1.901 Nakes di TTU Siap Vaksin Covid-19, Ini Permintaan Kadis Kesehatan | Timex Kupang
ikut bergabung
timexkupang

1.901 Nakes di TTU Siap Vaksin Covid-19, Ini Permintaan Kadis Kesehatan


Kepala Dinas Kesehatan TTU, Thomas Laka. (FOTO: PETRUS USBOKO/TIMEX)

KABAR FLOBAMORATA

1.901 Nakes di TTU Siap Vaksin Covid-19, Ini Permintaan Kadis Kesehatan


KEFAMENANU, TIMEXKUPANG.com-Sebanyak 1.901 tenaga kesehatan (Nakes) dan tenaga penunjang di Kabupaten Timor Tengah Utara (TTU) diusulkan ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk mendapatkan vaksin Covid-19.

Para nakes dan tenaga penunjang tersebut merupakan para petugas yang bertugas di sejumlah fasilitas kesehatan, baik itu fasilitas kesehatan milik pemerintah daerah maupun fasilitas kesehatan milik swasta.

Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan TTU, Thomas Laka kepada Timor Express di ruang kerjanya, Senin (4/1) mengatakan, pihaknya telah mengirim data jumlah nakes dan tenaga pendampaing ke Kemenkes sebagai sasaran penerima vaksin Covid-19.

“Total data jumlah seluruh tenaga kesehatan di TTU yang dikirim ke Kemenkes RI itu sebanyak 1.901. Rinciannya tenaga kesehatan sebanyak 1.886 orang, dan tenaga penunjang 15 orang. Ini data yang kita kirim untuk keperluan vaksin Covid-19,” ungkap Thomas.

Thomas menambahkan, prioritas pemberian vaksin Covid-19 tahap pertama di TTU ini menyasar seluruh nakes yang selama ini bertugas di garda terdepan dalam melawan pandemi Covid-19.

Proses vaksin tersebut akan dilakukan sesuai protokol Kesehatan dan dilakukan secara terbuka di ruangan yang memiliki sirkulasi udara bebas. Sebelum dilakukan vaksin seluruh tenaga kesehatan akan dilakukan skrining awal.

“Tahap Pertama ini khusus untuk tenaga kesehatan saja sehingga semua tenaga kesehatan wajib untuk vaksin Covid-19,” ujarnya.

Menurut Thomas, mereka yang tidak mendapatkan vaksin Covid-19 itu diantaranya nakes yang memiliki riwayat penyakit krusial, sedang hamil, sedang menyusui, umur di bawah 18 tahun, dan di atas 65 tahun.

Untuk itu, lanjut Thomas, pihaknya meminta seluruh tenaga kesehatan di TTU untuk terbuka menyampaikan gejala dan penyakit yang diderita demi mengantisipasi dampak dari pemberian vaksin anti Covid-19 itu.

“Kita berharap semua tenaga kesehatan terbuka menyampaikan data diri dan gejala serta penyakit yang diderita sehingga diperhatikan saat vaksin Covid-19 berlangsung,” harapnya. (mg26)

Komentar Pembaca

Komentar

Berita lainnya KABAR FLOBAMORATA

To Top