Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Beri Yankes Gratis Langsung ke Rumah Warga | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Beri Yankes Gratis Langsung ke Rumah Warga


PELAYANAN KESEHATAN. Tim Kesehatan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik saat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah perbatasan RI-RDTL. Tampak dokter Satgas, Letda CKM dr. Dody Eka (kedua kiri) saat berdialog dengan warga setempat. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Beri Yankes Gratis Langsung ke Rumah Warga


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 3/105 Tarik membuka pelayan kesehatan (Yankes) secara gratis kepada masyarakat di daerah perbatasan RI-Timor Leste, tepatnya di wilayah Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU). Menariknya, pelayanan ini dilakukan dengan mendatangi langsung ke rumah-rumah penduduk di wilayah perbatasan.

Kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian dan pengabdian TNI kepada masyarakat di daerah perbatasan. Terutama membantu melayani masyarakat dengan kemampuan ekonomi rendah.

Dansatgas Yonarmed 3/105 Tarik, Letkol Arm Laode Irwan Halim, Kepada Timor Express, Minggu (3/12) mengatakan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik terus memberikan pelayanan kesehatan secara gratis kepada masyarakat di daerah perbatasan.

Pelayanan tersebut dibuka di setiap Pos Perbatasan RI-RDTL di sepanjang garis perbatasan Sektor Barat meliputi Kabupaten TTU, Malaka, dan Kabupaten Kupang.

“Satgas mampu hadir untuk mengatasi kesulitan masyarakat perbatasan dalam memperoleh pelayanan kesehatan, yakni dengan mencetuskan program pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat perbatasan,” ungkap Irwan.

Adapun pola pelayanan kesehatan yang dilakukan Satgas Yonarmed 3/105 Tarik tersebut, yakni membuka pelayanan kesehatan di setiap pos dan melakukan pelayanan dengan pola door to door.

Kegiatan ini dipimpin Letda CKM dr. Dody Eka selaku dokter Satgas. Bersama timnya, dr. Dody terjun langsung ke lapangan memberikan pelayanan kesehatan di wilayah binaan Makosatgas, di Desa Eban, Kecamatan Miomaffo Barat, TTU.

BACA JUGA: Patroli Malam di Perbatasan, Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Temukan Benda Mencurigakan

BACA JUGA: Satgas Yonarmed 3/105 Tarik Imbau Warga Perbatasan Patuhi Prokes

“Program pelayanan kesehatan ini sangat ditunggu-tunggu masyarakat. Ternyata banyak sekali masyarakat yang datang ke sini untuk berobat. Selain menerima masyarakat yang berobat ke sini, kami juga melakukan pelayanan kesehatan keliling dengan cara door to door atau mendatangi rumah-rumah masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan namun tidak mampu datang ke Pos Satgas,” jelasnya.

Menurut Irwan, hingga saat ini tercatat sebanyak kurang lebih 700 masyarakat sudah mendatangi Pos Satgas di sepanjang garis perbatasan RI-RDTL untuk berobat.

Di samping itu, katanya, masih banyak lagi masyarakat yang mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis seperti pemeriksaan kesehatan berkala dan pengobatan penyakit ringan atau sedang dari rumah ke rumah.

Kepada setiap pengunjung, lanjut Irwan, petugas kesehatan dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik melakukan penyuluhan kesehatan dan sosialisasi Covid-19.

“Karena pelayanan ini sangat menyentuh masyarakat sehingga kehadiran kami sangat disambut bahagia. Kami pun jadi semakin terdorong untuk berbuat sepenuh hati. Namun pada kondisi tertentu memang ada beberapa masyarakat yang kami sarankan untuk dirujuk atau dievakuasi ke rumah sakit terdekat guna mendapatkan pelayanan kesehatan khusus,” pungkasnya.

Kepala Desa Eban, Waens Philis menyampaikan terima kasih atas kepedulian Satgas TNI dari Yonarmed 3/105 Tarik yang telah memberikan pelayanan kesehatan secara gratis bagi masyarakatnya.

“Terima kasih kepada tim kesehatan dari Satgas Yonarmed 3/105 Tarik yang sudah membantu memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat kami. Kami sangat terbantu dengan adanya pelayanan kesehatan yang langsung datang ke rumah-rumah penduduk lalu melayani masyarakat di desa kami,” katanya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top