baik, yakni CT Scan 128 slice.

Direktris RSUD S. K. Lerik Kota Kupang, dr. Marsiana Halek mengatakan, keunggulan CT Scan 128 slice ini yaitu mampu menghasilkan kualitas gambar yang sangat baik dengan kontras yang lebih tajam. Waktu pemeriksaannya juga singkat. “Dosis radiasinya juga rendah jika dibandingkan dengan CT Scan lain sehingga aman bagi pasien baik dewasa maupun anak-anak,” kata dr. Marsiana kepada media ini di Kupang, Minggu (3/1).

Marsiana menjelaskan, CT Scan ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan kesehatan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Kupang kepada masyarakat, dengan meningkatkan asilitas kesehatan dan sarana prasarana yang memadai untuk menunjang pelayanan yang berkualitas kepada masyarakat Kota Kupang.

Menurut dr. Marsiana, CT Scan menjadi alat penunjang kesehatan yang penting bagi rumah sakit. Alat yang menggabungkan teknologi X-Ray dan komputer ini digunakan untuk mendiagnosa berbagai penyakit pasien dan membaca kondisi tubuh sejak dini secara detail dan akurat.

“Jadi CT Scan adalah alat pemeriksaan radiografi atau pencitraan medis dengan teknologi Sinar X sekaligus komputer untuk mendapatkan gambaran keseluruhan organ dalam tubuh manusia,” urai dr. Marsiana.

Dikatakan, CT Scan menjadi salah satu kebutuhan yang mendasar untuk menunjang pelayanan rumah sakit, digunakan untuk mendeteksi berbagai kelainan penyakit di seluruh bagian tubuh manusia dari kepala sampai kaki, bahkan saat terjadi keadaan darurat, misanya saat korban tidak sadarkan diri, maka CT Scan bisa membantu mendiagnosis segera agar tenaga medis atau dokter dapat menggambil tindakan secepatnya.

“Alat CT Scan yang selama ini menjadi harapan bersama agar bisa tersedia di rumah sakit Pemerintah Kota Kupang ini akhirnya bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Kupang. Selain untuk memberikan pelayanan kesehatan yang lebih baik, alat ini juga sebagai hadiah dari pemerintah kepada masyarakat pada tahun 2021 ini,” ungkapnya.

Dokter Marsiana menyebutkan, ada berbagai harapan yang akan diwujudkan manajemen RSUD S. K. Lerik dalam tahun 2021 mendatang, terutama dalam peningkatkan kualitas layanan kesehatan. Harapan itu adalah melengkapi sarana dan prasarana serta fasilitas kesehatan yang dibutuhkan.

Dia mengatakan, tahun 2021 ini, RSUD SK Lerik mendapatkan alokasi anggaran senilai Rp 87 miliar, belanja modal dari DAK Rp 41 miliar, belanja operasi Rp 45 miliar. “50 persen bersumber dari pendapatan rumah sakit sendiri dan 50 persen untuk gaji pegawai dari pemerintah,” jelasnya.

Dokter Marsiana mengaku, dana alokasi khusus (DAK) yang dialokasikan pemerintah pusat sebesar Rp 41 miliar itu akan digunakan untuk menambah pembangunan ruang rawat inap, pengadaan alat kesehatan, dan mobil ambulance. (mg25)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top